Transisi dari Pendidikan Tinggi Menuju Pekerjaan pada Mahasiswa Jurusan Sosiologi dan Ilmu Politik FISIP Universitas Jenderal Soedirman
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.837Keywords:
Kapitalisme tingkat lanjut, pendidikan tinggi, pemuda, transisi kerja, tracer study, zig-zag journeyAbstract
Pemuda bertransisi menuju tahap dewasa melalui dua medium yaitu pendidikan tinggi dan kerja. Setelah menyelesaikan pendidikan tinggi di universitas, pemuda berupaya untuk mengkonversi modal sosial yang didapat melalui pendidikan menjadi pekerjaan yang layak dan linear. Namun, pada era kapitalisme tingkat lanjut, proyeksi tersebut seringkali tidak berjalan lurus dan terjadi “zig-zag journey.” Artikel ini membahas proses transisi yang dialami pemuda sebagai mahasiswa di Jurusan Sosiologi dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jenderal Soedirman. Kebaruan artikel ini terletak pada pertama cara membaca proyeksi transisi pemuda dengan mengaitkan pemberian kurikulum di pendidikan tinggi sebagai cara memperoleh modal sosial menuju pekerjaan pasca pendidikan tinggi dan kedua dalam membaca transisi pasca pendidikan tinggi dikaitkan dengan linearitas, kapitalisme tingkat lanjut dan “zig-zag journey”. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan review literatur. Sumber data utama adalah dokumen kurikulum tahun 2020 dan tracer study dari Fakultas tahun 2022. Temuan artikel ini menunjukkan bahwa tiga parameter transisi mahasiswa setelah lulus kuliah yang didapat dari olahan data tracer study menunjukan arah yang maju untuk menuju tahapan dewasa. Meskipun demikian ketika melihat faktor-faktor yang berpengaruh terhadap transisi pemuda menuju dewasa di luar pendidikan tinggi, masih terdapat kemungkinan yang sangat besar yang membuat para pemuda terjebak “zig-zag journey”.
Downloads
References
O. R. Sutopo, “Perdebatan Perspektif Transisi dalam Kajian Kepemudaan,” J. Stud. Pemuda, vol. 11, no. 1, p. 1, 2022, doi: 10.22146/studipemudaugm.75260.
J. E. Côté, “Towards a new political economy of youth,” J. Youth Stud., vol. 17, no. 4, pp. 527–543, 2014, doi: 10.1080/13676261.2013.836592.
A. France and S. Threadgold, “Youth and Political Economy: Towards a Bourdieusian Approach,” J. Youth Stud., vol. 19, no. 5, pp. 612–628, 2016, doi: 10.1080/13676261.2015.1098779.
J. Bessant, R. and Farthing, and R. Watts, The Precarious Generation: A Political Economy of Young People. New York: Routledge, 2017.
J. Bessant, “Young precariat and a new work order? A case for historical sociology,” J. Youth Stud., vol. 21, no. 6, pp. 780–798, 2018, doi: 10.1080/13676261.2017.1420762.
D. Woodman, “Social Change and Generation,” in Youth and the New Adulthood Generations of Change, J. Wyn and et.al, Eds., Singapore: Springer Singapore, 2020, pp. 31–46. doi: https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-981-15-3365-5_3.
A. Utomo and O. R. Sutopo, “Pemuda, Perkawinan, dan Perubahan Sosial di Indonesia,” J. Stud. Pemuda, vol. 9, no. 2, p. 77, 2020, doi: 10.22146/studipemudaugm.60144.
R. D. Putri, P. R. Fahadi, A. P. Kusumaningtyas, A. Utomo, and O. R. Sutopo, “Navigating the Future Husband: Perempuan Muda, Negosiasi Pernikahan dan Perubahan Sosial,” J. Stud. Pemuda, vol. 9, no. 2, p. 90, 2020, doi: 10.22146/studipemudaugm.57996.
A. Imam, S. Putra, and A. Huwae, “Work-Life Balance and Psychological Well-Being in Early Adult Single Women of Javanese Ethnicity,” Sosiohumaniora, vol. 10, no. August, pp. 445–460, 2024.
