Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Otomotif di Indonesia: Studi Meta Analisis
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.560Kata Kunci:
Hasil Belajar, Meta Analisis, Metode Pembelajaran, OtomotifAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana berbagai pendekatan pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa dalam pendidikan otomotif. Penelitian ini merupakan meta analisis. Data dikumpul dari google scholar dan semantic scholar yang dicari bulan Oktober 2024. Kata kunci menggunakan Bahasa Indonesia dengan kombinasi metode pembelajaran Demonstrasi, Kooperatif, Problem-based Learning, Team Quiz, Group Resume, Inkuiri dan Active Knowledge Sharing dengan hasil belajar siswa SMK Otomotif.. Data yang dimasukkan adalah g sebagai Effect Size dan SEg sebagai Standar Error untuk menghasilkan forest plot yang didalamnya terdapat interval nilai untuk setiap penelitian dan kesimpulan. Perhitungan heterogenitas dan bias publikasi juga diidentifikasi hasil analisisnya. Ada 15 manuskrip yang digunakan untuk dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan effect size sebesar 1,601, terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran dan hasil belajar. Hasil belajar siswa telah terbukti meningkat secara signifikan dengan metode demonstrasi, kooperatif, problem-based learning, inkuiri, group resume, dan active knowledge sharing. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa variabel wilayah dan jenis publikasi tidak berkontribusi secara signifikan terhadap perbedaan hasil belajar. Pada hasil analisis menggunakan model Random Effect menunjukkan bahwa wilayah Jawa = 2.403, 95%CI[-2632, 7.437], Sulawesi=0.254, 95%CI[-5.687,6.195] dan wilayah Sumatera = -1.876, 95%CI [-7.306, 3.554] tidak signifikan karena semua nilai p > 0.05. Hasil analisis heterogenitas menunjukkan tingkat variasi yang signifikan. Hasil analisis menggunakan model random effect menunjukkan bahwa beberapa metode seperti Demonstrasi = -5.361, 95%CI[-8.516, -2.205], Kooperatif = -5.350, 95%CI[-8.793, -1.907], Problem-Based Learning = -5.450, 95%CI[-8.896, -2.004], Team Quiz = 0.188, 95%CI[-4.727, 5.103], Group Resume = -5.140, 95%CI[-9.973, -0.307], Active Knowledge Sharing = -5.716, 95%CI[-10.545, -0.887], Inkuiri = -6.911, 95%CI[-11.538, -2.285]. Urutan metode pembelajaran yang signifikan mempengaruhi hasil belajar, yaitu demonstrasi, kooperatif, problem-based learning, group resume, inkuiri dan active knowledge sharing, sedangkan metode team quiz yang tidak signifikan karena nilai p > 0.05.
Unduhan
Referensi
Z. A. Ruslan and M. G. Hamid, “META ANALISIS: PENGARUH BERBAGAI JENIS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS SISWA,” Dalt. J. Pendidik. Kim. dan Ilmu Kim., vol. 7, no. 1, pp. 62–69, 2024, doi: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v7i1.14212.
S. Ujud, T. D. Nur, Y. Yusuf, N. Saibi, and M. R. Ramli, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan,” J. Bioedukasi, vol. 6, no. 2, pp. 337–347, 2023, doi: 10.33387/bioedu.v6i2.7305.
W. D. Saputro, “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.
A. SISWANTO, “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Tkr Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Dengan Menggunakan Metode Problem Based Learning Di Smk Negeri 1 Gedangan,” Vocat. J. Inov. Pendidik. Kejuru., vol. 3, no. 1, pp. 25–32, 2023, doi: 10.51878/vocational.v3i1.1996.
R. Romansyah, S. Wakhinuddin, and W. Wagino, “Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Teknik Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Sumatera Barat,” Automot. Eng. Educ. Journals, vol. 7, no. 1, 2018.
R. Rifdarmon, A. Ambiyar, and W. Wakhinuddin, “Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Listrik Dan Elektronika Otomotif,” Edukasi J. Pendidik., vol. 18, no. 1, pp. 113–124, 2020, doi: 10.31571/edukasi.v18i1.1600.
