Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 6 Malang
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.760Kata Kunci:
Gaya Belajar, Kecerdasan Emosional, Kemampuan Berpikir Kritis, Pendidikan Kejuruan, Teknik PemesinanAbstrak
Rendahnya kemampuan berpikir kritis di kalangan siswa, khususnya pada pendidikan kejuruan, menjadi tantangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Permasalahan ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kurangnya pengelolaan kecerdasan emosional dan gaya belajar yang tidak sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 6 Malang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan sampel sebanyak 95 siswa. Uji validitas menunjukkan bahwa seluruh item dalam instrumen penelitian valid, sementara uji reliabilitas menghasilkan nilai Cronbach’s Alpha di atas standar 0.60 untuk semua variabel, yang menandakan bahwa instrumen penelitian reliabel. Hasil analisis R-Square menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional dan gaya belajar mampu menjelaskan 73.2% variasi dalam kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis dengan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kedua variabel independen ini berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis, dengan nilai t-hitung untuk kecerdasan emosional sebesar 5.712 (p-value 0.001) dan gaya belajar sebesar 6.215 (p-value 0.000). Secara simultan, kedua variabel ini memiliki pengaruh signifikan dengan nilai t-hitung sebesar 5.274 (p-value 0.000). Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan kecerdasan emosional dan penerapan gaya belajar yang sesuai dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, yang penting dalam konteks pendidikan kejuruan.
Unduhan
Referensi
Y. Yenti, S. Suaedi, and Ma’rufi, “Pengaruh kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa,” Prox. J. Penelit. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 91–97, 2022, doi: 10.30605/proximal.v5i1.1389.
N. Astuti, K. Kaspul, and M. K. Riefani, “Validitas Modul Elektronik ‘Pembelahan Sel’ Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis,” J. EKSAKTA Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 94–102, 2022, doi: 10.24036/jep/vol6-iss1/667.
Z. D. Safitri and A. Miatun, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karawang Barat,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i3.828.
S. Shanta and J. G. Wells, “T/E design based learning: assessing student critical thinking and problem solving abilities,” Int. J. Technol. Des. Educ., vol. 32, no. 1, pp. 267–285, 2022, doi: 10.1007/s10798-020-09608-8.
R. Darmayanti, R. Sugianto, B. Baiduri, C. Choirudin, and W. Wawan, “Digital comic learning media based on character values on students’ critical thinking in solving mathematical problems in terms of learning styles,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., 2022, doi: 10.24042/ajpm.v13i1.11680.
Z. Zulyusri, I. Elfira, L. Lufri, and T. A. Santosa, “Literature Study: Utilization of the PjBL Model in Science Education to Improve Creativity and Critical Thinking Skills,” J. Penelit. Pendidik. IPA, 2023, doi: 10.29303/jppipa.v9i1.2555.
Z. Shafait, M. A. Khan, Y. Bilan, and J. Oláh, “Modeling the mediating roles of self-directed learning and knowledge management processes between emotional intelligence and learning outcomes in higher education,” PLoS One, 2021, doi: 10.1371/journal.pone.0255177.
L. Nurhayati, L. H. Maula, and I. Nurasiah, “Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Bangun Datar di Kelas Tinggi Sekolah Dasar,” Mimb. Ilmu, 2021, doi: 10.23887/mi.v26i2.36919.
M. Estrada, D. Monferrer, A. Rodríguez, and M. Á. Moliner, “Does emotional intelligence influence academic performance? The role of compassion and engagement in education for sustainable development,” Sustain., 2021, doi: 10.3390/su13041721.
M. Skura and J. ?widerska, “The role of teachers’ emotional intelligence and social competences with special educational needs students,” Eur. J. Spec. Needs Educ., 2022, doi: 10.1080/08856257.2021.1885177.
F. Riza and Y. Yoto, “Membangun Kecerdasan Emosional Siswa SMK untuk Menjawab Tantangan Industri Modern,” Briliant J. Ris. dan Konseptual, 2023, doi: 10.28926/briliant.v8i4.1643.
