Implementasi Design Thinking pada Desain UI/UX Aplikasi Donasi Berbasis Konser Amal untuk Meningkatkan Partisipasi Publik

Penulis

  • Refi Junitasari Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Informatika, Telkom University, Indonesia
  • Iqsyahiro Kresna A Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Informatika, Telkom University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.517

Kata Kunci:

design thinking, konser amal, mobile, UI/UX

Abstrak

Konser amal adalah salah satu bentuk penggalangan dana yang sering kali menghadapi tantangan dalam menjangkau audiens yang luas dan memastikan partisipasi, dengan aksesibilitas dan transparansi donasi yang terbatas menjadi masalah utama. Di era digital, aplikasi donasi meningkatkan aksesibilitas, transparansi, dan keterlibatan publik dalam kegiatan amal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan TicketoGive, sebuah aplikasi donasi yang menyalurkan sebagian hasil penjualan tiket konser amal untuk mendukung tujuan sosial. Dirancang dengan menggunakan pendekatan Design Thinking. Pendekatan ini memungkinkan identifikasi kebutuhan pengguna melalui empati, serta pengembangan solusi inovatif secara iteratif dan kolaboratif. Hasil evaluasi prototype menunjukkan efektivitas 94,23%, efisiensi 0,470 detik, dan tingkat kepuasan pengguna mencapai 89,67%, dengan tingkat kemudahan belajar, efisiensi, dan daya ingat yang kuat. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan aplikasi yang dirancang untuk meningkatkan transparansi, keterlibatan, serta pengalaman pengguna dalam aktivitas sosial berbasis digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

T. Ashari and G. Swalaganata, “Perancangan UI/UX Aplikasi Donasi Bencana BPBD Kota Batu Dengan Metode Design Thinking,” Semin. Nas. Sist. Inf., vol. 7, no. September, pp. 3826–3838, 2023, [Online]. Available: https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/472%0Ahttps://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/download/472/420

A. N. Habibah, R. Waluyo, J. Prayitno, and B. Saputra, “Aplikasi Donasi Berbasis Mobile Menggunakan Metode Scrum,” Nusant. Hasana J., vol. 2, no. 10, p. Page, 2023.

N. Aulia, S. Andryana, and A. Gunaryati, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Charity Menggunakan Metode Design Thinking,” Sisfotenika, vol. 11, no. 1, p. 26, 2020, doi: 10.30700/jst.v11i1.1066.

Dhian Sweetania and Achmad Hafidz, “Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Berbasis Mobile E-Ticket Museum Di Jakarta dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Tek. dan Sci., vol. 2, no. 3, pp. 57–70, 2023, doi: 10.56127/jts.v2i3.1124.

R. .AS Apriliani, P. Aji, and S. Dewi Budiwati, “Aplikasi Penggalangan Dana Donasi Bencana Alam Berbasis Web (Modul Donatur),” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 8, no. 5, pp. 624–630, 2022.

D. A. Mufti and M. S. Amin, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pencarian Relawan Dan Penggalangan Dana Menggunakan Metode Design Thinking,” ASKARA J. Seni dan Desain, vol. 3, no. 1, pp. 79–88, 2024, doi: 10.20895/askara.v3i1.1373.

I. P. A. Pranaliwa, R. I. Rokhmawati, and S. H. Wijoyo, “Perancangan User Experience Aplikasi Reservasi Online Pada Grahadi Bali Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 11, no. 1, pp. 135–144, 2024, doi: 10.25126/jtiik.20241117661.

A. M. Dafa, S. A. Surakarta, and S. Widiati, “Penerapan Metode Design Thinking pada UI / UX Website SaveBite untuk Penjualan Sisa Makanan dalam Mengurangi Food waste dengan membuat platform online atau website penjualan makanan sisa atau donasi sisa menyelamatkan bumi kita dari sisa makanan yang akan,” no. 3, 2024.

Ratna Nur Fadilah and Dhian Sweetania, “Perancangan Design Prototype UI/UX Aplikasi Reservasi Restoran Dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Ilm. Tek., vol. 2, no. 2, pp. 132–146, 2023, doi: 10.56127/juit.v2i2.826.

K. Maulida, P. Hasyim, D. Eridani, and A. S. Nugroho, “Perancangan Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Forestrytech Menggunakan Metode Design Thinking User Interface Design and User Experience Planning of Forestrytech Application Using Design Thinking Method,” vol. 3, no. 1, pp. 11–18, 2024, doi: 10.14710/jtk.v3i1.44155.

I. Maryati, “Evaluasi Tingkat Kebergunaan Prototipe Repository Perpustakaan dengan Guerilla Usability Testing,” J. Inf. Syst. Hosp. Technol., vol. 5, no. 2, pp. 70–75, 2023, doi: 10.37823/insight.v5i2.320.

Y. Eprianti, Y. Rabeta, and M. Nisusmiati, “Analisis efektivitas dan efisiensi penggunaan mobile banking terhadap transaksi nasabah pada bank bri unit garuda cabang kota Lubuklinggau,” Ekon. , Bisnis dan Manaj., vol. 1, no. 3, pp. 223–234, 2023.

M. S. Tuloli, R. Patalangi, and R. Takdir, “Pengukuran Tingkat Usability Sistem Aplikasi E-Rapor Menggunakan Metode Usability Testing dan SUS,” Jambura J. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 13–26, 2022, doi: 10.37905/jji.v4i1.13411.

A. H. A. Pratama, "Desain Interaksi Aplikasi Crowdfunding Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Mobile Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) (Studi kasus: UMKM mahasiswa UII)," Tugas Akhir Sarjana, Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, 2022.

E. Sudaryanto, D. Wahjudi, and T. Watiningsih, “Penerapan Metode Design Thingking Pada Perancangan Ui / Ux Aplikasi Perpustakaan,” vol. 24, no. 2, pp. 69–76, 2023.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-19

Cara Mengutip

Junitasari, R., & Kresna A, I. (2024). Implementasi Design Thinking pada Desain UI/UX Aplikasi Donasi Berbasis Konser Amal untuk Meningkatkan Partisipasi Publik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 4(7), 285-298. https://doi.org/10.52436/1.jpti.517