A. K. Astuti, “Pengaruh Metode Pembelajaran Improve terhadap Hasil Belajar Matematika bagi Siswa Kelas XI Teknik Mesin Otomotif SMK Negeri 2 Salatiga.” Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW, 2016.
I. Y. B. Aulia Rahmat, Andrizal, “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Siswa Smk Negeri 1 Padang,” Borobudur Educ. Rev., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2023.
N. I. Cintia, F. Kristin, and I. Anugrahaeni, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Nichen Irma Cintia , 2 Firosalia Kristin & 3 Indri Anugraheni Universitas Kristen Satya Wacana INCREASING STUDENTS ’ THINKING CREATIVE ABILITY AND,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 32, no. 1, pp. 69–77, 2018, doi: https://doi.org/10.21009/PIP.321.8.
R. Iskandar, Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher), 2019.
B. Kurniawan, O. Wiharna, and T. Permana, “Studi analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 4, no. 2, 2017.
R. Iskandar, Z. Arifin, and P. Sudira, “Problems of Automotive Vocational Teaching-Learning Process for Students with Mild Intellectual Disability (MID),” Int. J. Adv. Sci. Technol., vol. 29, no. 7s, pp. 417–424, 2020, [Online]. Available: http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/9456
E. Tasrif, I. W. Intan, and L. Annisa, “Meta-Analisis Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik,” J. PTI (PENDIDIKAN DAN Teknol. INFORMASI) Fak. Kegur. ILMU Pendidik. Univ. PUTRA Indones. YPTK" PADANG, pp. 17–22, 2023, doi: 10.35134/jpti.v10i1.148.
N. Aisyah Safitri and G. Agus Yudha Prawira Adistana, “Efektivitas Implementasi Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Meta-Analisis,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 2, pp. 4021–4031, 2021.
S. M. Suwarno and B. Ismanto, “Evaluasi Tempat Uji Kompetensi Teknisi Otomotif dalam Peningkatan Mutu Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan,” Kelola J. Manaj. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 98–109, 2020, doi: 10.24246/j.jk.2020.v7.i1.p98-109.
A. Marsyaelina, S. Sudiyatno, and R. Iskandar, “Appropriate learning media for mild mentally impaired students at inclusive vocational schools: A literature review,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 12, no. 1, pp. 93–99, 2022, doi: . https://doi.org/10.21831/jpv.v12i1.47717.
N. F. Adkha, P. Sudira, and R. Iskandar, “The mindfulness aspects in the teaching of culinary art in vocational high school,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 11, no. 2, pp. 155–170, 2021, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/38402
H. Putra, Pratama Atmoko; Sofyan, “PENGEMBANGAN KAMUS PERBAIKAN BODI OTOMOTIF BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN,” vol. 4, pp. 226–240, 2020.
M. B. Malik, R. Iskandar, and R. F. Naryanto, “Development of android-based mobile learning media to increase learning results in vocational high schools,” J. Res. Instr., vol. 4, no. 2, pp. 425–438, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.unipa.ac.id/index.php/jri/article/view/462
M. I. Faza, R. Iskandar, and R. F. Naryanto, “Innovative Gamification Strategies to Improve Student Learning Outcomes in Vocational High Schools,” J. Educ. J. Pendidik. Indones., vol. 10, no. 1, pp. 829–838, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/4639
R. Fadillah, A. Ambiyar, M. Giatman, F. Fadhilah, M. Muskhir, and H. Effendi, “Meta Analysis: Efektivitas Penggunaan Metode Proyect Based Learning Dalam Pendidikan Vokasi,” J. Pedagog. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, p. 138, 2021, doi: 10.23887/jp2.v4i1.32408.
L. A. Agnezi, “Meta analisis pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 6, no. 2, pp. 136–145, 2020, doi: https://doi.org/10.24036/jppf.v6i2.108700.
R. Iskandar et al., “Impact of biodiesel blends on specific fuel consumption: A meta-analysis,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 1381, 2024, [Online]. Available: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/1381/1/012033/meta
F. L. Schmidt and J. E. Hunter, “Meta?Analysis,” Handb. Psychol., no. April 2003, pp. 533–554, 2003, doi: 10.1002/0471264385.wei0221.
