Pengembangan Buku Panduan Membaca Cerita Sebagai Bahan Ajar Tambahan Memahami Cerita Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Elma Asfiatuz Zahro Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Islam Balitar, Blitar
  • Maria Ulfa Yuda Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Islam Balitar, Blitar
  • Sripit Widiastuti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Islam Balitar, Blitar

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.36

Kata Kunci:

pengembangan, buku panduan, membaca

Abstrak

Tujuan pengembangan bahan ajar dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi cerita yang dibaca dengan panduan sebelum membaca cerita untuk siswa kelas IV SD. Panduan membaca cerita yang digunakan dikaitkan dengan materi unsur intrinsik cerita yang dipaparkan secara bertahap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dari model Borg and Gall yang telah diadopsi dan dikembangkan oleh Sugiyono. Adapun tahapan  penelitian dan pengembangan hanya dibatasi 7 tahapan penelitian. Ketujuh tahapan tersebut adalah mencari potensi dan masalah, melakukan penelitian dan pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, melakukan uji coba produk, dan revisi produk. Validasi buku pancarita ini dilakukan oleh validator materi, bahasa, dan media. Hasil validasi buku PANCARITA menunjukkan bahwa (1) validasi ahli media diperoleh persentase 90% dan termasuk kategori sangat layak, (2) validasi  ahli materi 85% termasuk kategori layak, (3) validasi  ahli bahasa 88% termasuk kategori layak. Hasil uji keterbacaan siswa menunjukkan kategori sangat layak dengan persentase 95%. Hasil uji keterbacaan guru menunjukkan kategori sangat layak dengan persentase 93%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Darmiyati, Zuchdi dan Budiasih. 2001.Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.

Kristiani, Nova. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Dongeng Berbentuk Komik untuk Siswa Kelas V SD. Skripsi, Program Sarjana UM.

Kristianto, Benedictus Aditya. 2017. Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca Kelas Bawah. (Skripsi), Program Studi Guru Sekolah Dasar/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Machmuda, Ayu Kurnia. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Cerita Anak Berbasis Cerita Rakyat Jawa Timur Untuk Siswa Kelas V MI Nurul Huda Malang.(Skripsi), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Martoatmodjo, K. 1993. Pelayanan Bahan Pustaka. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.

Mustafa, B dan Saleh, A.R. 1994. Bahan rujukan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.

Nisa’, Rofiatun. 2015. Pengembangan Media Monopoli 3 Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Makananku Sehat dan Bergizi Kelas 4 SDI. (Skripsi), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Nungki, Firstya. 2018. Pengembangan Media Pmblajaran Replika Peta Budaya Dalam Pembelajarn Tematik Untuk Kelas IV.(skripsi).

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, danR&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyo, Basuki. 1993. Materi Pokok Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Vacca. 1991. Membaca Permulaan. (Online), http://mbahbrata-edu.blogspot.com. Diakses 27 April 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-07

Cara Mengutip

Zahro, E. A., Yuda, M. U., & Widiastuti, S. (2021). Pengembangan Buku Panduan Membaca Cerita Sebagai Bahan Ajar Tambahan Memahami Cerita Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 171 - 178. https://doi.org/10.52436/1.jpti.36