Penerapan Pemeringkatan Bintang untuk Analisis Laik Fungsi Teknis Ruas Jalan Nasional Lingkar Mojoagung, Jombang
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.789Kata Kunci:
kebijakan infrastruktur, kecelakaan lalu lintas, keselamatan jalan, pemeringkatan bintangAbstrak
Keselamatan jalan merupakan aspek krusial dalam perencanaan infrastruktur transportasi. Jalan Lingkar Mojoagung di Kabupaten Jombang memiliki tingkat kecelakaan yang cukup tinggi, yang dipengaruhi oleh faktor infrastruktur seperti kondisi perkerasan, pencahayaan, dan fasilitas keselamatan yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi laik fungsi teknis ruas jalan tersebut menggunakan metode pemeringkatan bintang, yang memungkinkan penilaian objektif terhadap faktor risiko jalan. Data dikumpulkan melalui survei lapangan dengan mengidentifikasi 112 segmen jalan, kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak pemeringkatan bintang untuk mengukur skor keselamatan berdasarkan faktor geometrik, lalu lintas, serta fasilitas pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruas jalan ini memiliki skor rata-rata pemeringkatan bintang sebesar 2, yang mengindikasikan tingkat keselamatan rendah. Faktor utama yang berkontribusi terhadap skor ini adalah minimnya penerangan jalan, kondisi marka yang pudar, serta tidak tersedianya jalur pedestrian dan zona aman bagi pengguna rentan. Temuan ini menegaskan perlunya peningkatan infrastruktur keselamatan jalan secara sistematis. Implikasi dari penelitian ini mendorong pemangku kebijakan, khususnya Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) dan Dinas Perhubungan, untuk segera mengimplementasikan perbaikan seperti peningkatan pencahayaan, pemasangan marka bertekstur, serta optimalisasi jalur pedestrian. Studi ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kebijakan infrastruktur jalan dengan menekankan perlunya integrasi teknologi pemantauan real-time, seperti Internet of Things (IoT) dan AI-based analytics, dalam evaluasi keselamatan jalan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan model prediktif berbasis machine learning guna meningkatkan efektivitas deteksi titik rawan kecelakaan serta mengukur dampak dari kebijakan yang telah diterapkan.
Unduhan
Referensi
A. Adritama and D. A. Restuti, “Analysis of Road Damage Using the PCI Method:(Case Study on Tambak Osowilangon Road),” J. World …, vol. 4, no. 2, pp. 82–87, 2022, [Online]. Available: http://proceedings.worldconference.id/index.php/prd/article/view/429
E. Kuncoro, R. N. Wurarah, and I. E. Erari, “The impact of road infrastructure development on ecosystems and communities,” Soc. Ecol. Econ. Sustain. Dev. Goals J., vol. 1, no. 2, pp. 78–90, 2024, doi: 10.61511/seesdgj.v1i2.2024.336.
A. Pembuain, S. Priyanto, and L. Suparma, “The Effect of Road Infrastructure on Traffic Accidents,” Atl. Press, vol. 186, no. Apte 2018, pp. 147–153, 2019, doi: 10.2991/apte-18.2019.27.
E. chandra dewi ari Nanda, “Jumlah Tragedi Kecelakaan di Indonesia Terus Meningkat,” goodstats, 2024. https://goodstats.id/article/jumlah-tragedi-kecelakaan-di-indonesia-terus-meningkat-02jno (accessed Mar. 08, 2025).
enggran eko Budianto, “Waspada 2 titik rawan kecelakaan di jalur mudik jombang,” detik.com, 2024. https://www.detik.com/jatim/berita/d-7274805/waspada-2-titik-rawan-kecelakaan-di-jalur-mudik-jombang (accessed Mar. 08, 2024).
W. Syahputra and F. R. Siregar, “Analysis Of Factors Causing Traffic Accidents And Efforts To Prevent Them On The Cross-Sumatera Highway In The Jurisdiction Of The Deli Serdang Police Station,” Int. J. Manag. Econ. Account., vol. 2, no. 3, pp. 416–435, 2024.
Y. Zeng, Y. Qiang, N. Zhang, X. Yang, Z. Zhao, and X. Wang, “An Influencing Factors Analysis of Road Traffic Accidents Based on the Analytic Hierarchy Process and the Minimum Discrimination Information Principle,” Sustain., vol. 16, no. 16, pp. 1–23, 2024, doi: 10.3390/su16166767.
I. F. Radam, D. Harianto, and R. I. Narang, “Factors Causing Traffic Accidents Based on the Trip Maker Perception: Comparison Between Urban and Rural Roads,” J. Southwest Jiaotong Univ., vol. 57, no. 3, pp. 127–137, 2022, doi: 10.35741/issn.0258-2724.57.3.11.
F. Ali, Z. H. Khan, K. S. Khattak, and T. A. Gulliver, “Evaluating the Effect of Road Surface Potholes Using a Microscopic Traffic Model,” Appl. Sci., vol. 13, no. 15, 2023, doi: 10.3390/app13158677.
A. E. Retallack and B. Ostendorf, “Relationship between traffic vRetallack, A. E., & Ostendorf, B. (2020). Relationship between traffic volume and accident frequency at intersections. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(4). https://doi.org/10.3390/ijerph17,” Int. J. Environ. Res. Public Health, vol. 17, no. 4, 2020.
S. Ahmed, M. A. Hossain, S. K. Ray, M. M. I. Bhuiyan, and S. R. Sabuj, “A study on road accident prediction and contributing factors using explainable machine learning models: analysis and performance,” Transp. Res. Interdiscip. Perspect., vol. 19, no. April, p. 100814, 2023, doi: 10.1016/j.trip.2023.100814.
Direktorat Jendral Bina Marga, “Pedoman Petunjuk Teknis Uji Laik Fungsi Jalan dengan Pemeringkatan Bintang,” no. 06, pp. 1–111, 2024.
F. U. Faruq and A. Hariri, “LEGAL CERTAINTY CERTIFICATE OF LAND RIGHTS UNDER NATIONAL LAW,” vol. 5, no. 2, pp. 169–180, 2023.
M. R. Abdullah and N. S. Darmadi, “Legal Certainty for Land Destroyed by Development Demak - Semarang Toll Road,” vol. 2, no. 4, pp. 643–656, 2024.
K. N. S. Ayuningtyas, A. Kusumawati, S. H. Pangestika, and I. Hadiyanti, “The Relationships Between iRAP Star Rating Score and Various Safety Performance Indicators,” Int. J. Technol., vol. 15, no. 5, pp. 1349–1360, 2024, doi: 10.14716/ijtech.v15i5.5726.