R. Mansurah, S. Wahyuningsih, N. Insani, and S. Syaharuddin, “Meta-Analisis: Model Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar,” J. Elem. Kaji. Teor. Dan Has. Penelit. Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 97–102, 2021.
F. Hidayat, “HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA PELAJARAN TUNE UP MOTOR BENSIN KELAS X JURUSAN MEKANIK OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH CAWAS KLATEN 2011/2012 SKRIPSI,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.
A. R. Putra, “PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI ENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT ERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT TRANSMISI KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.
F. Runtunuwu, H. Sumual, and J. Manongko, “Pengaruh Metode Demonstrasi Tentang Hasil Belajar Perawatan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan,” J. Gearbox Pendidik. Tek. Mesin, vol. 2, no. 2, pp. 46–51, 2021.
V. Isnaeni and S. Haryanto, “Journal of Educational Evaluation Studies ( JEES ), 1 ( 3 ), 2020 Pengaruh Metode Demonstrasi dan Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Journal of Educational Evaluation Studies ( JEES ), 1 ( 3 ), 2020 Available onl,” vol. 1, no. 3, pp. 284–295, 2020.
S. Widodo, “Hubungan Persepsi Siswa Tentang Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perbaikan Kelistrikan Kendaraan ringan Di Kelas Xi Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Padang,” vol. 02,02, pp. 1–7, 2018.
A. B. Prasetyo, A. Andrizal, and W. Wagino, “Perbandingan Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Dan Metode Ceramah Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Keterampilan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X Jurusan Otomotif Smk Negeri 2 Solok,” Automot. Eng. Educ. Journals, vol. 7, no. 1, 2018.
H. Priyanto, “PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTURAL THREE STAY ONE STRAY ( TSOS ) TERHADAP HASIL BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR ( MA2U ) KELAS X JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR ( TSM ) DI SMK NEGERI 1 UJUNGBATU Siswa Kelas Eksp,” 2013.
L. Hanik, “PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEADS TOGETHER ( NHT ) DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI PELUANG DI KELAS X TKR SMK NEGERI 1 SEMARANG,” vol. 8, no. 1, 2016.
S. Sujatmika, “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Kemandirian,” SOSIOHUMANIORA J. Ilm. Ilmu Sos. Dan Hum., vol. 2, no. 1, 2017, doi: 10.30738/sosio.v2i1.494.
E. K. Laksanawati and R. Rofiroh, “Perbandingan Metode Problem Based Learning Dengan Metode Konvensional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Efficacy Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Teknik,” J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, pp. 81–87, 2020, doi: 10.30598/jupitekvol3iss2pp81-87.
Wengki, “Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X Program Studi Teknik Otomotif Sepeda Motor SMK Negeri 1 Tarusan,” 2018.
A. Hariyono, “PENGARUH PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS XI DI SMK BUBUTAN SURABAYA,” pp. 114–115, 2016.
H. F. Atmaja, “Studi Eksperimen: Metode Inkuiri Dengan Metode Kooperatif Pada Mata Pelajaran Penggunaan Alat Ukur Listrik Di Smk N 1 Pundong,” J. Pendidik. Tek. Mekatronika, vol. 6, no. 5, 2016.
H. Retnawati, E. Apino, H. Djidu, and R. D. Anazifa, Pengantar analisis meta. Yogyakarta: Parama Publishing, 2018.
D. Anjarwati, D. Juandi, E. Nurlaelah, and A. Hasanah, “Studi Meta-Analisis: Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 3, pp. 2417–2427, 2022, doi: 10.31004/cendekia.v6i3.1506.
I. M. Y. Parwata, “Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Meta-Analisis,” Indones. J. Educ. Dev., vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2021, doi: 10.5281/zenodo.4781835.
J. Jumaini, H. H. Hertin, M. Nisfiyati, and M. Ibrahim, “Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta - Analisis,” Al Khawarizmi J. Pendidik. dan Pembelajaran Mat., vol. 5, no. 1, p. 48, 2021, doi: 10.22373/jppm.v5i1.9805.