Analisis Faktor Kualitas Pelayanan Publik Pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Surakarta Dengan Multiple Linear Regression
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.697Keywords:
kepuasan masyarakat, multiple linear regression, organisasi perangkat daerah, pelayanan publik, survei kepuasan masyarakatAbstract
Pelayanan publik merupakan aspek penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang diselenggarakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Surakarta. Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) triwulan II tahun 2024, beberapa OPD masih memiliki mutu pelayanan yang belum mencapai kategori “Sangat Baik”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemudahan dan kecepatan pelayanan publik pada tiga OPD yang memiliki mutu pelayanan “Baik”. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis multiple linear regression dengan pendekatan Exploratory Data Analysis (EDA) pada data sekunder yang diperoleh dari platform resmi Pemerintah Kota Surakarta. Sampel penelitian ini terdiri dari 496 responden dengan tujuh variabel bebas dan dua variabel terikat. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor kesesuaian persyaratan pelayanan dan transparansi pelayanan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemudahan prosedur dan kecepatan pelayanan publik, sementara faktor biaya pelayanan cenderung berpengaruh negatif. Uji validasi model melalui uji asumsi klasik dan evaluasi regresi menunjukkan bahwa model yang digunakan memenuhi kriteria normalitas, linearitas, dan tidak mengalami heteroskedastisitas, dengan nilai R² diatas 0,98, menandakan model memiliki ketepatan yang sangat baik dalam menjelaskan faktor-faktor kualitas pelayanan. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya transparansi informasi, penyederhanaan prosedur, serta peningkatan kompetensi petugas layanan guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik. Rekomendasi yang dihasilkan, diharapkan dapat menjadi dasar perbaikan kebijakan bagi OPD terkait optimalisasi layanan publik yang lebih responsive terhadap kebutuhan masyarakat.
Downloads
References
N. Purwanti, F. Suparta, U. Mardliyah, and S. Ichwan, “Peningkatan Kualitas Pegawai Dalam Efisiensi Pelayanan Publik Berbasis Digitalisasi Pada Kantor Kelurahan Sawagumu Distrik Sorong Utara,” 2023, doi: 10.57218/jupeis.Vol2.Iss2.757.
A. S. Yahya, “Tingkat Kematangan Perangkat Daerah Penyelenggara Urusan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020),” Jurnal Media Birokrasi, pp. 218–241, Dec. 2023, doi: 10.33701/jmb.v5i2.3993.
K. Dan et al., “Kualitas Dan Kepatuhan Pelayanan Publik Oleh Pemerintah Di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik,” Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), vol. 7, no. 1, pp. 2598–9944, 2023, doi: 10.58258/jisip.v7i1.4160/http.
J. Gozaly et al., “Pelatihan Evaluasi Kualitas Pelayanan Publik Kelurahan di Kecamatan Sukajadi, Bandung,” Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 5, no. 4, p. 1593, Dec. 2023, doi: 10.20527/btjpm.v5i4.9014.
A. Kurniawan and D. Sugiri, “Kepuasan Pengguna Layanan Publik Pada Unit Kerja Badan Layanan Umum (BLU) Bidang Pendidikan,” Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, vol. 8, no. 1, pp. 11–22, Jul. 2021, doi: 10.37606/publik.v8i1.144.
N. Utari, B. Ningsi, and I. Arofah, “Model Persamaan Struktural Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat Dalam Pemeriksaan Kesehatan di UPTD Puskesmas Pasir Putih Sawangan Depok,” 2023, doi: 10.36456/jstat.vol16.no2.a8042.
T. Sutrisno, “Analisis Dampak Lamanya Masa Kerja Terhadap Kinerja Dan Efektivitas Pelayanan Publik Di Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan,” Jurnal Paris Langkis, vol. 5, no. 1, pp. 353–366, 2024, doi: 10.37304/paris.v5i1.19008.
V. Calonica Rosidi and L. Ratna Devi Sakuntalawati, “ULAS: Ketercapaian Pelayanan Publik yang Efektif Berbasis Digital di Kota Surakarta,” 2022, doi: 10.22146/jps.v9i2.76232.
G.- MARDIATMOKO, “Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda,” BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, vol. 14, no. 3, pp. 333–342, Oct. 2020, doi: 10.30598/barekengvol14iss3pp333-342.
S. Marwiyah, A. N. Rahmadi, M. Melidia, F. I. Sosial, and I. Politik, “Evaluasi Kualitas Pelayanan Administrasi (Aplikasi View Probolinggo pada Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Probolinggo),” Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), vol. 6, no. 3, pp. 2598–9944, 2022, doi: 10.36312/jisip.v6i3.3458/http.
W. Rusdi, N. S. Layuk, S. Alam, A. N. Fatimiyah, and M. Muthahharah, “Analisis Perbandingan Metode Fuzzy Tsukamoto dan Regresi Linier Berganda dalam Peramalan Jumlah Produksi Kopi,” remik, vol. 7, no. 2, pp. 1016–1031, Apr. 2023, doi: 10.33395/remik.v7i2.12267.
N. Anisa and A. Juarna, “Prediksi Harga Saham Bank BCA, BNI, dan BRI serta Komposisi Portofolio Maksimal Ketiga Saham Berbasis Regresi Linier dan Clustering,” 2025, doi: 10.35200/ex.v15i1.151.
F. Kurniawati and D. B. Arianto, “Analisis Implementasi Seleksi Fitur Pada Klasifikasi Diabetes dengan Metode Corellation Matrix dan Algoritma Logistic Regression,” JURNAL INFORMATIK Edisi ke, vol. 19, p. 2023, 2023, doi: 10.52958/iftk.v19i3.6019.
M. K. Najib et al., “Prediksi Angka Harapan Hidup Menggunakan Regresi Linear Berganda, Lasso, Ridge, Elastic Net, dan Kuantil Lasso,” Jurnal Sains Matematika dan Statistika, vol. 10, no. 2, Aug. 2024, doi: 10.24014/jsms.v10i2.27916.
Farhanuddin, Sarah Ennola Karina Sihombing, and Yahfizham, “Komparasi Multiple Linear Regression dan Random Forest Regression Dalam Memprediksi Anggaran Biaya Manajemen Proyek Sistem Informasi,” Journal of Computers and Digital Business, vol. 3, no. 2, pp. 86–97, May 2024, doi: 10.56427/jcbd.v3i2.408.
N. Afrilia and F. Frazna Az-Zahra, “Prediksi Hasil Panen Wortel Menggunakan Algoritma Regresi Linear Berganda,” 2024. doi: 10.36040/jati.v8i5.10954.
Arif, M. R. Ocatavian, and Suwanto, “Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jakarta Selatan,” 2024, doi: 10.52103/jaf.v5i1.1799.
A. H. Lubis, R. Pulungan, and M. R. Pulungan, “Prediksi Harga Pangan di Tengah Isu Ketidakpastian Global Menggunakan Metode Regresi Linear dan Regresi Polinomial,” 2024, doi: 10.37859/jf.v14i2.6996.