Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Budaya Banyumas untuk Pemelajar BIPA 1 di Unsoed
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.452Kata Kunci:
bahan ajar digital, BIPA, budaya banyumasAbstrak
Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) merupakan sebuah program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia bagi penutur asing. BIPA International Relation Office (IRO) Universitas Jenderal Soedirman menjadi salah satu lembaga pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing yang berada di Purwokerto, Banyumas. Keterbatasan bahan belajar mandiri menyebabkan pemelajar kurang aktif dalam pembelajaran. Materi dalam bahan ajar masih bersifat umum dan belum sesuai kebutuhan pemelajar sehingga membutuhkan penyesuaian. Dengan mengikuti perkembangan teknologi, pemilihan bahan ajar dalam bentuk digital dapat memuat informasi sesuai kebutuhan pemelajar tanpa terbatas ruang dan waktu. Selain itu, materi yang sesuai konteks, budaya, dan kebutuhan pemelajar dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu pemelajar untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan penduduk lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan pengembangan bahan ajar digital bermuatan budaya Banyumas bagi pemelajar BIPA 1 di Unsoed. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil analisis kebutuhan dalam penelitian ini disesuaikan dengan tujuan dan kondisi penelitian yang sebenarnya. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara dan pengisian angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kebutuhan pengajar dan pemelajar terhadap bahan ajar digital bermuatan budaya Banyumas bagi pemelajar BIPA 1 di Unsoed. Pengembangan bahan ajar digital diharapkan dapat memberikan kemudahan aksesibilitas bagi pengajar dan pemelajar sesuai dengan preferensi dan kebutuhan dalam pembelajaran BIPA 1. Selain itu, penggunaan bahan ajar digital diharapkan dapat meningkatkan kosakata dan memberikan pengalaman budaya Banyumasan bagi pemelajar BIPA.
Unduhan
Referensi
Y. Arikarani and M. F. Amirudin, “Pemanfaatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran dimasa pandemi,” Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, vol. 4, no. 1, pp. 93–116, 2021, doi: 10.37092/ej.v4i1.296.
A. Nurul Ilma, U. Hares Yulianti, and M. Riyanton, “Pengembangan Buku Saku sebagai Bahan Ajar dalam Meningkatkan Pengetahuan Kosakata Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Pemula di Unsoed,” in Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa, 2022, pp. 141–148.
H. Rahmadani, Y. Roza, and A. Murni, “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Teknologi Informasi di SMA IT Albayyinah Pekanbaru,” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), vol. 1, no. 1, pp. 91–98, 2018, doi: 10.24014/juring.v1i1.5230.
M. Chairudin and R. M. Dewi, “Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 3, pp. 951–962, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i3.491.
N. Utami and I. R. W. Atmojo, “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 6300–6306, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1716.
L. Zuliana, Y. Yunarti, and D. L. Sulistiowati, “Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Berbasis Kontekstual pada Materi Relasi dan Fungsi,” Journal of Mathematics Educariton, vol. 2, no. 1, pp. 84–95, 2021, Accessed: Nov. 10, 2024. [Online]. Available: https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/linear/article/download/3815/2529/
A. D. Saputra, S. Sumarwati, and A. Anindyarini, “Development of BIPANESIA Application Learning Media Based on Local Culture for Indonesian Language for Foreign Speakers (BIPA) Student,” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, vol. 11, no. 1, pp. 513–533, 2024, doi: 10.18415/ijmmu.v11i1.5477.
A. Nurul Ilma, U. Hares Yulianti, and M. Riyanton, “Pengembangan Buku Saku sebagai Bahan Ajar dalam Meningkatkan Pengetahuan Kosakata Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Pemula di Unsoed,” in Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa, 2022, pp. 141–148.
A. D. Saputra, S. Sumarwati, and A. Anindyarini, “Development of BIPANESIA Application Learning Media Based on Local Culture for Indonesian Language for Foreign Speakers (BIPA) Student,” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, vol. 11, no. 1, pp. 513–533, 2024, doi: 10.18415/ijmmu.v11i1.5477.
