Pengujian System Usability Scale dan Mean Opinion Score pada MedPelvis: Aplikasi Pembelajaran Anatomi Panggul dan Mekanisme Persalinan
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.841Kata Kunci:
Anatomi Panggul, Mean Opinion Score, MedPelvis, Mekanisme Persalinan, System Usability ScaleAbstrak
Pembelajaran anatomi panggul dan mekanisme persalinan bagi mahasiswa kebidanan sering kali tidak efektif karena kurangnya media pembelajaran yang interaktif dan mendukung pemahaman visual. Untuk mengatasi permasalahan ini, dikembangkan MedPelvis, sebuah aplikasi mobile berbasis multimedia menggunakan metode pengembangan Waterfall. Aplikasi ini menyajikan materi anatomi panggul dan mekanisme persalinan dalam bentuk visualisasi interaktif dan video. Evaluasi usability menggunakan System Usability Scale (SUS) menghasilkan skor 82 yang tergolong excellent, menunjukkan tingkat kemudahan penggunaan yang sangat baik. Sementara itu, pengujian kualitas media menggunakan Mean Opinion Score (MOS) memperoleh skor rata-rata 4,402, dengan rincian kualitas visual 4,6, kelancaran frame rate 4,13, kualitas suara 4,48, dan frekuensi buffering 4,2. Hasil ini menunjukkan bahwa MedPelvis memenuhi standar media pembelajaran berkualitas dan dapat mendukung model pembelajaran hybrid. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan media pembelajaran digital yang efektif dan berbasis kebutuhan mahasiswa kebidanan di era digital.
Unduhan
Referensi
N. Karlinah et al., “Midwifery Students’ Experiences in Learning Pelvic Anatomy and Childbirth Mechanisms: A Phenomenological Study,” Indonesian Journal of Obstetrics and Gynecology (INAJOG), vol. 13, no. 1, pp. 37–44, 2025.
J. M. Thornton, B. Browne, and M. Ramphul, “Mechanisms and management of normal labour,” Obstet Gynaecol Reprod Med, vol. 30, no. 3, pp. 84–90, 2020, doi: https://doi.org/10.1016/j.ogrm.2019.12.002.
M. Ridha et al., “Implementasi Treemap untuk Visualisasi Data Angka Kesakitan (Morbiditas) (Studi Kasus: Dinas Kesehatan Indragiri Hilir),” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 5, no. 2, 2022.
M. Rakha, M. Dwi Sulistiyo, D. Nasien, and M. Ridha, “A Combined MobileNetV2 and CBAM Model to Improve Classifying the Breast Cancer Ultrasound Images,” Journal of Applied Engineering and Technological Science, vol. 6, no. 1, pp. 561–578, 2024.
F. Bork, A. Lehner, U. Eck, N. Navab, J. Waschke, and D. Kugelmann, “The Effectiveness of Collaborative Augmented Reality in Gross Anatomy Teaching: A Quantitative and Qualitative Pilot Study,” Anat Sci Educ, vol. 14, no. 5, pp. 590–604, Sep. 2021, doi: 10.1002/ase.2016.
J. Cabero-Almenara, F. De-La-Portilla-De-Juan, J. Barroso-Osuna, and A. Palacios-Rodríguez, “Technology-Enhanced Learning in Health Sciences: Improving the Motivation and Performance of Medical Students with Immersive Reality,” Applied Sciences (Switzerland), vol. 13, no. 14, Jul. 2023, doi: 10.3390/app13148420.
D. Nazelliana, “Aplikasi Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia berbasis Android untuk Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 5, no. 4, p. 612, Dec. 2021, doi: 10.32493/informatika.v5i4.7932.
M. M. Siregar et al., “Implementasi Efektivitas Pembelajaran Biologi tentang Sistem Pernapasan pada Manusia dengan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Aplikasi Respiratory System Anatomy untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas XII MAS YPRA Batang Kuis,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 3286–3292, 2022, doi: 10.31004/jptam.v6i1.3390.
B. Çeken and N. Ta?k?n, “Multimedia learning principles in different learning environments: a systematic review,” Smart Learning Environments, vol. 9, no. 1, p. 19, Dec. 2022, doi: 10.1186/s40561-022-00200-2.
C. D. Nurwahidah, Z. Zaharah, and I. Sina, “MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI MAHASISWA,” Rausyan Fikr?: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, vol. 17, no. 1, Mar. 2021, doi: 10.31000/rf.v17i1.4168.
S. A. Dheadema, R. Muharini, R. Rasmawan, E. Enawaty, and I. Lestari, “Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Hidrokarbon,” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, vol. 17, no. 2, pp. 116–123, Jul. 2023, doi: 10.15294/jipk.v17i2.40212.
K. Hafidz and A. Ikhwan, “The Android-Based Cashier Service Information System Utilizes the Waterfall Method,” Journal of Information Systems and Informatics, vol. 6, no. 2, pp. 959–978, Jun. 2024, doi: 10.51519/journalisi.v6i2.748.
J. Frnda, M. Durica, J. C. W. Lin, and P. Fournier-Viger, “Video dataset containing video quality assessment scores obtained from standardized objective and subjective testing,” Data Brief, vol. 54, Jun. 2024, doi: 10.1016/j.dib.2024.110458.
O. Suria, “A Statistical Analysis of System Usability Scale (SUS) Evaluations in Online Learning Platform,” Journal of Information Systems and Informatics, vol. 6, no. 2, pp. 992–1007, Jun. 2024, doi: 10.51519/journalisi.v6i2.750.
Y. Gao, X. Min, Y. Zhu, J. Li, X.-P. Zhang, and G. Zhai, “Image Quality Assessment: From Mean Opinion Score to Opinion Score Distribution,” in Proceedings of the 30th ACM International Conference on Multimedia, New York, NY, USA: ACM, Oct. 2022, pp. 997–1005. doi: 10.1145/3503161.3547872.
M. Firdaus and A. Pramono, “APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANATOMI MANUSIA BERBASIS 3D DAN WEB PADA ORGAN MATA, LIDAH DAN GIGI,” Seminar Nasional FST 2019 Universitas Kanjuruhan Malang, vol. 2, pp. 316–322, 2019.
N. Hayati, N. Dian Nathasia, D. Wandi, and T. I. Saputra, “Analisa Korelasi Nilai QoS dan MOS Video Conference BigBlueButtonBN pada Moodle,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), vol. 5, no. 4, p. 2021, 2021, doi: 10.35870/jti.
F. Gianadevi and R. Iriana Napitupulu, “Media Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Augmented Reality,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 8497–8507, 2022, doi: doi.org/10.31004/jptam.v6i1.5066.