Evaluasi Faktor Penerimaan SuperApp Wondr by BNI pada Nasabah Perbankan Digital di Indonesia dengan Model Modifikasi TAM
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.782Keywords:
Mobile Banking, SEM-PLS, SuperApp, TAM, Wondr by BNIAbstract
SuperApp Wondr by BNI adalah aplikasi tranformasi perbankan digital dari BNI Mobile Banking yang mengintegrasikan berbagai layanan untuk pengalaman lebih efisien.. Transisi dari BNI mobile ke Wondr by BNI sebagai teknologi baru menghadapi tantangan dalam adopsi pengguna. Beberapa tantangan dalam penerapan teknologi, seperti penyesuaian sistem, optimalisasi fitur, dan peningkatan stabilitas layanan, dapat mempengaruhi pengalaman pengguna serta tingkat kepercayaan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi faktor penerimaan SuperApp Wondr by BNI menggunakan model modifikasi TAM. Analisis dilakukan dengan teknik Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) menggunakan bantuan software SmartPLS 4 pada 384 responden, yang ditentukan berdasarkan perhitungan rumus Lameshow dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use berpengaruh positif dan signifkan terhadap perceived usefulness, perceived risk dan security berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust, dan variabel perceived ease of use, perceived usefulness, trust, dan reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioural intention. Sedangkan perceived risk dan security tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavioural intention. Temuan ini memberikan wawasan bagi industri perbankan digital dalam meningkatkan strategi adopsi teknologi dengan memperkuat kepercayaan, meningkatkan manfaat yang dirasakan pengguna, serta menawarkan insentif yang lebih menarik.
Downloads
References
A. P. I. I. (APJII), “APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang.” [Online]. Available: https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
R. Franedya, “Bukan Grab atau Go-Jek, Ini Super App Pertama di Dunia.” [Online]. Available: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190327185446-37-63295/bukan-grab-atau-go-jek-ini-super-app-pertama-di-dunia
N. Muslimawati and E. Fitriyani, “Survei Ipsos: Masyarakat Lebih Banyak Gunakan Aplikasi untuk Pesan Antar Makanan.” [Online]. Available: https://kumparan.com/kumparanbisnis/survei-ipsos-masyarakat-lebih-banyak-gunakan-aplikasi-untuk-pesan-antar-makanan-1xpyz9GHe95/2
Diana Khuntari, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Gojek dDiana Khuntari. (2022). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Gojek dan Grab dengan Pendekatan User Experience Questionnaire. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(April), 275–286.an Grab dengan Pen,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. April, pp. 275–286, 2022.
M. Darisman, “Jumlah Pengguna wondr by BNI Capai 2 Juta Orang.” [Online]. Available: https://kumparan.com/kumparanbisnis/jumlah-pengguna-wondr-by-bni-capai-2-juta-orang-23NSDxuSn6B/1
App Store, “Ulasan pengguna untuk aplikasi WONDR by BNI.”
Y. Kurniawan, Kelly, Vionita, and Information, “Examining the Factors Driving Digital Banking Adoption in Indonesia: A Modified Technology Acceptance Model Approach,” J. Logist. Informatics Serv. Sci., vol. 11, Jun. 2024, doi: 10.33168/jliss.2024.0626.
G. M. S. Rabbani, “THE STUDY ON MOBILE BANKING APPLICATION USE: THE PERSPECTIVE OF TAM, PERCEIVED RISK, AND TRUST,” vol. 19, no. 5, pp. 1–23, 2016.
J. Sarwono, Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: GRAHA ILMU, 2006.
F. D. Davis, “Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology,” MIS Q. Manag. Inf. Syst., vol. 13, no. 3, pp. 319–339, 1989, doi: 10.2307/249008.
P. R. Warshaw and F. D. Davis, “Disentangling behavioral intention and behavioral expectation,” J. Exp. Soc. Psychol., vol. 21, no. 3, pp. 213–228, 1985, doi: 10.1016/0022-1031(85)90017-4.
R. G. Apriani, D. K. Respati, and D. Handarini, “the Effect of Perceived Convenience, Perceived Benefits, and Trust on Intention To Use Mobile Banking,” J. Humanit. Soc. Sci. Bus., vol. 3, no. 1, pp. 94–111, 2023, doi: 10.55047/jhssb.v3i1.829.
S. Riyanto and A. A. Hatmawan, Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. 2020.
N. A. Windasari, N. Kusumawati, N. Larasati, and R. P. Amelia, “Digital-only banking experience: Insights from gen Y and gen Z,” J. Innov. Knowl., vol. 7, no. 2, 2022, doi: 10.1016/j.jik.2022.100170.