C. As’ ari, “Pengembangan Modul Elektronik Keterampilan Berbicara BIPA 1 dengan Pendekatan Komunikatif bagi Pemelajar Diaspora Anak-anak,” UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra, vol. 19, no. 1, pp. 17–30, 2023, doi: 10.26499/und.v19i1.5668.
M. Rohmadi, “Text Book as a Java Culture Recognition Media in Indonesian Learning for Foreign Speakar (BIPA) in Sebelas Maret University,” International Journal of Educational Research Review, vol. 4, no. 3, pp. 427–434, 2019, doi: 10.2433/ijere.573944.
A. D. Saputra, S. Sumarwati, and A. Anindyarini, “Development of BIPANESIA Application Learning Media Based on Local Culture for Indonesian Language for Foreign Speakers (BIPA) Student,” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, vol. 11, no. 1, pp. 513–533, 2024, doi: 10.18415/ijmmu.v11i1.5477.
I. Suyitno, G. Susanto, M. Kamal, and A. Fawzi, Perilaku Belajar dan Pembelajaran BIPA, Acuan Dasar Pengembangan Literasi Komunikatif Pelajaran BIPA. Bandung: Refika Aditama, 2018.
R. M. Branch, Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer, 2009.
A. N. Rangkuti, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka Media, 2016.
A. T. J. Harjanta and B. A. Herlambang, “Rancang Bangun Game Edukasi Pemilihan Gubernur Jateng Berbasis Android dengan Model ADDIE,” Jurnal Transformatika, vol. 16, no. 1, pp. 91–97, 2018, doi: 10.26623/transformatika.v16i1.894.
R. M. Branch, Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer, 2009.
W. P. Angin, “Keefektifan Penggunaan Google Form untuk Mengumpulkan Tugas Siswa pada Masa Pandemi Covid-19,” Universitas Jambi, 2021. Accessed: Nov. 11, 2024. [Online]. Available: https://repository.unja.ac.id.
A. D. Saputra, S. Sumarwati, and A. Anindyarini, “Development of BIPANESIA Application Learning Media Based on Local Culture for Indonesian Language for Foreign Speakers (BIPA) Student,” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, vol. 11, no. 1, pp. 513–533, 2024, doi: 10.18415/ijmmu.v11i1.5477.
A. Nurul Ilma, U. Hares Yulianti, and M. Riyanton, “Pengembangan Buku Saku sebagai Bahan Ajar dalam Meningkatkan Pengetahuan Kosakata Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Pemula di Unsoed,” 2023.
A. D. Saputra, S. Sumarwati, and A. Anindyarini, “Development of BIPANESIA Application Learning Media Based on Local Culture for Indonesian Language for Foreign Speakers (BIPA) Student,” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, vol. 11, no. 1, pp. 513–533, 2024, doi: 10.18415/ijmmu.v11i1.5477.
M. Rohmadi, “Text Book as a Java Culture Recognition Media in Indonesian Learning for Foreign Speakar (BIPA) in Sebelas Maret University,” International Journal of Educational Research Review, vol. 4, no. 3, pp. 427–434, 2019, doi: 10.2433/ijere.573944.
E. Munisah, “Model Desain Multimedia Pembelajaran,” Edukasi Lingua Sastra, vol. 17, no. 2, pp. 139–150, 2019, doi: 10.47637/elsa.v17i2.46.
M. Chairudin and R. M. Dewi, “Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 3, pp. 951–962, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i3.491.
A. Nurul Ilma, U. Hares Yulianti, and M. Riyanton, “Pengembangan Buku Saku sebagai Bahan Ajar dalam Meningkatkan Pengetahuan Kosakata Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Pemula di Unsoed,” in Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa, 2022, pp. 141–148.
A. D. Saputra, S. Sumarwati, and A. Anindyarini, “Development of BIPANESIA Application Learning Media Based on Local Culture for Indonesian Language for Foreign Speakers (BIPA) Student,” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, vol. 11, no. 1, pp. 513–533, 2024, doi: 10.18415/ijmmu.v11i1.5477.
E. Munisah, “Model Desain Multimedia Pembelajaran,” Edukasi Lingua Sastra, vol. 17, no. 2, pp. 139–150, 2019, doi: 10.47637/elsa.v17i2.46.