Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Fasilitas Kampus di Universitas ABC Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Pendekatan Quality Function Deployment
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.695Kata Kunci:
fasilitas kampus, house of quality, kepuasan mahasiswa, quality function deployment, strategi perbaikanAbstrak
Kualitas fasilitas kampus berperan penting dalam menunjang pengalaman belajar mahasiswa, baik dalam aspek akademik maupun non-akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quality Function Deployment (QFD) dengan tujuan untuk mengkaji seberapa puas mahasiswa dengan fasilitas kampus di Universitas ABC. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 99 responden yang mewakili lima dimensi kualitas layanan: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan matriks House of Quality (HoQ) untuk menentukan prioritas utama dalam perbaikan fasilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyediaan sarana dan prasarana yang lebih memadai merupakan kebutuhan paling mendesak dengan nilai prioritas 6,656, diikuti oleh perbaikan sistem pengelolaan laporan keluhan mahasiswa dengan nilai prioritas 2,434. Studi ini menawarkan rekomendasi strategis bagi Universitas ABC untuk berhasil meningkatkan kepuasan mahasiswa dengan menyoroti perbedaan antara harapan dan keadaan fasilitas. Lembaga pendidikan lain dapat menggunakan penelitian ini sebagai panduan untuk membuat kebijakan berbasis data untuk manajemen fasilitas kampus yang lebih baik.
Unduhan
Referensi
A. Hidayati, A. N. Mauliza, A. Satria, and V. F. Sanjaya, “Pengaruh Fasilitas Dan Kondisi Lingkungan Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa UIN RIL),” J. Manaj. Dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 173–189, 2023, doi: https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.989.
K. D. Arini, “Analisis Kualitas Layanan Akademik Program Studi Pendidikan Teknik Mesin UNS Dengan Metode Servqual Dan QFD (Quality Function Deployment),” NOZEL J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 4, no. 4, pp. 204–218, 2022, doi: https://doi.org/10.20961/nozel.v4i4.72273.
I. R. Novendi, M. Aman, and M. I. Rosyidi, “Implementasi Quality Function Deployment dan Importance Performance Analysis Untuk Pengukuran Kepuasan Mahasiswa,” Borobudur Eng. Rev., vol. 1, no. 1, pp. 13–24, 2021, doi: https://doi.org/10.31603/benr.3276.
A. Akbar, Z. K. Asih, and W. Wahab, “Implementasi Metode Quality Function Deployment (QFD) Untuk Merancang Peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan di Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak,” J. Ilm. Glob. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 1790–1799, 2024, doi: 10.55681/jige.v5i2.2640.
A. Darussalam, R. Munadi, and A. Z. D, “Akselerasi Mutu Pelayanan Program Studi Ilmu Hadist Menggunakan Metode QFD Dan SWOT,” Thawalib J. Kependidikan Islam, vol. 5, no. 2, pp. 493–512, 2024, doi: https://doi.org/10.54150/thawalib.v5i2.468.
E. Nurhayati, “Pendekatan Quality Function Deployment (QFD) dalam proses pengembangan desain produk Whiteboard Eraser V2,” Prod. J. Desain Prod. (Pengetahuan dan Peranc. Produk), vol. 5, no. 2, pp. 75–82, 2022, doi: https://doi.org/10.24821/productum.v5i2.7118.
H. R. Putera, Z. F. Ikatrinasari, H. H. Purba, and H. Hernadewita, “Usulan Perbaikan Pelayanan Pendidikan Menggunakan Metode QFD dengan Pendekatan Variabel SERVQUAL,” JISI J. Integr. Sist. Ind., vol. 9, no. 2, pp. 123–131, 2022, doi: https://doi.org/10.24853/jisi.9.2.123-131.
A. Haykal, “Analisis Kepuasan Mahasiswa dengan Pendekatan Kano Model serta Quality Function Deployment (QFD) Untuk Meningkatkan Pelayanan Akademik Universitas Ma Chung,” Parsimonia - J. Ekon. dan Bisnis, vol. 3, no. 3, pp. 101–119, 2017, doi: https://doi.org/10.33479/parsimonia.v3i3.43.
N. R. Revika and W. Handayani, “Desain Service Science untuk Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap E-Learning Universitas Pembangunan Nasional “Veteran“ Jawa Timur,” Briliant J. Ris. dan Konseptual, vol. 7, no. 4, pp. 841–852, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i4.1039.
S. Suyadi and H. Nurjannah, “Implementasi Quality Function Deployment Untuk Meningkatkan Kualitas Jasa Pendidikan Di Universitas Islam Riau,” COSTINGJournal Econ. Bus. Account., vol. 3, no. 2, pp. 491–498, 2020, doi: https://doi.org/10.31539/costing.v3i2.1255.
H. Aulawi, R. Kurniawati, and A. F. Sunarya, “Perencanaan Perbaikan Kualitas Pelayanan di Institut Teknologi Garut,” J. Kalibr., vol. 21, no. 2, pp. 124–134, 2023, doi: https://doi.org/10.33364/kalibrasi/v.21-2.1448.
I. Kurnia, P. Fithri, and V. L. Raja, “Peningkatan Kualitas Pelayanan Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana dengan Menggunakan Metode Servqual dan QFD,” J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 18, no. 2, pp. 151–162, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v18i2.10924.
B. Budiono and A. Z. Al-Faritsy, “Perbaikan Kualitas Pelayanan Pada Restoran Cepat Saji X Menggunakan Metode Servqual (Service Quality) Dan QFD (Quality Function Deployment),” J. Ilm. Tek. Ind. DAN Inov., vol. 2, no. 4, pp. 17–33, 2024, doi: https://doi.org/10.59024/jisi.v2i4.853.
H. M. Anggreani and M. M. Yafi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual) dan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah ‘X’),” Nusant. Technol. Eng. Rev., vol. 1, no. 1, pp. 54–61, 2024, doi: https://doi.org/10.55732/nter.v1i1.1164.
S. Nurochim and A. N. Rukmana, “Perancangan Produk Waistbag dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD),” J. Ris. Tek. Ind., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2021, doi: https://doi.org/10.29313/jrti.v1i1.91.
A. Haslindah, H. Hakim, N. Aisyah, and H. Sukirman, “Pengembangan Produk Cokelat Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus Pada Pabrik Kakao SMK-SMTI Makassar),” J. Ind. Eng. Manag., vol. 3, no. 1, pp. 23–27, 2022, doi: https://doi.org/10.47398/justme.v3i01.30.