Perancangan Ulang Antarmuka Pengguna dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Fello Menggunakan Metode Design Thinking dan System Usability Scale
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.842Keywords:
Design Thinking, Fello, System Usability Scale, User Experience, User InterfaceAbstract
Kemajuan teknologi terus mendorong aplikasi digital untuk mengutamakan kenyamanan dan kemudahan pengguna. Fello, platform e-money komunitas besutan PT Jatelindo Perkasa Abadi, menghadapi kendala dalam memberikan pengalaman pengguna yang optimal akibat desain UI/UX yang kurang memadai. Keluhan seperti kesulitan navigasi dan tampilan yang tidak intuitif menjadi pemicu utama perlunya pembaruan desain. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang aplikasi Fello agar lebih responsif terhadap kebutuhan pengguna melalui pendekatan inovatif. Metodologi yang digunakan adalah design thinking, yang mencakup lima tahapan: memahami pengguna (Empathize), mendefinisikan masalah (Define), menghasilkan ide (Ideate), menciptakan prototipe (Prototype), dan mengujinya (Test). Untuk mengukur tingkat kegunaan, dilakukan evaluasi menggunakan System Usability Scale melalui survei, wawancara, dan observasi langsung terhadap pengguna aktif. Hasil evaluasi awal menunjukkan skor SUS hanya mencapai 32, jauh dari ambang batas minimal 68. Setelah implementasi desain ulang, skor meningkat drastis menjadi 75,4, mengindikasikan pengalaman pengguna yang jauh lebih baik. Perubahan signifikan meliputi fitur login biometrik seperti fingerprint dan face ID, desain ikon yang lebih modern, dan tampilan landing page yang lebih ramah pengguna. Penelitian ini menunjukkan bahwa Design Thinking sangat efektif dalam menyelesaikan masalah desain UI/UX secara kreatif. Evaluasi System Usability Scale membuktikan peningkatan yang signifikan dalam kenyamanan dan kepuasan pengguna. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan aplikasi berbasis kebutuhan pengguna dan menjadi referensi strategis untuk meningkatkan daya saing aplikasi di era digital.
Downloads
References
A. Fadzar, M. A. Azkiya, N. A. V. Husaine, and A. N. Fadillah, “RANCANGAN ULANG UI/UX WEBSITE SISTEM INFORMASI KELAUTAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4613.
M. N. M. Al-Faruq, S. Nur’aini, and M. H. Aufan, “PERANCANGAN UI/UX SEMARANG VIRTUAL TOURISM DENGAN FIGMA,” Walisongo Journal of Information Technology, vol. 4, no. 1, pp. 43–52, Aug. 2022, doi: 10.21580/wjit.2022.4.1.12079.
S. N. Islami and M. Dody Firmansyah, “EVALUASI UI/UX DARI APLIKASI IKMAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN PENGUJIAN PENGGUNA,” Rabit?: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. 9, no. 1, pp. 29–38, Dec. 2023, doi: 10.36341/rabit.v9i1.4116.
Ilham Firman Ashari and Rahmat Rizky Muharram, “PENGEMBANGAN ANTARMUKA PENGGUNA KOLEPA MOBILE APP MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN SYSTEM USABILITY SCALE,” JSiI (Jurnal Sistem Informasi), vol. 9, no. 2, pp. 168–176, Sep. 2022, doi: 10.30656/jsii.v9i2.4993.
M. Iqbal Sain, M. Asep Rizkiawan, M. A. Maulana Rahmat, and M. Sidik, “OPTIMALISASI PENGALAMAN PENGGUNA: REDESIGN UI/UX WEBSITE SIMAKIP UHAMKA DENGAN METODE DESIGN THINKING.,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 1, Jan. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i1.5479.
M. Kurnia Sari, A. Sidauruk, M. Farid Fauzi, and D. Adi Satria, “Some rights reserved BY-NC-SA 4.0 International License REDESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE WEBSITE PENJUALAN BATIK MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING 1),” RABIT?: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. 9, no. 2, pp. 381–387, Jul. 2024, doi: 10.36341/rabit.v9i2.4740.
