Analisis Pengaruh Keterampilan Komunikasi dan Kepribadian Proaktif terhadap Adaptabilitas Karier Siswa SMK Negeri 6 Malang

Penulis

  • Bimfi Herbima Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Marsono Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.759

Kata Kunci:

Adaptabilitas Karier, Ex Post Facto, Kepribadian Proaktif, Keterampilan Komunikasi, Regresi Linier

Abstrak

Adaptabilitas karier menjadi aspek krusial bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam menghadapi perubahan dunia kerja yang dinamis. Siswa yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan kepribadian proaktif cenderung lebih mudah beradaptasi dengan tantangan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterampilan komunikasi dan kepribadian proaktif terhadap adaptabilitas karier siswa SMK Negeri 6 Malang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik analisis data yang diterapkan meliputi regresi linier sederhana dan berganda. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah 95 peserta didik kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan dengan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap adaptabilitas karier dengan nilai t-hitung 3.842 dan p-value 0.001 (<0.05). Kepribadian proaktif juga berpengaruh signifikan dengan nilai t-hitung 4.129 dan p-value 0.000 (<0.05). Secara simultan, kedua variabel independen ini memiliki pengaruh signifikan terhadap adaptabilitas karier dengan nilai t-hitung 5.276 dan p-value 0.000 (<0.05). Penelitian ini memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan dengan menekankan pentingnya penguatan keterampilan komunikasi dan pengembangan sikap proaktif dalam membentuk kesiapan karier siswa SMK. Institusi pendidikan dapat mengadopsi program pelatihan komunikasi dan pengembangan soft skills guna meningkatkan kesiapan siswa dalam memasuki dunia kerja yang kompetitif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. M. Sholihah and W. Z. Maulida, “Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter,” QALAMUNA J. Pendidikan, Sos. dan Agama, vol. 12, no. 1, pp. 49–58, 2020, doi: 10.37680/qalamuna.v12i01.214.

M. Zamiri and A. Esmaeili, “Methods and Technologies for Supporting Knowledge Sharing within Learning Communities: A Systematic Literature Review,” Adm. Sci., vol. 14, no. 1, pp. 17–32, 2024, doi: 10.3390/admsci14010017.

H. Firdaus and N. Anriani, “Evaluasi Program Praktek Kerja Industri Pada Sekolah Menengah Kejuruan Menggunakan Model CIPP,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 4, pp. 2253–2260, 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i4.1011.

D. Jackson and M. Tomlinson, “Investigating the relationship between career planning, proactivity and employability perceptions among higher education students in uncertain labour market conditions,” High. Educ., vol. 80, no. 3, pp. 435–455, 2020, doi: 10.1007/s10734-019-00490-5.

U. C. Okolie, C. A. Nwajiuba, M. O. Binuomote, C. Ehiobuche, N. C. N. Igu, and O. S. Ajoke, “Career training with mentoring programs in higher education: Facilitating career development and employability of graduates,” Educ. Train., vol. 62, no. 3, pp. 214–234, 2020, doi: 10.1108/ET-04-2019-0071.

Badan Pusat Statistik (BPS), “Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) nasional.” Badan Pusat Statistik, Jakarta, 2024.

D. Rabelo et al., “The Role of Non-Technical Skills in the Software Development Market,” in ACM International Conference Proceeding Series, 2022. doi: 10.1145/3555228.3555254.

M. Caeiro-Rodriguez et al., “Teaching Soft Skills in Engineering Education: An European Perspective,” IEEE Access, vol. 9, no. 2, pp. 29222–29242, 2021, doi: 10.1109/ACCESS.2021.3059516.

D. A. Zulfa, S. Cahyono Putro, and H. Putranto, “Hubungan Aktualisasi Diri dan Kemampuan Komunikasi dengan Adaptabilitas Karier Abad 21 Siswa SMK di Kota Malang,” Pedagog. J. Ilmu Pendidik., vol. 22, no. 1, pp. 67–74, 2022, doi: 10.24036/pedagogi.v22i1.1210.

A. J. Putri and A. R. Kurniawan, “Analisis Pencapaian Keterampilan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran,” J. Ris. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 154–161, 2020.

B. Astuti and A. I. Pratama, “Hubungan antara efikasi diri dengan keterampilan komunikasi siswa,” J. Penelit. Ilmu Pendidik., vol. 13, no. 2, pp. 147–155, 2020, doi: 10.21831/jpipfip.v13i2.33757.

P. I. Fitriah, B. Yulianto, and R. Asmarani, “Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here,” J. Educ. Action Res., vol. 4, no. 4, pp. 546–555, 2020, doi: 10.23887/jear.v4i4.28925.

R. N. Ramdhani and A. Kiswanto, “Urgensi Adaptabilitas dan Resiliensi Karier pada Masa Pandemi,” Indones. J. Educ. Couns., vol. 4, no. 2, pp. 95–106, 2020, doi: 10.30653/001.202042.135.

M. D. Mahardika and A. Kistyanto, “Pengaruh kepribadian proaktif terhadap kesuksesan karir melalui adaptabilitas karir,” Forum Ekon., vol. 22, no. 2, 2020.

