Pengembangan E-book Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing untuk Meningkatkan Literasi Mahasiswa Asing

Penulis

  • Uki Hares Yulianti Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Dian Alviani Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Lalita Melasarianti Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Nur Indah Sholikhati Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.469

Kata Kunci:

Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), e-book, keterampilan membaca, literasi, mahasiswa asing

Abstrak

Bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) merupakan suatu program yang dirancang khusus untuk memberikan pembelajaran bagi penutur asing yang hendak mempelajari bahasa Indonesia. Antusiasme warga negara asing mengalami peningkatan dalam mempelajari Bahasa Indonesia dengan peningkatan tiap tahunnya, tetapi sayangnya tidak bertambahnya bahan ajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book digital keterampilan membaca Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) guna meningkatkan literasi mahasiswa asing tingkat menengah. Pendekatan pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis awal dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan literasi mahasiswa asing tingkat menengah dalam membaca teks Bahasa Indonesia. Desain e-book dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik mahasiswa asing, termasuk elemen-elemen multimodal seperti teks, gambar, audio, dan video. Proses pengembangan melibatkan pembuatan konten e-book yang mendukung pengembangan keterampilan membaca dan pemahaman bahasa Indonesia. Pemanfaatan teknologi digital diintegrasikan untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan beragam. Implementasi e-book dilaksanakan melalui sesi pembelajaran yang melibatkan pemelajar BIPA. Respons dan tanggapan mahasiswa terhadap e-book diamati untuk mengevaluasi efektivitasnya. Evaluasi dilakukan untuk menilai keberhasilan pengembangan e-book keterampilan membaca BIPA. Data dari evaluasi digunakan untuk mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan guna meningkatkan kualitas e-book. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan e-book dalam meningkatkan literasi mahasiswa asing dalam membaca teks Bahasa Indonesia. E-book ini juga dapat digunakan secara mandiri untuk mahasiswa asing dalam meningkatkan literasi bahasa Indonesia. Bahan ajar digital ini dapat dijadikan sumber referensi untuk pengembangan metode pembelajaran BIPA berbasis teknologi di tingkat perguruan tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

F. Pangesti, A.B. Wurianto, "Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstual-Komunikatif," in Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 7, No. 2, 2018, doi: 10.31571/bahasa.v7i2.1015

I. Violensi, "Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Tingkat Menengah untuk Pembelajaran BIPA Daring," in Jurnal Pendidikan, Vol 6, No. 7, 2021, doi: 10.17977/jptpp.v6i7.14925

H.J. Saputra, N.I. Faizah, "Pengembangan Buku Ajar untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar," in Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol 4, No. 1, pp 62-74, 2017, doi: 10.23917/ppd.v1i1.3956

M.B. Siroj, "Pengembangan Model Integratif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Ranah Sosial Budaya Berbasis ICT bagi Penutur Asing Tingkat Menengah," in Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 4, No 1, 2015, doi: 10.15294/jpbsi.v4i2.11305

Y. Purwiyanti, "Strategi Komunikasi Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) asal Filipina," in Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, Vol 6, No 2, 2017, doi: 10.26499/rnh.v6i2.448

A. Prastowo, Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Z.G.B. Puspita," Pengembangan Bahan Ajar Membaca

untuk Pelajar BIPA Tingkat Pemula," in Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol 6, No.5, 2021, doi: 10.17977/jptpp.v6i5.14851

I.Z. Bursan and R.T. Fatimah, " Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Lokal Bagi Penutur Asing (BIPA)," in Jurnal Pena, Vol 6, No. 2, 2019

R. Syukron., dkk, "Pemanfaatan Laman BIPA Daring sebagai Media Pembelajaran BIPA Berkonteks Kearifan Lokal di ASEAN," in Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), Vol 4, No. 1, 2022, doi 10.26499/jbipa.v4i1.4723

F. Putrawansyah, dkk., "Pengembangan Digital Book Berbasis Android Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Menengah Atas, " in IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, Vol 5, No. 4, pp 39-48, 2016, doi: 10.55181/ijns.v5i4.1442

S. Huda, E. Inderasari, and R.Erawati, “Pemanfaatan Aplikasi SPAI untuk Mahasiswa Asing dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia,” in Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), Vol. 3, No. 1, pp 1-11, 2021, doi 10.26499/jbipa.v3i1.3391

S. Huda, “Pemanfaatan Aplikasi SIPEBI untuk Pemelajar BIPA,” in Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), Vol. 3, No. 2, pp 78-85, 2021, doi: 10.26499/jbipa.v3i2.4201

S.A. Ningsih, "Analisis Kebutuhan Materi Ajar Membaca BIPA A1 dengan Pendekatan Deduktif di SD D’Royal Moroco," in Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, Vol 2, No 2, 2018, doi: 10.26858/pembelajar.v2i2.5974

Y.R. Azizan, dkk, "Bahan Ajar Menyimak Teks Eksposisi Berbasis Website untuk Pelajar BIPA Tingkat Madya," in Jurnal Pendidikan, Vol 6, No. 6, 2021, doi: 10.17977/jptpp.v6i6.14893

A. Nurul Ilma, U. Hares Yulianti, and M. Riyanton, “Pengembangan Buku Saku sebagai Bahan Ajar dalam Meningkatkan Pengetahuan Kosakata Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Pemula di Unsoed,” in Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa, pp. 141–148, 2022

R.A.H. Cahyadi, "Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model," in Halaqa: Islamic Education Journal, Vol 3, No. 1, 2019, doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124

D. Nurjanah, Terampil Berbahasa, Bandung: Alfabeta, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.

A. Hamzah, Metode Penelitian & Pengembangan Research&Development, Batu: Literasi Nusantara, 2020.

D.R. Proklawati, G. Susasnto, "Pengembangan Bahan Ajar BIPA Membaca untuk Pemula Bermuatan Budaya Jawa Timur," in Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol. 6, No. 1, pp17-23, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14372

R.P. Ramadhani, dkk, "Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing tingkat Pemula," in Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol 1., No.3, pp 326-337, 2016, doi: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6155.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-13

Cara Mengutip

Yulianti, U. H., Alviani, D., Melasarianti, L. ., & Sholikhati, N. I. (2024). Pengembangan E-book Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing untuk Meningkatkan Literasi Mahasiswa Asing. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 4(6), 257-268. https://doi.org/10.52436/1.jpti.469