Implementasi Metode Gots dalam Pembelajaran Drum bagi Siswa Sekolah Dasar di Favore Music
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.659Keywords:
metode gots, pendidikan musik, pembelajaran drum, siswa sekolah dasarAbstract
Pembelajaran musik pada usia sekolah dasar memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan kemampuan kognitif, motorik, dan emosional anak. Dalam konteks pembelajaran drum, metode pengajaran yang tepat menjadi kunci keberhasilan untuk meningkatkan koordinasi motorik, pemahaman pola ritmik, dan ketepatan tempo pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode Gots dalam meningkatkan keterampilan drum siswa sekolah dasar di Favore Music. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggambarkan proses pembelajaran melalui observasi partisipatif, serta peneliti terlibat langsung sebagai guru dalam pembelajaran. Subjek penelitian melibatkan siswa yang mengikuti kelas drum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode “Gots” mampu membantu siswa secara bertahap memahami pola ritmik, teknik dasar drum, permainan beat, dan variasi fill-in melalui interaksi aktif antara guru dan siswa. 90% siswa mengalami peningkatan dalam ketepatan ritme setelah dua sesi pembelajaran menggunakan metode Gots. Secara khusus, metode ini menunjukkan efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan teknis dan musikal siswa. Dampaknya, metode “Gots” dapat menjadi alternatif pengajaran yang mendukung pembelajaran musik yang interaktif dan progresif, khususnya bagi siswa usia sekolah dasar.
Downloads
References
M. Muliyil and J. Dhiksha, “influence of music on the cognitive development of primary school children,” Int. J. Health Sci. (Qassim)., pp. 14100–14112, Jun. 2022, doi: 10.53730/ijhs.v6ns2.8704.
A. Rahmi and M. Maemonah, “Implikasi Seni dalam Bermain Alat Musik Drum pada Anak Usia Dini,” Early Child. Res. J., vol. 6, no. 2, pp. 83–95, Dec. 2023, doi: 10.23917/ecrj.v6i2.23302.
D. Rodney, “Relationship between Music Education and Academic Performance in Elementary Schools in Jamaica,” Am. J. Arts, Soc. Humanit. Stud., vol. 4, no. 1, pp. 43–54, 2024, doi: 10.47672/ajashs.2065.
W. H. Hadi, R. Ramadhani, A. Marini, G. Yarmi, D. Safitri, and L. Dewiyani, “Digital Musical Storytelling to Enhance First-Grade Elementary School Students’ Listening Skills,” J. Educ. Technol., vol. 7, no. 2, pp. 220–225, 2023, doi: 10.23887/jet.v7i2.63167.
E. F. da Silva, J. A. Mignaco, and F. Prosdocimi, “Biosongs: enhancing cognition and emotional development through an active teaching-learning method in biosciences,” Brazilian J. Dev., vol. 10, no. 3, p. e68092, 2024, doi: 10.34117/bjdv10n3-046.
Y. Sogen, “Development of Cultural Arts Learning in Project Based Learning for Students of Elementary School Department, Faculty of Education and Teacher Training, Nusa Cendana University, Kupang- INDONESIA,” Harmon. J. Music Arts, vol. 1, no. 1, pp. 43–54, Nov. 2023, doi: 10.61978/harmonia.v1i1.88.
M. Taufiq et al., “Prosiding Pertemuan Ilmiah Nasional Penelitian & Pengabdian Masyarakat (PINLITAMAS 1) Dies Natalis ke-16 STIKES,” 2018.
W. Muh. Syata, B. M. Sabillah, H. Subur, and D. Damayanti, “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru,” J. Pendidik. Dasar dan Kegur., vol. 9, no. 1, pp. 63–68, May 2024, doi: 10.47435/jpdk.v9i1.2809.
Y. Sun, G. Zhou, and X. Deng, “Emotional Intelligence and Joyful Teaching: Pathways to Enhanced Student Engagement and Achievement,” Lect. Notes Educ. Psychol. Public Media, vol. 52, no. 1, pp. 163–168, Jun. 2024, doi: 10.54254/2753-7048/52/20241533.
A.-R. H. Mastul, “The Crucial Role of Teachers in Fostering Creativity, Critical Thinking, and Motivation in Students,” J. Prakt. Baik Pembelajaran Sekol. dan Pesantren, vol. 3, no. 02, pp. 54–59, Jun. 2024, doi: 10.56741/pbpsp.v3i02.563.
A. King, “From Sage on the Stage to Guide on the Side,” Coll. Teach., vol. 41, no. 1, pp. 30–35, 1993, [Online]. Available: http://www.jstor.org/stable/27558571
A. Nousia, “European Journal of Education Studies THE TRANSITION FROM PRESCHOOL TEACHERS ’ TRADITIONAL CONCEPTS TO MODERN PERCEPTIONS,” pp. 1–17, 2023, doi: 10.46827/ejes.v102.4645.
P. Sembiring, D. M. Kholid, and F. Cipta, “SWARA?: Jurnal Antologi Pendidikan Musik,” vol. 4, no. 1, pp. 111–124, 2024.
B. N. Weidner, “The transfer of group practice strategy instruction to beginning instrumentalists’ individual practice,” Psychol. Music, vol. 49, no. 4, pp. 958–971, Jul. 2021, doi: 10.1177/0305735620911713.
B. Mitchell, C. Ratcliffe, and K. LaConte, “STEAM Learning in Public Libraries: A ‘Guide on the Side’ Approach for Inclusive Learning,” Child. Libr., vol. 18, no. 3, pp. 7–10, Sep. 2020, doi: 10.5860/cal.18.3.7.
M. N. Adlini, A. H. Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, and S. J. Merliyana, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 974–980, 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Wildan Fikri, “Pelatihan Dasar Teknik Rudimen/Basic Stiking Pada Ekstrakurikuler Drum Band di SMP Pembangunan LAB UNP,” J. Yudistira Publ. Ris. Ilmu Pendidik. dan Bhs., vol. 2, no. 4, pp. 268–296, Aug. 2024, doi: 10.61132/yudistira.v2i4.1176.
B. Burger and C. Wöllner, “Drumming Action and Perception: How the Movements of a Professional Drummer Influence Experiences of Tempo, Time, and Expressivity,” Music Sci., vol. 6, Jan. 2023, doi: 10.1177/20592043231186870.
T. Hopkins, “Jam Tabs?: a Color Based Notation System for Novice Improvisation,” Proc. Int. Conf. Technol. Music Not. Represent., pp. 56–62, 2020.
C. Criswanto, “Analisis Teknik Bermain Alat Musik Drum Set pada Lagu Grebfruit Karya Benny Greb,” Grenek Music J., vol. 12, no. 2, p. 247, Dec. 2023, doi: 10.24114/grenek.v12i2.45908.
A. Aulia and D. Setiawan, “Pentingnya Pembelajaran Musik untuk Anak Usia Dini,” Univ. Hamzanwadi, vol. 6, no. 01, pp. 160–168, 2022, doi: 10.29408/goldenage.v6i01.4693.
L. Bouchard and J. Browne, “LIVE STRUCTURES?: OCULAR SCORES TM”.
A. Husnaini Matondang et al., “Analisis Strategi Guru dalam Menggunakan Teknologi Berbasis Digital pada Pembelajaran PKN di SD Negeri 105322,” J. Ilmu Pendidik. Islam, vol. 2, no. 2, pp. 248–255, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i2.984