Pengukuran Berpikir Kritis Siswa SMK dalam Pembelajaran Pemrograman Dasar melalui WGCTA
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.754Keywords:
Berpikir Kritis, Pemrograman Dasar, Penilaian, WGCTAAbstract
Kemampuan berfikir kritis merupakan salah satu hal penting dalam pembelajaran sehingga perlu adanya fokus peningkatan pada hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam konteks pembelajaran pemrograman dasar dengan mengadaptasi instrumen Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal (WGCTA). Lima dimensi kompetensi dalam WGCTA yaitu pengambilan kesimpulan, identifikasi asumsi, penalaran deduktif, interpretasi data, dan evaluasi argument digunakan sebagai parameter penilaian pada materi HTML. Metodologi penelitian terdiri dari tiga tahap utama: (1) pengembangan tes berdasarkan kerangka WGCTA, (2) uji validitas konten melalui penilaian ahli, dan (3) uji reliabilitas yang melibatkan 61 peserta. Hasil analisis validitas item menunjukkan bahwa semua soal memenuhi kriteria validitas statistik dengan koefisien korelasi R Hitung (0.253-0.781) melebihi batas minimum R Tabel 0.252. Pada uji konsistensi internal, instrumen menunjukkan reliabilitas yang tinggi dengan nilai Cronbach’s Alpha 0.617, yang melebihi standar yang dapat diterima (>0.6). Temuan ini mengkonfirmasi bahwa alat ukur yang dikembangkan memiliki stabilitas hasil pengukuran dan ketepatan konseptual dalam mengevaluasi kompetensi berpikir kritis dalam pemrograman dasar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa WGCTA relevan untuk mengukur dan melatih kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemrograman dasar, seperti menganalisis kode, mengenali asumsi, menarik kesimpulan logis, dan mengevaluasi argumen. Instrumen ini juga membantu pendidik dalam mengidentifikasi tingkat kemampuan siswa serta merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa WGCTA dapat menjadi alat evaluasi yang efektif dalam pembelajaran pemrograman dasar, dengan implikasi praktis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Rekomendasi untuk penelitian lanjutan meliputi perluasan cakupan materi pemrograman dan pengembangan instrumen yang lebih spesifik untuk konteks pemrograman.
Downloads
References
H. F. Júnior, C. B. da Silva, F. M. de Oliveira, and M. V. S. Paixão, “The evolution of communication and information technologies in education,” vol. 6, no. 2, 2024, doi: 10.56238/arev6n2-167.
S. Orhani, “Programming as a need for integration in the curriculum of the subject of technology with ICT in the lower secondary schools of Kosovo,” International Journal on Social Sceince, Economics and Art, vol. 13, no. 1, pp. 50–62, 2023, doi: 10.35335/ijosea.v13i1.254.
I. Kumar and N. Mohd, “Ways of Using Computational Thinking to Improve Students’ Ability to Think Critically,” IGI Global, 2024, pp. 253–266. doi: 10.4018/979-8-3693-0782-3.ch015.
V. V Ageeva, “Theories of social constructivism in Anglophone historical epistemology in 2000-2015,” vol. 28, p. 1113, 2016, doi: 10.1051/SHSCONF/20162801113.
J. Li, “Effective Situated Learning in Junior High School English Teaching and Learning,” Frontiers in Sustainable Development, vol. 4, no. 6, pp. 10–14, 2024, doi: 10.54691/becqcm84.
A. A. KEHINDE-AWOYELE and A. W. ADEOWU, “Exploring the nexus: social challenges, academic performance, and moral development in secondary education,” International Journal of Research in Education Humanities and Commerce, vol. 05, no. 01, pp. 25–37, 2024, doi: 10.37602/ijrehc.2024.5103.
E. V. Guaman Tenezaca, M. A. Murillo Noblecilla, and J. A. Castro Haro, “Validación de un Test de Matemática Evaluado a Estudiantes que Ingresan a la Educación Superior, Empleando el Modelo de Rasch,” INGENIO, vol. 6, no. 2, pp. 45–54, Jun. 2023, doi: 10.29166/ingenio.v6i2.4548.
E. Mehmood, A. Abid, M. Farooq, and N. Nawaz, “Curriculum, Teaching and Learning, and Assessments for Introductory Programming Course,” IEEE Access, vol. 8, pp. 125961–125981, 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.3008321.
W. Susanti, T. Nasution, G. Tendra, A. Simeru, and R. R. Yuliendi, “Assessing Students’ Critical Thinking Skills in Terms of Cognitive Style: A Study of the Application of the Inquiry Collaborative Based V-Lab Model in Programming Courses,” Journal of Applied Business and Technology, p., 2024, doi: 10.35145/jabt.v5i2.165.
R. N. H. Arif, “Assessment of Critical Thinking Ability in Science Learning Using Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal (WGCTA),” Arrus Journal of Social Sciences and Humanities, vol. 4, no. 2, pp. 270–275, 2024, doi: 10.35877/soshum2599.
M.-P. Rodríguez-Rojas, A.-M. Ramírez-Segura, P. Valenzuela-Mora, J. Dampuré, and F. R. Munévar, “Critical Thinking Evaluation Scale: Design and Validation in a Colombian Population,” Sage Open, 2024, doi: 10.1177/21582440241297418.
R. V. Kumar, “Cronbach’s Alpha: Genesis, Issues and Alternatives,” 2024, doi: 10.1177/ijim.241234970.
G. Bergersen, D. I. K. Sjøberg, and T. Dybå, “Construction and Validation of an Instrument for Measuring Programming Skill,” IEEE Transactions on Software Engineering, vol. 40, pp. 1163–1184, 2014, doi: 10.1109/TSE.2014.2348997.
L. M. Pelepeychenko, S. Revutska, and Yu. P. Babkov, “Critical thinking foundations as a tool of manipulative technologies recognition,” ????? ? ?????, vol. 2, no. 81, pp. 112–119, 2022, doi: 10.33405/2078-7480/2022/2/81/263814.
Y. Shkredova, “Deduction in logic,” 2023, doi: 10.36074/logos-28.04.2023.54.
A. Garcez and G. Zaverucha, “The Connectionist Inductive Learning and Logic Programming System,” Applied Intelligence, vol. 11, pp. 59–77, 1999, doi: 10.1023/A:1008328630915.
R. N. H. Arif, “Assessment of Critical Thinking Ability in Science Learning Using Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal (WGCTA),” Arrus Journal of Social Sciences and Humanities, vol. 4, no. 2, pp. 270–275, 2024, doi: 10.35877/soshum2599.
D. Alvarez-Melis, H. Daumé, J. W. Vaughan, and H. Wallach, “Weight of Evidence as a Basis for Human-Oriented Explanations,” Neural Information Processing Systems, 2019.
R. Hamlet, “Testing Programs with the Aid of a Compiler,” IEEE Transactions on Software Engineering, vol. SE-3, pp. 279–290, 1977, doi: 10.1109/TSE.1977.231145.
A. Glassner, “Evaluating arguments in instruction: Theoretical and practical directions,” Think Skills Creat, vol. 24, pp. 95–103, 2017, doi: 10.1016/J.TSC.2017.02.013.