H. Siagian, Z. J. H. Tarigan, S. R. Basana, and R. Basuki, “The effect of perceived security, perceived ease of use, and perceived usefulness on consumer behavioral intention through trust in digital payment platform,” Int. J. Data Netw. Sci., vol. 6, no. 3, pp. 861–874, 2022, doi: 10.5267/j.ijdns.2022.2.010.
M. M. Hossain, H. M. Adnan, M. K. Rahman, and M. Z. Muhammad, “Impact of Residents’ Trust on Behavioral Intention to Use Social Media for E-Administration Services,” Pertanika J. Soc. Sci. Humanit., vol. 31, no. 3, pp. 1219–1244, 2023, doi: 10.47836/pjssh.31.3.16.
N. H. Thu and N. T. Nguyen, “IDENTIFYING THE FACTORS AFFECTING THE CONSUMER BEHAVIOR IN SWITCHING TO E-WALLETS IN PAYMENT ACTIVITIES,” Polish J. Manag. Stud., vol. 25, 2022, doi: 10.17512/pjms.2022.25.1.18.
V. C. Nguyen and T. H. Ao, “Factors affecting consumer behaviour to use e-wallets: an empirical study from Vietnam context,” Minist. Sci. Technol. Vietnam, vol. 64, no. 1, pp. 10–24, 2022, doi: 10.31276/vmostjossh.64(1).10-24.
A. Malik, S. Suresh, and S. Sharma, “An empirical study of factors influencing consumers’ attitude towards adoption of wallet apps,” Int. J. Manag. Pract., vol. 12, no. 4, pp. 426–442, 2019, doi: 10.1504/IJMP.2019.102534.
M. K. Muttaqien, H. Syaifullah, M. K. Anam, and T. Mas, “Usefulness , Trust , and Intention to Use M-Banking?: Evidence from Metropolitan Jakarta,” JIEI ( J. Ilm. Ekon. Islam., vol. 9, no. 02, pp. 1765–1772, 2023.
I. M. Al-Jabri, “The intention to use mobile banking: Further evidence from Saudi Arabia,” South African J. Bus. Manag., vol. 46, no. 1, pp. 23–34, 2015, doi: 10.4102/sajbm.v46i1.80.
V. Saprikis and G. Avlogiaris, “Factors That Determine the Adoption Intention of Direct Mobile Purchases through Social Media Apps,” Information, p. 449, 2021, doi: https://doi.org/10.3390/info12110449.
S. Lew, G. W. H. Tan, X. M. Loh, J. J. Hew, and K. B. Ooi, “The disruptive mobile wallet in the hospitality industry: An extended mobile technology acceptance model,” Technol. Soc., vol. 63, p. 101430, 2020, doi: 10.1016/j.techsoc.2020.101430.
A. Saudjhana and H. Herman, “Behavioral Intention and Adoption of Digital Bank Mobile Application Among Housewives Using Mixed Method Approach,” J. Comput. Networks, Archit. High Perform. Comput., vol. 5, no. 1, pp. 288–301, 2023, doi: 10.47709/cnahpc.v5i1.2185.
T. C. E. Cheng, D. Y. C. Lam, and A. C. L. Yeung, “Adoption of internet banking: An empirical study in Hong Kong,” Decis. Support Syst., vol. 42, no. 3, pp. 1558–1572, 2006, doi: 10.1016/j.dss.2006.01.002.
T. V. Perneger, D. S. Courvoisier, P. M. Hudelson, and A. Gayet-Ageron, “Sample size for pre-tests of questionnaires,” Qual. Life Res., vol. 24, no. 1, pp. 147–151, 2015, doi: 10.1007/s11136-014-0752-2.
M. Nisfiannoor, Pendekatan Statistika Modern Untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 2009.
J. F. Hair, C. M. Ringle, and M. Sarstedt, “PLS-SEM: Indeed a silver bullet,” J. Mark. Theory Pract., vol. 19, no. 2, pp. 139–152, 2011, doi: 10.2753/MTP1069-6679190202.
Sujono Santoso and H. Budi, “Analisis Kualitas E-Learning dalam Pemanfaatan Web Conference sebagai Media Belajar Mahasiswa,” Saintekbu, vol. 9, no. 2, pp. 27–37, 2017, doi: 10.32764/saintekbu.v9i2.114.
