Optimalisasi Produksi Keset dengan Frame Antropometrik untuk Anak Down Syndrome di Panti Bina Siwi
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.459Kata Kunci:
Antropometrik, Down Syndrome, Keset, Pelatihan, Training of TrainerAbstrak
Program ini dilakukan karena adanya kendala pada keterbatasan alat dan efisiensi kerja dalam pembuatan keset di panti asuhan Bina Siwi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan produksi keset pada anak dengan down syndrome melalui pengembangan alat berbasis antropometrik dan pelatihan manajerial. Metode yang digunakan meliputi pembuatan alat, pelatihan pengasuh dengan metode Training of Trainer (ToT), dan penerapan K3. Hasil menunjukkan peningkatan efisiensi waktu produksi keset dari 10 hari menjadi 5 hari dan peningkatan kualitas produk. Program ini berkontribusi pada pemberdayaan ekonomi panti dan memberikan model pelatihan yang dapat diadopsi oleh komunitas lain.
Unduhan
Referensi
H. M. Metavia and R. Widyana, “Pengaruh down syndrome terhadap perkembangan akademik anak di indonesia,” Jurnal Wacana Kesehatan, vol. 7, no. 2, pp. 54-60, 2022, https://doi.org/10.52822/jwk.v7i1.403.
A. Novanita, "Pola Asuh Orang Tua pada Anak Penyandang Down syndrome (Studi Kasus pada Peserta Didik SLB Negeri Jember, Kabupaten Jember)", Bachelor thesis, Universitas Jember, 2018.
Irwanto, “Kesiapan Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro dalam Melaksanakan Praktik Industri”, Jurnal Taman Vokasi, vol. 7, no. 2, pp. 96-104, 2019, https://doi.org/10.30738/jtv.v7i2.6297.
Ika Nurzahra, Hijriati, Della Difa, and Yuliana, “Analisis Pembelajaran Anak Down syndrome terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Rumoh Terapi Tabina Banda Aceh”, Jurnal STAI Muafi Sampang, vol. 2, no. 2, pp. 75–82, 2024, https://doi.org/10.62005/joecie.v2i2.68.
A. Efendy and Zulmiyetri, “PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBASIS ANALISIS TUGAS TERHADAP KETERAMPILAN MENANAM KUNYIT BAGI ANAK DOWN SYNDROME,” Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, vol. 7, no. 1, pp. 77-84, 2019.
K. Indonesia, "Panti Asuhan Disabilitas Bina Siwi", Kapiler Indonesia, Available at: https://kapilerindonesia.com/detailpanti/detail/305 [Diakses 05 Desember 2024]
Agungnoe, "Mengubah Cara Pandang Inklusif Anak Disabilitas Panti Asuhan Bina Siwi Melalui Kesenian", Universitas Gadjah Mada, Available at: https://ugm.ac.id/id/berita/mengubah-cara-pandang-inklusif-anak-disabilitas-panti-asuhan-bina-siwi-melalui-kesenian/ [Diakses 06 Desember 2024]
R. Setiawan and L. H. Muttaqin, “Sosialisasi Pembelajaran Anak Down syndrome di Sekolah PAUD Inklusi,” Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus, vol. 1, no. 2, pp. 40–47, 2023, https://doi.org/10.31849/jppkhlectura.v1i2.17907.
A. Muslich, H. Susanto, M. Z. Arif, A. Ariyanto, A. K. Rois, D. D. Erwahyudin, and S. Arifin, “POTENSI PENANAMAN SIKAP KEMANDIRIAN DAN NILAI RELIGIUS PADA KELUARGA KAMPUNG IDIOT DI PONOROGO,” MUADDIB, vol. 11, no. 02, pp. 100-115, 2021, http://dx.doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.4345.
D. Arifa, Amedia, A. D. Pramesty, N. Afiah, A. Triandani, A. Hanif, C. Bintang, A. R. Hasbi, and Sapar, "Pemanfaatan Kain Perca Menjadi Kerajinan Keset yang Bernilai Jual", VIVABIO, vol. 4, no. 2, pp. 38-45, 2022, https://doi.org/10.35799/vivabio.v4i1.40276.
L. Savitri. N, Mulyadi, and T. Indriati, " PEMBERDAYAAN KELOMPOK USAHA PEMBUATAN KESET KAIN DARI LIMBAH KAIN BAGI IBU–IBU RUMAH TANGGA DI KRANGGAN- BEKASI", SULUH, vol. 01, no. 01, pp. 41-45, 2019, https://doi.org/10.35814/suluh.v1i1.972.
A. E. M. Lumbantoruan, “ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROSES PENGERJAAN PROYEK REVITALISASI DANAU SIPIN (Lanjutan) KOTA JAMBI PT. BUMI DELTA HATTEN”, Bachelor thesis, Universitas Jambi, 2021.
Sajiyo, J. Purnama, and S. Imam Yudhiansyah, “Pengembangan Alat Produksi Tahu Dengan Pendekatan Antropometri Untuk Peningkatan Produktifitas dan Penurunan Kecelakaan Kerja”, in Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, Surakarta, pp. 1–10, 2019.
D. Yulida, N. Warnandi, and D. Kurniadi, “MODEL KONSIDERASI UNTUKMELATIH KETERAMPILAN SOSIAL ANAKDENGAN HAMBATAN EMOSI DAN PERILAKU”, JASSI ANAKKU, vol. 18, no. 2, pp. 15-21, 2017, https://doi.org/10.17509/jassi.v17i2.9689.
Hallahan, D. P., Pullen, P. C., Kauffman, J. M., & Badar, J, "Exceptional Learners", Penerbit Oxford University Press, 2020.