A. P. Maharani, N. Martono, and W. Rizkidarajat, “The Behavior of Hustle Culture among Students in Faculty of Social and Political Science Jenderal Soedirman University,” Int. J. Multidiscip. Sci. Vol., vol. 2, no. 1, pp. 24–36, 2024.
M. Pabbajah, I. Abdullah, R. N. Widyanti, H. Jubba, and N. Alim, “Student demoralization in education:The industrialization of university curriculum in 4.0.Era Indonesia,” Cogent Educ., vol. 7, no. 1, pp. 0–14, 2020, doi: 10.1080/2331186X.2020.1779506.
O. R. Sutopo, “Transisi Kaum Muda Marginal Dan Reproduksi Kelas Sosial,” J. Anal. Sosiol., vol. 12, no. 3, pp. 589–609, 2023, doi: 10.20961/jas.v12i3.69657.
W. Rizkidarajat, H. P. Isna, R. Nethania, and P. M. Aulia, “Contextualization of Risk Society in the Reality of Digital Work in Purwokerto, Central Java, Indonesia,” Rev. Nuestramerica, no. 22, pp. 1–21, 2023, doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.10627713.
R. T. Fahmi, N. H. P. Meiji, and N. Hadi, “Dinamika Pekerja Muda Outsourcing: Kegembiraan dan Kerentanan Menuju Risiko Masa Depan,” J. Antropol. Isu-Isu Sos. Budaya, vol. 23, no. 1, pp. 37–46, 2021, doi: 10.25077/jantro.v23.n1.p37-46.2021.
Badan Pusat Statistik, “Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2024,” Jakarta, Indonesia, 2024.
P. Bourdieu, “The Forms of Capital,” in Handbook of Theory and Research for the Sociology of Education, J. Richardson, Ed., Westport: Greenwood Press, 1986, pp. 15–29.
R. Syahra, “Modal Sosial: Konsep dan Aplikasi,” J. Masy. Budaya, vol. 5, no. 1, pp. 1–22, 2003.
R. Mesra and H. P. Dolonseda, “Kolaborasi Perguruan Tinggi, UMKM, dan Masyarakat Dari Sudut Pandang Sosiologi Ekonomi,” JUPE J. Pendidik. Mandala, vol. 8, no. 2, pp. 481–486, 2023, doi: 10.58258/jupe.v8i2.5438.
M. A. H. Aznam and Z. Tahir, “Pengaruh Modal Sosial terhadap Pencapaian Pendidikan Kajian Kes di Sekolah Menengah Kebangsaan Bandar Baru Bangi,” J. Wacana Sarj., vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2019.
N. Handayani and A. Abdulkarim, “Value Learning: Integrasi Modal Sosial Bermuatan Nilai Kearifan Lokal Tradisi Perang Topat melalui Pembelajaran IPS,” Didakt. J. Kependidikan, vol. 13, no. 1, pp. 1051–1062, 2024, [Online]. Available: https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/365
F. Fatmawati and M. Kamal, “Modal Sosial Masyarakat dalam Pengembangan Pendidikan di MTsM Saniang Baka Kabupaten Solok,” J. Glob. Ilm., vol. 1, no. 6, pp. 347–353, 2024, doi: 10.55324/jgi.v1i6.61.
U. Beck, The Metamorphosis of the World. Malden, USA: Polity Press, 2016.
D. Chernilo, “One globalisation or many? Risk society in the age of the Anthropocene,” J. Sociol., vol. 57, no. 1, pp. 12–26, 2021, doi: 10.1177/1440783321997563.
O. R. Sutopo and M. N. Azca, “Transisi Pemuda Yogyakarta Menuju Dunia Kerja: Narasi dan Perspektif dari Selatan,” J. Univ. Paramadina, vol. 10, no. 2, pp. 698–719, 2013.
S. R.S, N. Martono, W. Rizkidarajat, A. Darmawan, E. Suyanto, and T. R. Widyastuti, “Implementasi Matakuliah Modul Nusantara Terhadap Interaksi Sosial pada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka,” Kaganga, vol. 6, no. 3, pp. 145–157, 2023, doi: https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i1.5788.
