Analisis Konsep Pendidikan Islam di Australia: Kebijakan, Tantangan, dan Implikasinya Terhadap Pendidikan di Indonesia

Penulis

  • Muhamad Yudistira Nugraha Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan , Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Yolanda Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan , Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Fitri Oviyanti Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan , Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Maryamah Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan , Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.838

Kata Kunci:

pendidikan islam, australia, kebijakan, problematika, pendidikan global

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan pendidikan Islam di Australia, tantangan yang dihadapi, serta implikasinya terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dan pendekatan analisis konten, penelitian ini mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk buku, artikel jurnal, dan website terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam di Australia telah berkembang pesat sejak 1970-an, dimulai dari bentuk non-formal hingga menjadi lembaga formal yang diakui. Meskipun demikian, pendidikan Islam di Australia menghadapi berbagai tantangan, termasuk diskriminasi sosial, keterbatasan fasilitas, dan kesulitan dalam memperoleh lahan untuk pembangunan sekolah. Sekolah-sekolah Islam seperti Malek Fahd dan King Abd Aziz menunjukkan keberhasilan dalam mengintegrasikan kurikulum akademik dan agama, serta memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Implikasi bagi pendidikan Islam di Indonesia mencakup perlunya mengadopsi pendekatan yang lebih inklusif dan responsif terhadap perkembangan teknologi, serta penekanan pada pengembangan karakter dan keterampilan abad 21. Penelitian ini juga menyarankan untuk penelitian lebih lanjut yang menggunakan data primer dan memperluas perbandingan dengan negara lain untuk memberikan rekomendasi yang lebih komprehensif dalam meningkatkan pendidikan Islam di Indonesia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Erlinda, S., & Ikurwafi, K. (2024). Analisis Sistem, Problematika, Dan Kebijakan Pendidikan Di Brunei Darussalam Serta Perbandingan Dengan Pendidikan Di Indonesia Ika. 1(3), 20–36.

Zaman, M. K. (2022). Integrasi Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Lembaga Pendidikan Di Indonesia. Edupedia, 3(1), 89–97. https://doi.org/10.35316/edupedia.v3i1.323

Dacholfany, M. I. (2023). REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI: Sebuah Tantangan dan Harapan.

Nezha, R. (2020). KONSEP ISLAM LIBERAL NURCHOLISH MADJID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. 1–203.

Hidayat, M., Pratama, P. I., & Zain, S. F. Z. (2024). RELEVANSI PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TERHADAP REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. 78–91.

Iqbal Ghafiri Enhas, M., Nawaziru Zahara, A., Basri, B., & Maulana Malik Ibrahim Malang, U. (2023). Sejarah, Transformasi, dan Adaptasi Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 13(3), 289–310. https://doi.org/10.33367/ji.v13i3.4457

Hidayat, M., Pratama, P. I., & Zain, S. F. Z. (2024). RELEVANSI PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TERHADAP REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. 78–91.

Islam, F. D. N., Vergiawan, G., & Zaluchu, F. H. N. (2024). Upaya Penanggulangan Perdagangan Orang di Indonesia: Tinjauan terhadap Kebijakan dan Kinerja Pemerintah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1961–1971. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3332

Fakhriza, H., Hermina, D., & Mof, Y. (2024). ANALISIS STUDI KASUS KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL DISKUSI KELOMPOK , MENGENAI TANTANGAN KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL DI INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM SMPTQ BARITO KUALA , STRATEGI PERBAIKAN DALAM KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL. 8(12), 617–626.

Az Zafi, A. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Al-Qur’an Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 21(1), 23. https://doi.org/10.14421/qh.2020.2101-02

Abadie, A., Angrist, J., & Imbens, G. (2020). PENDIDIKAN DAN KEBIJAKAN POLITIK (KAJIAN REFORMASI PENDIDIKAN DI INDONESIA MASA ORDE LAMA HINGGA REFORMASI). 19(11), 1649–1654.

Norfika Yuliandari, R., & Hadi, S. (2020). Implikasi Asesmen Kompetensi Minimum Dan Survei Karakter Terhadap Pengelolaan Pembelajaran SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 194–205.

Estomihi, S. J., Amadeo, D. D., & Pandiangan, A. S. (2024). Dampak Kebijakan Moneter Terhadap Hukum Perbankan?: Analisis dan Implikasi Studi Pada Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Pasar Keuangan Indonesia. 1(6), 275–286.

Idharudin, A. J. (2025). Dasar-dasar Pendidikan Islam Perspektif Hasan Langgulung dan Relevansinya di Era Disrupsi The Fundamentals of Islamic Education from Hasan Langgulung ’ s Perspective and Its Relevance in the Era of Disruption. 2(1), 202–223.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-26

Cara Mengutip

Yudistira Nugraha, M., Yolanda, Y., Oviyanti, F., & Maryamah, M. (2025). Analisis Konsep Pendidikan Islam di Australia: Kebijakan, Tantangan, dan Implikasinya Terhadap Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(6), 1589-1593. https://doi.org/10.52436/1.jpti.838