Edukasi Pranatal dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam Bagi Anak Dalam Kandungan di Puskesmas Plaju
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.792Keywords:
Edukasi Pranatal, Integrasi Edukasi, Karakter Anak, Kecerdasan Anak, Pendidikan Anak, Pendidikan Pranatal, Pendidikan Islam, Penelitian LapanganAbstract
Pendidikan merupakan aspek fundamental dalam kehidupan manusia yang harus dirancang dengan sadar dan terencana, termasuk dalam proses pendidikan anak. Pendidikan tidak hanya berlangsung di lembaga pendidikan formal, tetapi juga di lingkungan keluarga dan masyarakat. Salah satu aspek penting yang sering terabaikan adalah pendidikan pranatal, yang merupakan upaya mendidik anak sejak dalam kandungan. Di Indonesia, kurangnya pemahaman mengenai pentingnya pendidikan pranatal menjadi permasalahan, terutama di Puskesmas Plaju yang belum mengintegrasikan edukasi pranatal dengan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana edukasi pranatal dan implikasinya terhadap pendidikan Islam bagi anak dalam kandungan di Puskesmas Plaju. Penelitian ini juga bertujuan untuk menggali peran edukasi pranatal dalam pembentukan karakter dan kecerdasan anak sesuai dengan ajaran Islam, yang dapat dimulai sejak dalam kandungan. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis data mengalir yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan mengenai pentingnya edukasi pranatal dan peranannya dalam pendidikan Islam untuk anak, serta rekomendasi terkait peningkatan integrasi edukasi pranatal di Puskesmas Plaju. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan ibu hamil dan petugas kesehatan, serta studi dokumentasi dari Puskesmas Plaju. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis data mengalir, yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai penerapan edukasi pranatal dan pengaruhnya terhadap pendidikan Islam bagi anak, serta menyarankan peningkatan kualitas program edukasi pranatal di fasilitas kesehatan.
Downloads
References
A. R. Rosyadi, D. Supriadi, and M. D. Rabbanie, “Tinjauan Terhadap Tripusat Lingkungan Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam,” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 10, no. 01, pp. 563–580, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/1329
N. Yudiar, “Implementasi Sirah Nabi Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini,” AL-IDRAK Jurnal Pendidikan Islam dan Budaya, vol. 1, no. 1, pp. 46–55, 2021.
A. Trisna and D. K. Putri, “Penyuluhan Tentang Pentingnya Edukasi Prenatal Pada Ibu Hamil di Desa Manunggang Jae Dusun II Dusun IV,” JPMD: Jurnal Pengabdian Masyarakat Darmais, vol. 2, no. 2, pp. 18–23, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.stikesdarmaispadangsidimpuan.ac.id/index.php/jpmd
A. S. Malisi, “Pernikahan Dalam Islam,” SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hukum, vol. 1, no. 1, pp. 22–28, 2022, doi: 10.55681/seikat.v1i1.97.
F. Amelia Nurhusni and D. Nugraha, “Implementasi Pendidikan Prenatal dalam Upaya Menumbuhkan Kecintaan pada Al-Qur’an,” AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, vol. 2, no. 1, pp. 12–27, 2023, doi: 10.69698/jis.v2i1.111.
H. K. Nisa, “Pemberian Edukasi Tentang Pentingnya Gizi pada Ibu Hamil di Puskesmas Kampus Palembang | Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat,” JUKESHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 81–86, 2023, [Online]. Available: https://ojs.unhaj.ac.id/index.php/jukeshum/article/view/445
M. S. Masrur, “Pendidikan Pranatal Perspektif Islam dari Kisah Maryam,” Journal of Islamic Education Research, vol. 2, no. 1, pp. 1–26, 2021, doi: 10.35719/jier.v2i1.120.
S. F. Iskandar, A. Saeppudin, and A. Sobarna, “Implikasi Pendidikan dari Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 14 tentang Berbuat Baik kepada Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Syukur,” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, vol. 1, no. 1, pp. 63–70, 2021, doi: 10.29313/jrpai.v1i1.223.
Moh. I. Rosyadi and A. Rangga, “Pendidikan Pranatal dan Long Life Education Menurut Al-Qur’an,” An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan …, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2023, [Online]. Available: http://ejurnal.staitaswirulafkar.ac.id/index.php/an-nafah/article/view/31%0Ahttps://ejurnal.staitaswirulafkar.ac.id/index.php/an-nafah/article/download/31/27
Karani, “HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG TANDA BAHAYA KEHAMILAN DENGAN KEPATUHAN MELAKUKAN ANTENATAL CARE (ANC) PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS BANGETAYU KOTA SEMARANG,” Nucl. Phys., vol. 13, no. 1, pp. 104–116, 2023.
Winaningsih, “Hubungan Antara Status Gizi Terhadap Kesiapan Laktasi Pada Primigravida Di Wilayah Kerja Puskesmas Bangetayu Kota Semarang,” p. 6, 2022.
E. M. Afrilia, “Hubungan Karakteristik Ibu Dengan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil Di Puskesmas Kecamatan Palmerah Tahun 2021,” IMJ (Indonesian Midwifery Journal), vol. 1, no. 1, pp. 45–53, 2023, doi: 10.31000/imj.v1i1.147.
I. Kurniawan, “Implementasi Pend Bagi Siswa Tuna Netra,” Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam, vol. 04, no. 08, pp. 1044–1060, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/77/0
F. Azizah and M. Salehudin, “Media game edukasi di gadget?: studi literatur manfaat dan dampaknya terhadap perkembangan anak usia dini,” Journal of Instructional and Development Researches, vol. 3, no. 6, pp. 264–271, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.53621/jider.v3i6.265
D. Fadhillah, “Manusia dan Pendidikan dalam Sudut Pandang Filsafat Pendidikan Islam: Literature Review,” Rausyan Fikr?: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, vol. 18, no. 2, pp. 46–57, 2022, doi: 10.31000/rf.v18i2.6822.