Evaluasi Website P3T LPPM Universitas Jenderal Soedirman menggunakan Metode System Usability Scale
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.475Kata Kunci:
evaluasi, LPPM, Pendidikan, system usability scale, websiteAbstrak
P3T (Pusat Pengembangan dan Penerapan Teknologi) LPPM Universitas Jenderal Soedirman memiliki website yang diakses oleh mahasiswa untuk kebutuhan layanan dan informasi. Evaluasi website lembaga perguruan tinggi penting dilakukan agar pengguna baik itu mahasiswa atau civitas akademik lainnya merasa nyaman dan selalu mengunjungi website. Hasil evaluasi website juga bisa dijadikan dasar pengembangan website lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi usability pada website P3T LPPM UNSOED antara mahasiswa serta membandingkan hasilnya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan kuesioner System Usability Scale. Kuesioner disebar melalui lembaga mahasiswa universitas dan media sosial. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik perhitungan skor System Usability Scale kemudian hasilnya dibandingkan dengan grading scale. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor SUS responden memiliki skor 63.73 Dengan keterangan grade scale C-, adjective rating Good, Acceptability marginal dan NPS passive. Responden menilai bahwa website P3T LPPM UNSOED memiliki skor 62.62 dengan grade scale D, kemampuan cukup baik pada aspek learnability, efficiency, dan memorability; memiliki skor 64.85 dengan grade scale C- pada aspek kesalahan (errors) yang perlu diperbaiki; dan memiliki skor 62.99 dengan grade scale C- pada aspek satisfication yang membuat pengguna kurang puas dengan kinerja website. Nilai usability website P3T LPPM UNSOED belum dapat diterima dengan baik oleh responden karena skor tergolong rendah dan di bawah acceptable.
Unduhan
Referensi
E. Masnawati dkk., “Sinergisitas Peran dan Fungsi LPPM Tridarma Perguruan Tinggi dalam Optimalisasi Kampus Merdeka,” Journal on Education, vol. 05, no. 02, hlm. 4050–4062, 2023.
I. Gede dkk., “Evaluasi dan Redesign Website Menggunakan System Usability Scale dan Automated Software Testing,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 11, no. 1, hlm. 18–28, 2022, doi: 10.23887/jst-undiksha.v11i1.
H. Simatupang, S. Widowati, dan R. R. Riskiana, “Evaluasi Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Menggunakan Metode WEBUSE dan Importance-Performance Analysis (IPA),” e-Proceeding of Engineering, vol. 7, no. 3, hlm. 9804–9821, Des 2020, Diakses: 8 April 2024. [Daring]. Tersedia pada: www.disbudpar.go.id
I. Larasati, “EVALUASI PENGGUNAAN WEBSITE UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING,” Tangerang, Apr 2020. [Daring]. Tersedia pada: www.dictio.id
A. Fatmawati, “Evaluasi Usability pada Learning Management System OpenLearning Menggunakan System Usability Scale,” INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, vol. 6, no. 1, hlm. 120, Jun 2021, doi: 10.35314/isi.v6i1.1881.
A. Suprapto dan D. Sasongko, “EVALUASI PERFORMA WEBSITE BERDASARKAN PENGUJIAN BEBAN DAN STRESS MENGGUNAKAN LOADIMPACT (STUDI KASUS WEBSITE IAIN SALATIGA),” Network Engineering Research Operation, vol. 6, no. 1, hlm. 31, Apr 2021, doi: 10.21107/nero.v6i1.198.
T. Yusuf, R. Ar-Rasyid, B. T. Hanggara, dan A. Rachmadi, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Website Beasiswa Universitas Brawijaya Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 6, hlm. 2308–2317, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id
I. F. Widodo, Y. Priyadi, dan R. R. Riskiana, “Analisis dan Evaluasi Website Layanan Jasa Menggunakan Webqual 4.0 dan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” Techno.Com, vol. 20, no. 4, hlm. 588–600, Nov 2021, doi: 10.33633/tc.v20i4.5260.
M. L. Nuriman dan N. Mayesti, “EVALUASI KETERGUNAAN WEBSITE PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS INDONESIA MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE,” BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, vol. 41, no. 2, hlm. 253–269, Des 2020, doi: 10.14203/j.baca.v41i2.622.
N. Saputra dkk., “ANALISIS DAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PaTik BALI DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ),” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 8, no. 2, hlm. 217–226, 2021, doi: 10.25126/jtiik.202182763.
Samara A dan M. Susanti, “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Pengguna Dan Kepuasan PelangganTerhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penggunaan Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet)di Kalangan Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma,” JURA: JURNAL RISET AKUNTANSI, vol. 1, no. 2, hlm. 249–260, 2023.
C. Husnul Fitri dan F. Rahma, “Evaluasi dan Perbaikan Tampilan Desain Antarmuka Pengguna Web Jogja Center dengan Metode Human-Centered Design,” AUTOMATA, vol. 3, no. 1, hlm. 1–7, 2022, doi: 2721-1940.
A. P. Nurrachman, Y. Priyandari, dan Y. Yuniaristanto, “Pengujian Usability pada Aplikasi Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Diponegoro berbasis Android,” Techno.Com, vol. 21, no. 3, hlm. 534–542, Agu 2022, doi: 10.33633/tc.v21i3.6307.
A. Y. Pangestu, R. Safe’i, A. Darmawan, dan H. Kaskoyo, “Evaluasi Usability pada Web GIS Pemantauan Kesehatan Hutan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” MATRIK?: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 20, no. 1, hlm. 19–26, Sep 2020, doi: 10.30812/matrik.v20i1.709.
J. Sauro dan J. R. Lewis, Quantifying the User Experience: Practical Statistics for User Research, Second Edition. 2016. hlm. 198.