Pengaruh Digital Marketing melalui Meta Ads terhadap Brand Awareness UMKM Kopi
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.713Keywords:
Brand Awareness, Digital Marketing, Meta Ads, UMKMAbstract
UMKM di Indonesia menghadapi tantangan dalam meningkatkan jangkauan pemasaran akibat keterbatasan sumber daya dan persaingan digital yang ketat. Meta Ads menjadi salah satu strategi digital marketing yang memungkinkan segmentasi audiens yang lebih spesifik dan efektif dalam meningkatkan brand awareness. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing melalui Meta Ads dalam meningkatkan brand awareness UMKM Amound Coffee. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan survei sebelum dan sesudah kampanye Meta Ads. Kampanye dilakukan selama satu hari melalui Instagram Reels dengan target audiens yang relevan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test untuk mengukur perubahan brand awareness sebelum dan sesudah kampanye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Meta Ads berkontribusi signifikan dalam meningkatkan jangkauan audiens dan brand awareness. Dengan demikian, digital marketing melalui Meta Ads dapat menjadi strategi efektif bagi UMKM dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan brand awareness. Dampaknya tidak hanya meningkatkan daya saing UMKM di era digital, tetapi juga membuka peluang pertumbuhan bisnis yang lebih luas. Penelitian selanjutnya dapat memperluas cakupan dengan menguji efektivitas kampanye dalam durasi lebih panjang atau membandingkan berbagai platform iklan digital.
Downloads
References
K. Albi, “Pengaruh Pemasaran Digital dan Suasana Toko Terhadap Minat Beli di Kedai Kopi S,” Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, vol. 3, no. 22, pp. 21–30, 2020, doi: https://doi.org/10.36407/ jmsab.v3i1.116
J. Sulaksono and N. Zakaria, “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri,” Generation Journal, vol. 4, no. 1, pp. 41-47, 2020. doi: https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906.
D. Azmi et al., “Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing,” Coopetition Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. 12, no. 1, pp. 17–22, 2021, doi: https://doi.org/10.32670/ coopetition.v12i1.279.
S. Sundari and I. Sulistyowarni, “Pemberdayaan UMKM Melalui Digital Marketing Guna Meningkatkan Ketahanan Ekonomi di Masa Pandemi,” Seminar Nasional Pertumbuhan Ekonomi 2021 - Ekonomi Kreatif dan UMKM, 2021, vol. 2, no. 1, pp. 106-123.
M. Rivaldi et al., “Strategi Pemasaran Digital Untuk Pengembangan Usaha Kecil,” Journal on Education, vol. 07, pp. 6684–6697, 2024.
N. Salma Az-Zahra, “Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM,” In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 2021 vol. 1, no. 1, pp. 77-88. [Online]. Available: http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCOINS/index
A. , H. A. A. , F. F. , A. A. N. , A. M. , S. T. , M. T. U. , R. R. , M. E. , Y. A. , P. L. A. , & I. S. R. Pratiwi Putri, “Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, vol. 3, no. 1, pp. 828–839, 2022, doi: https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/451.
F. P. Anggara Prawira, “Analysis Effectiveness Use of Ads through Meta Ads and Google Ads at MSME fashionlabs.id,” Journal of Advanced Zoology, vol. 44, no. 3, pp. 1005–1021, 2023, doi: https://doi.org/10.17762/jaz.v44i3.1318.
D. Haryani, S. Fauzar, A. Yolanda, M. Sahara, and A. Putri, “The Effectiveness of Digital Marketing At Lilio Coffee Garden,” European Alliance for Innovation, 2023, vol. 44, no 3, pp. 1005-1021 . doi: https://doi.org/10.4108/eai.17-12-2022.2333330.
J. E. G. , R. R. D. , & S. C. K. R. Sobrepeña, “Digital Marketing Strategies Used by,” The Research Probe, 2023, vol. 3, no. 2, pp. 62–37, doi: https://doi.org/10.53378/trp.12232.
D. Marliana, “Strategi Komunikasi Pemasaran Trans TV dengan Menggunakan Meta Ads dalam Meningkatkan Brand Awareness,” Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, vol. 13, Dec. 2023, doi: 10.34010/jipsi.v13i2.9555.
M. Sirodjudin, “Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review,” Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Manajemen, vol. 2, no. 2, pp. 20–35, 2023, doi: https://doi.org/10.58192/ ebismen.v2i2.783.
N. Rosa Aminah Talib and M. Nilam Sari, “Analisis Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Peningkatan Brand Awareness Pada UMKM Kota Tanggerang Selatan Di Era Digital,” Dec. 2024. doi: http://jurnal.faperta-unras.ac.id/index.php/JUREKMA/article/view/318.
F. Huda, R. Yanuary, J. Frisilia, and K. Bramdhika Ada, “Development of Digital-Based Marketing Methods (Meta Ads) to Increase MSME Sales,” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS), vol. 6, no. 4, pp. 1188–1192, 2024, doi: 10.56338/ijhess.v6i4.6258.
S. Bouzide, “Digital Marketing Research Plan For Increasing Brand Awareness Of Kranicz Orchards,” 2022.
L. Retnawati, N. Saurina, and F. H. S. Pratama, “Efektivitas Facebook Sebagai Media Marketing Menggunakan Konsep Advertising Balance Scorecard (ABSC),” Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 2, pp. 502–508, Jul. 2024, doi: 10.51454/decode.v4i2.563.
M. Hilmyansyah and N. Noviandi, “Optimizing Brand Awareness By Using Facebook Ads At Bina Potensi Anak Indonesian Schools,” Jurnal Teknologi dan Open Source, vol. 4, no. 1, pp. 93–97, Jun. 2021, doi: 10.36378/jtos.v4i1.1367.
J. Ani, B. Lumanauw, and J. L. A. Tampenawas, “Pengaruh Citra Merek, Promosi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keptusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia di Kota Manado,” 663 Jurnal EMBA, vol. 9, no. 2, pp. 663–674, 2021.
E. Rosita, W. Hidayat, and W. Yuliani, “Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial,” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), vol. 4, no. 4, p. 279, Jul. 2021, doi: 10.22460/fokus.v4i4.7413.
F. M. Ashilah, “Perancangan Strategi Pemasaran Digital Pada Akun Instagram @minerafood_id Untuk Meningkatkan Brand Awareness,” Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri, 2024.
N. K. A. P. Ani, N. L. Suastuti, and P. M. A. Pranadewi, “Pengaruh Instagram Ads(Advertising) Dalam Membangun Brand Awareness Pada Kopi Rumahan Bali,” Jurnal Bisnis Hospitaliti, vol. 12, no. 1, pp. 64–70, Jun. 2023, doi: 10.52352/jbh.v12i1.901.