Ovan and A. Saputra, Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Intrumen Penelitian Berbasis Web. 2020.
I. Ghozali, Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro, 2018. [Online]. Available: http://slims.umn.ac.id//index.php?p=show_detail&id=19545
W. Abdillah and J. HM, Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. 2015. [Online]. Available: http://digilib.uki.ac.id/index.php?p=show_detail&id=17856
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2007.
N. P. Wulandari, N. Novandriani, and K. Moeliono, “Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Layanan Mobile Banking Di Bandung,” Bisnis Dan Iptek, pp. 139–149, 2017.
D. Priyanto, Belajar cepat olah data statistik dengan SPSS. Yogyakarta, 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet, 2019.
C. Ratnasih and S. Nurjanah, “PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MEREK MIE SEDAAP SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI PERUMAHAN PEKAYON BEKASI SELATAN,” J. Manaj., vol. 7, 2019.
W. Abdillah, Metode penelitian terpadu sistem informasi, Ed.1. Yogyakarta: Andi, 2018.
I. Ghozali and H. Latan, Partial Least Square Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0, 2nd ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2020.
G. Y. Peshkova and O. V. Zlobina, “Digital Transformation Of Banking With Speech Technologies,” pp. 294–303, 2020, doi: 10.15405/epsbs.2020.10.03.34.
A. Martiah, H. U. Ismulyani, and S. H. Inonu, “Pengaruh Perceived Risk, Perceived Reputation, dan Trust Online terhadap Minat Beli Online Konsumen Shopee,” J. Inform. Ekon. Bisnis, vol. 5, pp. 1333–1337, 2023, doi: 10.37034/infeb.v5i4.616.
S. R. Andhika and N. Qomariah, “the Impact of E-Service Quality and Perceived Risk on Trust in Banking Services,” Dyn. Manag. J., vol. 8, no. 3, p. 623, 2024, doi: 10.31000/dmj.v8i3.10744.
A. Alotaibi and D. M. Helmi, “Influencing Factors to Use the E-Payment in Saudi Arabia,” Acad. J. Res. Sci. Publ., vol. 5, no. 49, pp. 05–16, 2023, doi: 10.52132/ajrsp.en.2023.49.1.
B. Mouna and L. Fatima, “Factors affecting intention, adoption and use of mobile banking services in Morocco Based on TAM Model,” Rev. Française d’Economie Gest., vol. 5, no. 2, pp. 380–404, 2024, [Online]. Available: www.revuefreg.fr
D. P. Ramadani and R. Firdaus, “Evolusi Sistem Informasi Manajemen Dari Manual ke Otomatis,” J. Intelek dan Cemdikiawan Nusant., vol. 1, no. 3, pp. 4131–4141, 2024, [Online]. Available: https://jicnusantara.com/index.php/jicn
A. M. Mutahar, N. M. Daud, T. Ramayah, O. Isaac, and I. Alrajawy, “Examining the Intention to Use Mobile Banking Services in Yemen: An Integrated Perspective of Technology Acceptance,” Asian J. Inf. Technol., vol. 16, no. 2–5, pp. 298–311, 2017, doi: 10.3923/ajit.2017.298.311.
A. Fitriani, D. Sulaeman, R. Firmansyah, F. Ekonomi, and S. Stembi, “Efektivitas Chatbot Sebagai Media Komunikasi Bisnis Antara Penjual dan Pembeli Pada MarketPlace,” J. Disrupsi Bisnis, vol. 5, no. 3, pp. 189–196, 2022, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/DRB/indexhttp://openjournal.unpam.ac.id/index.php/DRB/index
H. Ben Abdennebi, “M-banking adoption from the developing countries perspective: A mediated model,” Digit. Bus., vol. 3, no. 2, p. 100065, 2023, doi: 10.1016/j.digbus.2023.100065.
M. I. Fasa, I. Susanto, U. Islam, N. Raden, I. Lampung, and K. B. Lampung, “ANALISIS PERAN KEAMANAN DATA DALAM,” vol. 2, no. 11, 2024.
M. K. Muttaqien, M. K. Anam, T. M. Tajudin, and H. S. Hamli, “What Determines Metropolitan Jakarta’s Muslim Intention to Use M-Banking?,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 9, no. 2, p. 1765, 2023, doi: 10.29040/jiei.v9i2.6888.
Ilyas, “Pengaruh Kepercayaan Nasabah Terhadap Keputusan Pemilihan Perbankan Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Sinjai Di Kabupaten Sinjai,” J. Ilm. Adm., vol. 7, pp. 1–9, 2016.