Penerapan Video Pembelajaran Interaktif Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.95Kata Kunci:
huruf hijaiyah, pembelajaran interaktif, TK Pertiwi Karanganyar Patikraja, videoAbstrak
Media pembelajaran interaktif adalah media presentasi yang di dalamnya terdapat hiperteks, hipermedia, sumber daya multimedia, sumber daya berbasis web dan televisi cerdas Penerapan video pembelajaran interaktif huruf hijaiyah pada anak usia dini ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan mempertinggi daya serap belajar siswa. Batasan dalam penelitian ini yaitu dalam pembuatan video media pembelajaran ini hanya berisi tentang huruf hijaiyah, informasi yang ditampilkan berupa huruf hijaiyah yang dilengkapi dengan gambar gerak, teks, dan audio. Media pembelajaran huruf hijaiyah berupa kuis atau tanya jawab, pembuatan video menggunakan Adobe Affter effects dan Adobe Premiere pro. Penelitian ini telah berhasil membuat video pembelajaran interaktif huruf hijaiyah pada anak usia dini di TK Pertiwi Karanganyar Patikraja dengan melakukan pengujian melalui kuesioner dengan repondend 15 siswa dan memperoleh hasil akhir rata-rata 86,2 % dengan kategori sangat setuju. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Video media pembelajran interaktif huruf hijaiyah pada anak usia dini ini layak di jadikan video pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa
Unduhan
Referensi
A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
A. Busyaeri, T. Udin, dan A. Zaenudin, "Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon," Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, vol. 3, no. 1, pp. 1-14, 2016.
N. Dewi, R. E. Murtinugraha, dan R. Arthur, "Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata kuliah teori dan praktik plambing di program studi S1 PVKB UNJ," Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, vol. 7, no. 2, pp. 95-104, 2018.
G. Maulani, C. Jessycha, dan D. E. Saragih, "Video promosi untuk program acara crazy challenge mnc channel-indovision dengan adobe premiere Pro," Semnasteknomedia Online, vol. 6, no. 1, pp. 2-11, 2018.
Munir, Multimedia konsep dan aplikasi dalam pendidikan cetakan ketiga. Bandung: Alfabeta, 2015.
S. Novelia dan N. Hazizah, "Penggunaan video animasi dalam mengenal dan membaca huruf hijaiyah," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 4, no. 2, pp. 1037-1048, 2020.
Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif kualitatif. Bandung : Alfabeta, 2018.
D. Tarigan dan S. Siagian, "Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran ekonomi," Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, vol. 2, no. 2, pp. 187-200, 2015.