Pengembangan Audio Book Berbasis Kualitatif sebagai Media Pembelajaran Musik Tradisional Tanji bagi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.769Kata Kunci:
Audiobook, Musik Tanji, Pembelajaran Musik Tradisional, Sekolah Dasar, Pelestarian Budaya.Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik dan kontekstual dalam pengenalan musik tradisional Tanji di sekolah dasar, sehingga warisan budaya lokal semakin terpinggirkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan audiobook sebagai media pembelajaran alternatif yang inovatif untuk memperkenalkan musik Tanji kepada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah pendekatan action research dengan teknik kualitatif-deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi aktivitas pembelajaran. Audiobook dirancang dengan narasi interaktif, musik autentik, dan suara latar untuk menciptakan pengalaman belajar yang imersif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audiobook mampu meningkatkan minat, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap konteks budaya musik Tanji. Selain itu, media ini terbukti inklusif dan efektif untuk berbagai gaya belajar, serta dapat diakses oleh siswa dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini berkontribusi terhadap inovasi dalam pendidikan seni budaya dan menunjukkan potensi teknologi digital dalam pelestarian musik tradisional, khususnya di wilayah dengan keterbatasan sarana pembelajaran konvensional.
Unduhan
Referensi
C. Danielsen, A. Taylor, and W. Majerus, “Design and public policy considerations for accessible e-book readers,” Interactions, vol. 18, no. 1, pp. 67–70, Jan. 2011, doi: 10.1145/1897239.1897254.
Samuel. Brylawski, Maya. Lerman, Robin. Pike, and Kathlin. Smith, ARSC guide to audio preservation. Association for Recorded Sound Collections?; Copublished by Council on Library and Information Resources?: National Recording Preservation Board of the Library of Congress, 2015.
T. Colbjørnsen, “The accidental avant-garde: Audiobook technologies and publishing strategies from cassette tapes to online streaming services,” Intellect, pp. 83–103, 2015, doi: 10.1386/nl.13.83_1.
L. Gao and Y. Yang, “Research on the application of digital audio media based on computer in english teaching,” in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing Ltd, Oct. 2020. doi: 10.1088/1742-6596/1648/2/022179.
L. Xu, “Basic Music Education on the Background of Quality Education,” 2017.
H. Shi, “Research on the Digital Presentation and Inheritance of Traditional Music in the Internet Era,” in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing Ltd, Aug. 2021. doi: 10.1088/1742-6596/1992/4/042041.
V. B. Dzobelova, L. A. Aguzarova, A. V Olisaeva, and E. E. Kornilova, “Digital Technologies in Education and Their Influence on Modern Society,” 2020.
D. Desyandri, Z. Zuryanty, and M. Mansurdin, “Pelatihan Pembelajaran Seni Musik sebagai Sarana Literasi Budaya untuk Guru Sekolah Dasar,” PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 119–126, Mar. 2020, doi: 10.33084/pengabdianmu.v5i2.1022.
A. Saputro and O. Wijayanti, “TANTANGAN GURU ABAD 21 DALAM MENGAJARKAN MUATAN SBdP DI SEKOLAH DASAR,” 2021.
S. Ini Ditulis Untuk Memenuhi, S. Persyaratan, M. Gelar, and S. Pendidikan, “FUNGSI DAN PERKEMBANGAN SENI PERTUNJUKAN KUDA RENGGONG DI KABUPATEN SUMEDANG, PROVINSI JAWA BARAT YULIANTI TRESIA 2815086690,” 2012.
A. M. , S. D. , & A. A. Badar, “Analisis Struktur Penyajian Musik Tanji Dalam Kesenian Bangreng Grup Sari Endah di Desa Conggeang Kabupaten Sumedang,” 2023.
V. Andris, M. Tsanawiyah Negeri, and K. Jakarta Barat, “Tanjidor Your History Now: The Cultural Condition of Tanjidor in the Eyes of Generation Z,” Journal of Indonesian Social Science, vol. 4, no. 03, 2023, [Online]. Available: http://jiss.publikasiindonesia.id/
T. Silvana Rahmawati and Y. Winoto, “DOKUMENTASI BUDAYA KESENIAN KUDA RENGGONG MELALUI MEDIA BOOKLET SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN WARISAN BUDAYA DARI KABUPATEN SUMEDANG,” vol. 3, no. 4, 2024, doi: 10.56127/jukim.v3i04.