Y. B. Bhakti, M. R. R. Simorangkir, A. Tjalla, and A. Sutisna, “Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Perguruan Tinggi,” Res. Dev. J. Educ., vol. 8, no. 2, p. 783, 2022, doi: 10.30998/rdje.v8i2.12865.
Y. B. Jemadur and D. Wahjoeno, “Analisis Upaya Hukum Bagi Peserta Magang MBKM dalam Menuntut Hak-Hak Berdasarkan Sistem Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia,” Restor. Justice, vol. 8, no. 2, pp. 120–135, 2024, doi: https://doi.org/10.35724/jrj.v8i2.6430.
F. Nurliana, “Kerentanan Peserta Magang Melalui Program MBKM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang Mengikuti Magang Melalui program MBKM Sebagai Pekerja Prekariat),” Universitas Gadjah Mada, 2023.
D. Fatmawati, F. Isbah, and A. P. Kusumaningtyas, “Pekerja Muda dan Ancaman Deskilling-Skill Trap di Sektor Transportasi Berbasis Daring,” J. Stud. Pemuda, vol. 8, no. 1, pp. 29–45, 2019, doi: 10.22146/studipemudaugm.45301.
R. Helyer and D. Lee, “The Role of Work Experience in the Future Employability of Higher Education Graduates,” High. Educ. Q., vol. 68, no. 3, pp. 348–372, 2014, doi: 10.1111/hequ.12055.
S. Lester and C. Costley, “Work-based learning at higher education level: Value, practice and critique,” Stud. High. Educ., vol. 35, no. 5, pp. 561–575, 2010, doi: 10.1080/03075070903216635.
J. Chesters, “The Disintegrating Education-Work Nexus,” in Youth and the New Adulthood Generations of Change, J. Wyn and E. Al, Eds., Singapore: Springer Singapore, 2020, pp. 79–92.
M. Cheng, O. Adekola, J. Albia, and S. Cai, “Employability in higher education: a review of key stakeholders’ perspectives,” High. Educ. Eval. Dev., vol. 16, no. 1, pp. 16–31, 2022, doi: 10.1108/heed-03-2021-0025.
R. Adolph, “Neo-liberalism and the Politics of Higher Education Policy in Indonesia,” Comp. Educ., vol. 52, no. 2, pp. 109–135, 2015, doi: https://doi.org/10.1080/03050068.2015.1112566.
I. Rakhmani, “‘Merdeka Belajar’: A Cultural Political Economy of Indonesia’s Neoliberalising Nationalist University,” Masy. J. Sosiol., vol. 29, no. 1, 2024, doi: 10.7454/mjs.v29i1.13573.
O. R. Sutopo and N. H. P. Meiji, “Kapasitas Refleksif Pemuda dalam Transisi Menuju Dunia Kerja,” JSW (Jurnal Sosiol. Walisongo), vol. 1, no. 1, pp. 1–16, 2017, doi: 10.21580/jsw.2017.1.1.1934.
H. M. Precalya and Darwan, “Link & Match sebagai Ideologi Neoliberalisme (Analisis Wacana tentang Dominasi Elit dalam Pendidikan Kejuruan di Indonesia),” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), vol. 5, no. 4, pp. 1416–1425, 2021, doi: 10.58258/jisip.v5i4.2561.
M. K. Alam, “A Systematic Qualitative Case Study: Questions, Data Collection, NVivo Analysis and Saturation,” Qual. Res. Organ. Manag. An Int. J., vol. 16, no. 1, pp. 1–31, Aug. 2020, doi: 10.1108/QROM-09-2019-1825.
B. Flyvbjerg, “Case Study,” in The SAGE Handbook of Qualitative Research, N. K. Denzin and Y. S. Lincoln, Eds., New York: SAGE Publications Ltd, 2011, pp. 301–317.
J. Miles, M.B., Huberman, A.M. and Saldana, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, 3rd Editio. London: SAGE Publications Inc., 2014.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman, “Buku Pedoman Akademik FISIP 2020/2021,” Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, 2021.