R. Abdul Hamid, “The Role of Employees’ Technology Readiness, Job Meaningfulness and Proactive Personality in Adaptive Performance,” Sustain., vol. 14, no. 23, p. 15696, 2022, doi: 10.3390/su142315696.

E. L. Nurjamil and W. Indianti, “Resilience as mediator in the relationship between proactive personality and career adaptability among vocational school students during covid-19,” Ta dib J. Pendidik. Islam, vol. 10, no. 2, pp. 182–205, 2021, doi: 10.29313/tjpi.v10i2.8613.

M. T. Milah, D. Sudirman, and Fridayanti, “Kematangan Karier Siswa: Peranan Tipe Kepribadian dan Dukungan Sosial,” Indones. Psychol. Res., vol. 4, no. 1, pp. 1–9, 2021, doi: 10.29080/ipr.v4i1.644.

D. A. Wahyu Safitri and W. Indianti, “Peran moderasi self-esteem pada hubungan employability skills dan adaptabilitas karier siswa SMK,” J. Psychol. Sci. Prof., vol. 5, no. 2, p. 115, 2021, doi: 10.24198/jpsp.v5i2.32103.

E. Reith-Hall and P. Montgomery, “The Teaching and Learning of Communication Skills in Social Work Education,” Res. Soc. Work Pract., vol. 32, no. 7, pp. 793–813, 2022, doi: 10.1177/10497315221088285.

H. Syahrizal and M. S. Jailani, “Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif,” J. QOSIM J. Pendidik. Sos. Hum., vol. 1, no. 1, pp. 13–23, 2023, doi: 10.61104/jq.v1i1.49.

J. W. Creswell and T. C. Guetterman, Educational research?: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research, Sixth. New Jersey: Pearson, 2019.

N. Khatun, “Applications of Normality Test in Statistical Analysis,” Open J. Stat., vol. 11, no. 1, p. 113, 2021, doi: 10.4236/ojs.2021.111006.

B. P. Pradana, S. Chotidjah, and D. Z. Wyandini, “Pengaruh Kepribadian Proaktif terhadap Adaptabilitas Karir pada Karyawan di Kota Bandung,” J. Psikol. INSIGHT, vol. 6, no. 2, pp. 85–92, 2022, doi: 10.17509/insight.v6i2.64737.

R. Umami and W. Rahmaningtyas, “Faktor pendukung kesiapan kerja: Study analisis kuantitatif,” Meas. Educ. Res., vol. 2, no. 2, pp. 92–103, 2022, doi: 10.33292/meter.v2i2.208.

R. Nofrisa, “Peranan Digital Marketing dan Komunikasi Interpersonal dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah PT. Bank Negara Indonesia (PERSERO) Tbk Cabang Padang pada Masa Pandemi Covid-19,” AKSIOMA J. Sains Ekon. dan Edukasi, vol. 1, no. 2, pp. 99–117, 2024, doi: 10.62335/yvkr3y44.

Y. Mataputun and H. Saud, “Analisis komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri remaja,” J. Konseling dan Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 32–37, 2020, doi: 10.29210/140800.

F. I. Afero, C. P. Dimala, and M. C. Ibad, “Self-Efficacy as a Mediation the Influence of Proactive Personality on Career Adaptability in Early Adults,” Psikostudia J. Psikol., vol. 12, no. 4, p. 517, 2023, doi: 10.30872/psikostudia.v12i4.12315.

Z. N. Siregar, N. Azlina, and R. Rofika, “Pengaruh komunikasi, teknologi informasi, dan gaya kepemimpinan terhadap kesiapan pemerintah daerah dalam pelaksanaan SIPD,” Kompartemen J. Ilm. Akunt., vol. 21, no. 2, p. 336, 2023, doi: 10.30595/kompartemen.v21i2.17034.

A. Safitri and N. Fitriyana, “Peran Komunikasi Interpersonal terhadap Kerjasama Team Mahasiswa Kkn,” Psychopolytan J. Psikol., vol. 4, no. 2, pp. 101–106, 2021, doi: 10.36341/psi.v4i2.1528.

K. Haryanti, E. T. Reinaldi, W. Hapsari, P. L. Fera, and S. P. P. Wijiasih, “Efektivitas Pelatihan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kepercayaan Diri dan Harga Diri Pada Remaja Panti Asuhan,” VITASPHERE, vol. 1, no. 1, 2020, doi: 10.24167/vit.v1i1.2969.

S. Lindawati, D. P. Lubis, and A. Fatchiya, “Pengaruh Komunikasi Siswa SMK dengan Orang Tua, Guru, dan Teman Sebaya terhadap Kematangan Kariernya,” J. Komun. Pembang., vol. 20, no. 2, pp. 140–154, 2022, doi: 10.46937/20202240696.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-20

Cara Mengutip

Herbima, B., & Marsono, M. (2025). Analisis Pengaruh Keterampilan Komunikasi dan Kepribadian Proaktif terhadap Adaptabilitas Karier Siswa SMK Negeri 6 Malang. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(5), 1281-1289. https://doi.org/10.52436/1.jpti.759

Terbitan

Bagian

Artikel