Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Gymbros Menggunakan Metode Design Thinking

Authors

  • Victoria Valensita Robert Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa, Universitas Multi Data Palembang, Indonesia
  • Andreyas Andreyas Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa, Universitas Multi Data Palembang, Indonesia
  • Fanny Krisvyanti Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa, Universitas Multi Data Palembang, Indonesia
  • Michael Roda Robert Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa, Universitas Multi Data Palembang, Indonesia
  • Muhyi Haadi Sewithto Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa, Universitas Multi Data Palembang, Indonesia
  • Stephen Wijaya Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa, Universitas Multi Data Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.417

Keywords:

Aplikasi Seluler, GymBros, Pengalaman Pengguna, Tampilan Pengguna

Abstract

Kesehatan adalah aspek vital dalam kehidupan manusia, namun kesibukan sehari-hari seringkali menghambat upaya menjaga kesehatan. Banyak individu mencari solusi untuk hidup sehat meski waktu terbatas dengan mengurangi stres, makan sehat, dan rutin berolahraga. Fitness center cukup populer bagi masyarakat modern. Namun, terdapat beberapa tantangan bagi masyarakat seperti kurangnya informasi dalam melakukan gerakan saat workout yang dapat menyebabkan cedera. Kami mengembangkan aplikasi GymBros untuk menyediakan layanan personal trainer dan konsultasi gizi secara mudah dan terjangkau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Design Thinking yang meliputi empathize, define, ideate, prototype, dan test. Dengan fitur relevan dan pembayaran digital fleksibel, GymBros memfasilitasi masyarakat untuk mencapai tujuan kebugaran secara praktis dan terjangkau, serta meningkatkan pengalaman pengguna dalam menjaga kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adminkes, “Pentingnya Menjaga Kesehatan,” dikes.pohuwatokab.go.id, 2018. https://dikes.pohuwatokab.go.id/penting-jaga-kesehatan/ (accessed May 26, 2024).

F. R. Makarim, “Hidup Sehat,” halodoc.com, 2022. https://www.halodoc.com/kesehatan/hidup-sehat (accessed May 26, 2024).

N. Romdlon, “8 alasan ini yang bikin orang hobi banget fitness,” brilio.net, 2015. https://www.brilio.net/news/ternyata-8-alasan-ini-yang-bikin-orang-hobi-banget-fitness-151030o.html (accessed May 26, 2024).

Y. Kim, R. Kim, J. Soh, and K. Choi, “??? 1 , ??? ? , ??? 1 , ??? 1,” vol. 18, no. 5, pp. 458–465, 2013.

A. M. Safitri, “8 Kesalahan Saat Olahraga yang Sering Dilakukan Oleh Pemula,” hellosehat.com, 2023. https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-lainnya/kesalahan-olahraga-untuk-pemula/ (accessed May 26, 2024).

L. Noteboom, E. Kemler, A. M. C. van Beijsterveldt, M. J. M. Hoozemans, F. C. T. van der Helm, and E. A. L. M. Verhagen, “Factors associated with gym-based fitness injuries: A case-control study,” JSAMS Plus, vol. 2, p. 100032, Jan. 2023, doi: 10.1016/J.JSAMPL.2023.100032.

A. Irfansyah, “5 Tahap Design Thinking yang Perlu Kamu Pahami,” eduparx.id, 2022. https://eduparx.id/blog/insight/5-tahap-design-thinking/ (accessed May 26, 2024).

W. Mukhtaromin, “Mengenal Design Thinking,” bppk.kemenkeu.go.id, 2022. https://bppk.kemenkeu.go.id/balai-diklat-keuangan-pontianak/artikel/mengenal-design-thinking-278789#:~:text=Design thinking adalah sebuah pendekatan,untuk bisa menghasilkan keuantungan bisnis (accessed May 26, 2024).

R. Mahfunda, “Apa itu Design Thinking?,” medium.com, 2019. https://medium.com/design-jam-indonesia/apa-itu-design-thinking-63c8416c9dd0 (accessed May 26, 2024).

Nandy, “Design Thinking: Pengertian, Tahapan, dan Contoh Penerapannya,” gramedia.com, 2020. https://www.gramedia.com/literasi/design-thinking/#1_Empathize (accessed May 26, 2024).

R. Nurchaliza, “Design Thinking: Panduan Lengkap dan Tahapan Prosesnya,” bce.telkomuniversity.ac.id, 2024. https://bce.telkomuniversity.ac.id/design-thinking-panduan-lengkap-dan-tahapan-prosesnya/ (accessed May 26, 2024)..

Published

2024-09-23

How to Cite

Valensita Robert, V., Andreyas, A., Krisvyanti, F., Roda Robert, M., Haadi Sewithto, M., & Wijaya, S. (2024). Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Gymbros Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 4(3), 85-89. https://doi.org/10.52436/1.jpti.417