M. F. Widiyantoro, N. Heryana, A. Voutama, and N. Sulistiyowati, “INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking,” INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, vol. 7, no. 1, pp. 1–10, Dec. 2022, doi: 7392-3282bit/vy.
I. Adhiya Adha et al., “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI OGAN LOPIAN DISKOMINFO PURWAKARTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, vol. 7, no. 1, 2023, doi: 27463-383293bity/vy.
E. Z. Dewi, M. Fransisca, R. I. Handayani, and F. L. D. Cahyanti, “Analysis and Design of UI/UX Mobile Applications for Marketing of UMKM Products Using Design Thinking Method,” Sinkron, vol. 7, no. 4, pp. 2329–2339, Oct. 2022, doi: 10.33395/sinkron.v7i4.11505.
R. Komalasari, R. H. Tsalitsa, Z. Munawar, and N. I. Putri, “Metode Design Thinking UI/UX Aplikasi UMKM Sanfresh,” Jurnal ICT?: Information Communication & Technology, vol. 23, no. 1, pp. 23–30, 2023, doi: 373228-3833bit/vy.
A. G. Pramesti, Q. J. Adrian, and Y. Fernando, “PERANCANGAN UI/UX PADA APLIKASI PEMESANAN BUKET MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: BOUQUET LAMPUNG),” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 3, no. 2, pp. 179–184, 2022, doi: 7338-3838bit/vy.
M. A. D. Pratama, Y. R. Ramadhan, and T. I. Hermanto, “Rancangan UI/UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 9, no. 4, p. 980, Aug. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4442.
S. Abimanyu and J. Sutopo, “Redesain User Interface Aplikasi BCA Mobile Banking Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Indonesia?: Manajemen Informatika dan Komunikasi, vol. 5, no. 1, pp. 905–912, Jan. 2024, doi: 10.35870/jimik.v5i1.580.
D. N. Puspitaningrum, I. Perdana, and N. I. Utama, “REDESIGN UI/UX WEBSITE OPEN LIBRARY TELKOM UNIVERSITY BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN INFLUENCE DENGAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Indonesia?: Manajemen Informatika dan Komunikasi, vol. 4, no. 3, pp. 1874–1886, Sep. 2023, doi: 10.35870/jimik.v4i3.425.
A. Rayhaan Yusri, I. Faqihuddin Hanif, M. Daffa Al-farel, N. Zaandami, and M. Yasin, “Perancangan Desain UI/UX Berbasis Scan Barcode Dengan Metode Design Thinking Untuk Pemesanan Makanan,” Bulletin of Information Technology (BIT), vol. 5, no. 2, pp. 102–113, 2024, doi: 10.47065/bit.v5i2.1340.
D. Novianti, “REDESIGN USER INTERFACE WEBSITE UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4300.
A. Indah Pratiwi and S. Rani, “Implementasi Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Itinerary Wisata,” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, vol. 3, no. 6, pp. 249–258, Jul. 2023, doi: 10.52436/1.jpti.303.
E. R. Subhiyakto, M. R. Pratiwi, and S. A. Hapsari, “Redesigning Family Education Media Website Using Design Thinking Method and System Usability Scale,” JST (Jurnal Sains dan Teknologi), vol. 12, no. 1, Mar. 2023, doi: 10.23887/jstundiksha.v12i1.52791.
I. Kadek Tribuana Tungga Wibowo and dan I. Putu Agus Eka Pratama, “EVALUASI DAN RANCANG ULANG TAMPILAN ANTARMUKA WEBSITE MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE DAN DESIGN THINKING (Studi Kasus: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gianyar),” Jurnal Informatika dan Komputer, vol. 271, no. 2, pp. 271–278, Oct. 2023, doi: 10.35508/jicon.v11.i2.12654.