L. M. Bru-Luna, M. Martí-Vilar, C. Merino-Soto, and J. L. Cervera-Santiago, “Emotional intelligence measures: A systematic review,” Healthcare (Switzerland). 2021. doi: 10.3390/healthcare9121696.
Rahmawati, H. Purnomo, K. Purnamarini, T. R., and M. E. Hartono, “The Influence of Spiritual Leadership on Organizational Citizenship Behavior: Mediation of Emotional Intelligence,” Bus. Manag. J., vol. 19, no. 3, pp. 187–197, 2023.
E. A. Silitonga and I. Magdalena, “Gaya Belajar Sisiwa Disekolah Dasar Negri 2 Tanggerang,” Gaya Belajar Siswa Di Sekol. Dasar Negri Cikokol 2 Tanggerang, 2020.
I. Rochmatika and E. Yana, “Pengaruh Literasi Digital Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Tukdana,” Perspekt. Pendidik. dan Kegur., 2022, doi: 10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9491.
R. Rajkumar and V. Ganapathy, “Bio-Inspiring Learning Style Chatbot Inventory Using Brain Computing Interface to Increase the Efficiency of E-Learning,” IEEE Access, 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.2984591.
T. P. Anggraini, N. Abbas, F. A. Oroh, and K. A. Y. Pauweni, “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa,” Jambura J. Math. Educ., 2022, doi: 10.34312/jmathedu.v3i1.11807.
J. W. Creswell and T. C. Guetterman, Educational research?: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research, Sixth. New Jersey: Pearson, 2019.
N. Khatun, “Applications of Normality Test in Statistical Analysis,” Open J. Stat., vol. 11, no. 1, p. 113, 2021, doi: 10.4236/ojs.2021.111006.
I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21, Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2020.
Hafsah Adha Diana and Veni Saputri, “Model project based learning terintegrasi steam terhadap kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kritis siswa berbasis soal numerasi,” Numeracy, vol. 8, no. 2, pp. 113–127, 2021, doi: 10.46244/numeracy.v8i2.1609.
S. Jehabun, B. Gunur, and Y. Kurniawan, “Emotional intelligence and mathematics learning interest in students’ mathematical reasoning ability,” Math Didact. J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 25–38, 2020, doi: 10.33654/math.v6i1.801.
C. Zaputra, M. Idris, and M. Hamzah, “Analisis kepuasan kerja, komitmen organisasi dan kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai pada kantor kecamatan bacukiki barat kota parepare,” J. Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 11, no. 2, pp. 106–113, 2022, doi: 10.37476/jbk.v11i2.3086.
J. J. Sihombing, I. Armyanti, and A. A. Triharja T, “Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Tingkat Empati dan Kecemasan pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Angkatan 2020,” Cermin Dunia Kedokt., vol. 50, no. 10, pp. 531–543, 2023, doi: 10.55175/cdk.v50i10.1075.
D. Nurjamil, A. Saepulloh, and E. Listyasari, “Literasi Matematis Hubungannya dengan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spritual,” Didact. Math., vol. 3, no. 2, pp. 100–106, 2021, doi: 10.31949/dm.v3i2.1987.
S. S. Sya’adah and D. Rusmawati, “Hubungan antara kecerdasan emosional dengan burnout pada guru slb c di kota surakarta,” J. EMPATI, vol. 10, no. 2, pp. 137–141, 2021, doi: 10.14710/empati.2021.31006.
F. A. Lestari, H. H. Sagala, and W. Nurrohman, “Literature Review: Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Siswa,” EDU Soc. J. PENDIDIKAN, ILMU Sos. DAN Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 392–399, 2023, doi: 10.56832/edu.v1i3.150.
S. E. Pramiswari, “Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar ppkn siswa kelas iv mi muhammadiyah jabung tahun ajaran 2019/2020,” JENIUS (Journal Educ. Policy Elem. Educ. Issues), vol. 1, no. 1, pp. 7–15, 2020, doi: 10.22515/jenius.v1i1.3229.