Pengembangan Buku Panduan Membaca Cerita Sebagai Bahan Ajar Tambahan Memahami Cerita Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.36Keywords:
pengembangan, buku panduan, membacaAbstract
Tujuan pengembangan bahan ajar dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi cerita yang dibaca dengan panduan sebelum membaca cerita untuk siswa kelas IV SD. Panduan membaca cerita yang digunakan dikaitkan dengan materi unsur intrinsik cerita yang dipaparkan secara bertahap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dari model Borg and Gall yang telah diadopsi dan dikembangkan oleh Sugiyono. Adapun tahapan penelitian dan pengembangan hanya dibatasi 7 tahapan penelitian. Ketujuh tahapan tersebut adalah mencari potensi dan masalah, melakukan penelitian dan pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, melakukan uji coba produk, dan revisi produk. Validasi buku pancarita ini dilakukan oleh validator materi, bahasa, dan media. Hasil validasi buku PANCARITA menunjukkan bahwa (1) validasi ahli media diperoleh persentase 90% dan termasuk kategori sangat layak, (2) validasi ahli materi 85% termasuk kategori layak, (3) validasi ahli bahasa 88% termasuk kategori layak. Hasil uji keterbacaan siswa menunjukkan kategori sangat layak dengan persentase 95%. Hasil uji keterbacaan guru menunjukkan kategori sangat layak dengan persentase 93%.
Downloads
References
Darmiyati, Zuchdi dan Budiasih. 2001.Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.
Kristiani, Nova. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Dongeng Berbentuk Komik untuk Siswa Kelas V SD. Skripsi, Program Sarjana UM.
Kristianto, Benedictus Aditya. 2017. Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca Kelas Bawah. (Skripsi), Program Studi Guru Sekolah Dasar/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Machmuda, Ayu Kurnia. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Cerita Anak Berbasis Cerita Rakyat Jawa Timur Untuk Siswa Kelas V MI Nurul Huda Malang.(Skripsi), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Martoatmodjo, K. 1993. Pelayanan Bahan Pustaka. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.
Mustafa, B dan Saleh, A.R. 1994. Bahan rujukan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.
Nisa’, Rofiatun. 2015. Pengembangan Media Monopoli 3 Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Makananku Sehat dan Bergizi Kelas 4 SDI. (Skripsi), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Nungki, Firstya. 2018. Pengembangan Media Pmblajaran Replika Peta Budaya Dalam Pembelajarn Tematik Untuk Kelas IV.(skripsi).
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, danR&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyo, Basuki. 1993. Materi Pokok Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Vacca. 1991. Membaca Permulaan. (Online), http://mbahbrata-edu.blogspot.com. Diakses 27 April 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Elma Asfiatuz Zahro, Maria Ulfa Yuda, Sripit Widiastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.