Penyelenggaraan Pendidikan Islam Kontemporer di Negara Maju dan Berkembang: Studi Komparatif Kualitatif terhadap Respons terhadap Tantangan Global

Authors

  • Anisah Azzahra Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Munir Munir Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Nurlaila Nurlaila Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.834

Keywords:

negara berkembang, negara maju, pendidikan islam, pola penyelenggaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola penyelenggaraan pendidikan Islam kontemporer di negara maju dan berkembang dalam merespons tantangan pendidikan global yang terus berkembang dinamis. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis komparatif untuk mengkaji perbedaan dan persamaan dalam strategi, kebijakan, serta implementasi pendidikan Islam di beberapa negara representatif dari kedua kategori tersebut. Fokus kajian meliputi integrasi kurikulum modern dengan nilai-nilai Islam, pemanfaatan teknologi pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, serta respon terhadap isu global seperti inklusivitas, multikulturalisme, dan keberlanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa negara maju cenderung memiliki sistem pendidikan Islam yang lebih adaptif terhadap transformasi digital dan tuntutan global, sementara negara berkembang masih menghadapi tantangan struktural dan sumber daya, meskipun menunjukkan inovasi berbasis kearifan lokal. Temuan ini memberikan wawasan strategis bagi pengembangan pendidikan Islam yang relevan, kompetitif, dan transformatif dalam skala global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Haryanto, “PERBANDINGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DAN MALAYSIA COMPARISON OF ISLAMIC EDUCATION IN INDONESIA AND MALAYSIA,” Adabiyah Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1, no. September, pp. 1–23, 2019.

A. Hapidin, N. F. Natsir, and E. Haryanti, “Epistemologi Pendidikan Islam di Indonesia sebagai Solusi Menjawab Tantangan Ilmu Pengetahuan dan Metode Ilmiah di Era 4.0,” Tarbawiyah?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 6, no. 1, p. 30, 2022, doi: 10.32332/tarbawiyah.v6i1.4387.

M. Yahdi, “Pendidikan Islam Dalam Kajian History,” Jurnal Pendidikan Kreatif, vol. 3, no. 2, pp. 56–74, 2022, doi: 10.24252/jpk.v3i2.36265.

N. Aziz, K. Muslim, and I. Ilmi, “STRATEGI PENINGKATAN MUTU LULUSAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DAN ISU GLOBAL ( STUDI KASUS STISIP TASIKMALAYA ),” vol. 02, no. 02, 2024.

Moh. R. Emi Hariyanti, “Relevansi Studi Integrasi Islam, Sains, dan Budaya Nusantara dalam Pendidikan Islam di Era Global,” Journal Of Islamic Education Management, vol. 2, no. 1, pp. 57–72, 2021, doi: 10.47476/manageria.v4i2.6320.

N. Amira et al., “Isu isu dalam pendidikan islam,” Journal Islamic Education, vol. 1, no. 3, pp. 865–877, 2023.

N. E. Ikhsanto, M. Muthoifin, and T. A. Mustofa, “Konsep Pendidikan Islam (Studi Perbandingan Pemikiran Syed Naquib Al Attas dan Mahmud Yunus),” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 12, no. 02, pp. 1775–1792, 2023, doi: 10.30868/ei.v12i02.4107.

A. A. Aulia, A. A. Abhimanyu, S. S. Ranti, and W. Ajeng, “Sejarah Perkembangan Pendidikan Islam Indonesia Sejak Pra- Kemerdekaan sampai Orde Baru,” Matan?: Journal of Islam and Muslim Society, vol. 5, no. 2, pp. 70–78, 2023.

D. Wulan Sari, M. Sari Putri, and N. Nurlaili, “Relevansi Pendidikan Islam Di Era Digital Dalam Menavigasi Tantangan Modern,” Science and Education Journal (SICEDU), vol. 2, no. 2, pp. 372–380, 2023, doi: 10.31004/sicedu.v2i2.129.

H. Ahyani, D. Permana, and A. Y. Abduloh, “Pendidikan Islam dalam Lingkup Dimensi Sosio Kultural di Era Revolusi Industri 4.0,” Fitrah: Journal of Islamic Education, vol. 1, no. 2, pp. 273–288, 2021, doi: 10.53802/fitrah.v1i2.20.

R. Darmawan, “Hakikat Filsafat Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Kepribadian Muslim dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer,” Jurnal Jendela Pendidikan, vol. 4, no. 01, pp. 18–28, 2024, doi: 10.57008/jjp.v4i01.653.

A. W. Syakhrani, “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0,” CBJIS?: Cross-Border Journal of Islamic Studies, vol. 1, no. 2, pp. 57–69, 2019, doi: 10.37567/siln.v1i2.90.

Z. Najah, L. M. Lindasari, Z. Najah, and L. M. Lindasari, “Pendidikan Islam?:Wajah Baru Menghadapi Tantangan Globalisasi,” vol. 02, no. 01, pp. 9–18, 2022.

Aisyah Tidjani, “Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Menghadapi Tantangan Globalisasi,” Reflektika, vol. 13, no. 1, pp. 1–31, 2017.

Published

2025-06-26

How to Cite

Azzahra, A., Munir, M., & Nurlaila, N. (2025). Penyelenggaraan Pendidikan Islam Kontemporer di Negara Maju dan Berkembang: Studi Komparatif Kualitatif terhadap Respons terhadap Tantangan Global. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(6), 1557-1562. https://doi.org/10.52436/1.jpti.834