D. Suwarjiki, J. Masunah, and J. Julia, “Transformation of tanji arts: A study of style changes in today’s music,” SHS Web of Conferences, vol. 197, p. 02001, 2024, doi: 10.1051/shsconf/202419702001.
E. Kim, “Music technology-mediated teaching and learning approach for music education: A case study from an elementary school in South Korea,” International Journal of Music Education, vol. 31, no. 4, pp. 413–427, Nov. 2013, doi: 10.1177/0255761413493369.
H. J. Gray, P. Davis, and X. Liu, “Keeping Up with the Technologically Savvy Student: Student Perceptions of Audio Books,” SCHOLE: A Journal of Leisure Studies and Recreation Education, vol. 26, no. 2, pp. 28–38, 2011, doi: 10.1080/1937156X.2011.11949678.
H. , & T. M. Husain, DIGITALISASI NASKAH KUNO SASAK UNTUK MENJAGA, MELINDUNGI DAN MELESTARIKAN BUDAYA BERBASIS WEB. 2018.
F. , & R. M. F. Rendy, “Konservasi dan Rekam Jejak Musik Tradisional,” 2023.
S. Andrews, “Privileging Culture through Incorporating Folk Music in the General Elementary Classroom: Implications for Teacher Education,” 2011.
A. Madina, A. Ardipal, R. Hakim, and Y. Miaz, “Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3134–3141, Aug. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1293.
M. , & R. J. Cahill, “Audiobooks as a window to the world,” 2015.
H. R. Sadaghiani, “Controlled study on the effectiveness of multimedia learning modules for teaching mechanics,” Physical Review Special Topics - Physics Education Research, vol. 8, no. 1, Feb. 2012, doi: 10.1103/PhysRevSTPER.8.010103.
R. Violla and R. Fernandes, “Efektivitas Media Pembelajaran E-Booklet Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi,” Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 13–23, Sep. 2021, doi: 10.24036/sikola.v3i1.144.
D. Endrawati Subroto, R. Wirawan, and A. Yanto Rukmana, “Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia,” 2023.
N. E. Susilowati, A. Luciandika, D. Ariani, and M. Martutik, “Developing an Audiobook for Listening Courseware,” International Journal of Emerging Technologies in Learning, vol. 16, no. 7, pp. 45–60, 2021, doi: 10.3991/ijet.v16i07.21199.
D. Rizal, S. Masruroh, R. F. Rahman Syah, I. F. Fathina, M. F. Amrullah, and S. Zakariyah, “AUDIOBOOKS AS MEDIA TO INCREASE LISTENING AND SPEAKING SKILLS: A QUALITATIVE SYSTEMATIC REVIEW,” ETERNAL (English, Teaching, Learning, and Research Journal), vol. 8, no. 1, pp. 200–216, Jun. 2022, doi: 10.24252/eternal.v81.2022.a14.
A. P. Tsany, “THE IMPLEMENTATION OF STORYNORY AUDIOBOOK IN TEACHING READING NARRATIVE TEXT,” Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), vol. 2, no. 7, 2021.
X. Zhang, “Multi-sensory research of singing visualization in pre-school music education,” Interactive Learning Environments, vol. 31, no. 5, pp. 2830–2840, 2023, doi: 10.1080/10494820.2021.1912107.
S. Karoso, “Transformation of Cultural Arts Education in Indonesia: Combining Technological Innovation and Adaptability in the Era of Globalisation,” Education and Human Development Journal Tahun, vol. 9, no. 1, 2024, doi: 10.33086/ehdj.v9i1.
A. Rahman and A. Azwan, “Pelatihan penggunaan podcast dan audiobook untuk meningkatkan kemampuan berbicara peserta kursus di LKP-MEC Namlea,” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 5, no. 1, Jan. 2022, doi: 10.28989/kacanegara.v5i1.963.