Strategi Tindakan Kekerasan dan Bullying di Sekolah: Bentuk, Pelaku dan Pencegahannya
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.787Keywords:
Bullying, Kekerasan, SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai bentuk kekerasan dan bullying yang terjadi di sekolah, menganalisis profil pelaku, serta merumuskan strategi pencegahan yang efektif untuk mengurangi insiden kekerasan dan bullying di lingkungan sekolah.Kasus kekerasan dan bullying, baik dalam bentuk fisik, verbal, maupun siber, semakin meningkat dan menimbulkan dampak jangka panjang bagi korban dan pelaku.penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait kebijakan sekolah. Responden terdiri dari guru, siswa, dan pihak terkait lainnya yang memiliki pengalaman atau pengetahuan mengenai kekerasan dan bullying di sekolah.selain itu, pencegahan yang paling efektif melibatkan pendekatan holistik yang mencakup pendidikan karakter, peningkatan kesadaran, pelatihan keterampilan sosial, serta kebijakan yang jelas dan tegas dari pihak sekolah.pentingnya integrasi upaya pencegahan kekerasan dan bullying di sekolah dengan melibatkan semua pihak, termasuk pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat.
Downloads
References
Sulastri et.al, “UPAYA MITIGASI BULLYING, KEKERASAN SEKSUAL, DAN INTOLERANSI DI LINGKUNGAN SEKOLAH,” JABB, vol. 5, no. 2, p. 2024, doi: 10.46306/jabb.v5i2.
Agisyaputri.et.al, “Identifikasi Fenomena Perilaku Bullying Pada Remaja,” Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, vol. 3, no. 1, pp. 19–30, 2023.
S. Ernawati, I. Irawan, M. Fauzi, S. A. St, and A. Mariam, “ADM: Jurnal Abdi Dosen dan Mahasiswa Penyuluhan Stop Bullying Dan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini Di Sekolah Dasar Negeri Panda,” vol. 1, no. 3, pp. 243–248, 2023, doi: 10.0000/adm.
N. A. Silviana and M. I. Sufiyanto, “ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar,” ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 2, 2024.
I. S. Rahmawati and A. Illa, “Pencegahan Bullying Dalam Pendidikan Karakter Melalui Peran Guru di Sekolah,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, pp. 633–640, 2020.
Asyrul Fikri et al., “Sosialisasi Kepada Siswa SMKN 1 Kempas Mengenai Stop Bullying Pencegahan Tindak Kekerasan Di Sekolah Jadilah Sahabat Bukan Pelaku Bullying Oleh Mahasiswa Kukerta Universitas Riau,” Perigel: Jurnal Penyuluhan Masyarakat Indonesia, vol. 2, no. 3, pp. 86–98, 2023, doi: 10.56444/perigel.v2i3.1075.
Adiyono, “Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying,” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 3, pp. 649–658, 2022.
S. K. Kusnadi, A. Zuroida, L. Nurlaily, B. Andriyani, and W. Lestari, “PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD AL KAUTSAR TENTANG BULLYING DAN KEKERASAN DI SEKOLAH,” 2024.
V. R. Juwita and E. R. Kustanti, “Hubungan Antara Pemaafan Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Korban Perundungan,” Jurnal EMPATI, vol. 7, no. 1, pp. 274–282, 2020, doi: 10.14710/empati.2018.20196.
S. Senowarsito, Y. K. Werdiningsih, B. A. Herlambang, and M. Indradewi, “Implementation of a Bullying and Violence Prevention Application as a Reinforcement of a Child-Friendly School at SMP PGRI 1 Semarang,” Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 8, no. 5, pp. 1440–1445, Oct. 2024, doi: 10.31849/dinamisia.v8i5.16051.
Y. Jatnika, “Guru dan Orang Tua Perlu Kerjasama Atasi Kekerasan Di Sekolah,” Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan.
P. Utami and Welas, “UPAYA GURU PKN DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI SMA SWASTA IMMANUEL KELURAHAN MADRAS HULU KECAMATAN MEDAN POLONIA KOTA MEDAN Oleh:,” vol. 10, no. 2, pp. 71–76, 2019.
M. P. Harahap, “Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar,” International Journal of Education, Conseling and Multidicipline (IJEDUCA), vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2024.
W. Sarbaini, S. R. Lubis, and M. A. T. S. Saragih, “SOSIALISASI ANTI-BULLYING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMAN 4 MEDAN,” Masyarakat: Jurnal Pengabdian, vol. 2, no. 1, pp. 98–105, Feb. 2025, doi: 10.58740/m-jp.v2i1.361.
H. R. Dewinda, L. Fitria, and I. Wijaya, “Pengembangan Modul Resiliensi Siswa SLTP Korban Bullying,” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), vol. 10, no. 1, pp. 95–102, 2024, doi: 10.29210/020243314.