Wahyuningrat, B. T. Harsanto, E. Fitrah, M. Yamin, and R. M. Luthfi, “The Effectiveness of Implementing the Merdeka-Belajar Kampus-Merdeka (MBKM) Policy in Developing High-Quality Human Resources at Jenderal Soedirman University, Indonesia, Contributing to SDGs: Quality Education,” E3S Web Conf., vol. 609, 2025, doi: 10.1051/e3sconf/202560908001.
M. Ruminda, Y. Keke, E. Saribanon, M. Sari, and Indriyanti, “Dampak Penyelenggaraan Proses Pembelajaran Kolaboratif Merdeka Belajar bagi Mahasiswa Institut Transportasi dan Logistik Trisakti,” Fair Value J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 4, no. 6, pp. 2250–2260, 2022.
B. Waskito, N. Verawati, and H. Pienrasmi, “Persepsi Mahasiswa Yang Menghambat Adopsi Inovasi Bentuk Kegiatan Pembelajaran Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” J. Perspekt. Pendidik., vol. 16, no. 1, pp. 112–125, 2022, doi: 10.31540/jpp.v16i1.1633.
S. Loeng, “Pedagogy and Andragogy in Comparison – Conceptions and Perspectives,” Andragoška spoznanja, vol. 29, no. 2, pp. 39–52, 2023, doi: 10.4312/as/11482.
S. Andari, C. A. Setiawan, Windasari, and A. Rifqi, “Educational Management Graduates: A Tracer Study from Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,” IJORER Int. J. Recent Educ. Res. Int. J. Recent Educ. Res., vol. 2, no. 6, pp. 671–681, 2021, doi: 10.46245/ijorer.v2i6.169.
D. Megasari, A. Puspitorini, and D. Lutfiati, “Employability Tracer Study of Cosmetology Education Graduates at the Universitas Negeri Surabaya,” in Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2021, 2021, pp. 937–940. doi: 10.2991/assehr.k.211223.162.
W. S. Fitriani, P. Sudira, Y. Indrihapsari, and A. D. Rizbudiani, “The transition of graduates of the Faculty of Engineering Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) into the labor sector,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 29, no. 2, pp. 17–32, 2023, doi: 10.21831/jptk.v29i2.54700.
U. Beck, Risk Society, Translated by Mark Ritter. London: London: Sage Publications, 1992.
O. R. Sutopo and N. H. P. Meiji, “Transisi Pemuda dalam Masyarakat Risiko: Antara Aspirasi, Hambatan, dan Ketidakpastian,” J. Univ. Paramadina, vol. Vol. 11, pp. 1–23, 2014, [Online]. Available: https://repository.ugm.ac.id/135213/1/52-228-1-PB.pdf
V. De Stefano, “The Rise of The ‘Just-In-Time Workforce’: On -Demand Work , Crowdwork, and Labor Protection in The ‘Gig Economy,’” Comp. labor law J., vol. 37, no. 3, pp. 471–504, 2016, doi: http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.2682602.
P. Nilan, L. Parker, L. Bennett, and K. Robinson, “Indonesian youth looking towards the future,” J. Youth Stud., vol. 14, no. 6, pp. 709–728, 2011, doi: 10.1080/13676261.2011.580523.
M. P. Kuslarassakti and O. R. Sutopo, “Mobilitas dan Refleksivitas: Strategi Pemuda Yogyakarta di Masa Transisi menuju Dunia Kerja,” JSW (Jurnal Sosiol. Walisongo), vol. 4, no. 1, pp. 87–100, 2020, doi: 10.21580/jsw.2020.4.1.5312.
L. Andres and J. Wyn, The Making of a Generation. Toronto: university of Toronto Press incorporated, 2010. doi: 10.3138/9781442699830.
W. Rizkidarajat, A. Mutahir, H. Restuadhi, and S. Julianti, “Kerja atau karier: Studi biografi pada strategi musisi DIY dalam menghadapi pilihan kemiskinan di Purwokerto, Jawa Tengah,” Sosiohumaniora, vol. 11, no. February, pp. 122–140, 2025, doi: https://doi.org/10.30738/sosio.v11i1.18061.