Analisis Kesesuaian Buku Matematika Kelas X dengan Standar Pusat Perbukuan pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Authors

  • Rivani Adistia Dewi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Jarnawi Afgani Dahlan Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Turmudi Turmudi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.694

Keywords:

analisis buku teks, matematika, sistem persamaan linear tiga variabel, standar pusat perbukuan

Abstract

Buku teks matematika memegang peranan penting dalam proses pembelajaran matematika karena guru-guru menggunakannya sebagai panduan untuk proses pembelajaran, baik yang berhubungan dengan konten pengajaran maupun metode pengajaran. Oleh karena itu, kelayakan buku teks mempengaruhi keberhasilan proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian buku teks matematika kelas X yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan dengan standar Pusat Perbukuan pada materi SPLTV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis dokumen. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan pencatatan mengenai kesesuaian buku yang dinyatakan dengan pendekatan check-list pada lembar instrumen yang disusun berdasarkan standar Pusat Perbukuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 16 butir penilaian yang ditetapkan oleh standar Pusat Perbukuan, masih terdapat 3 butir penilaian yang belum dipenuhi. Hal ini karena kedalaman materi SPLTV yang dimuat dalam buku masih belum sesuai dengan tujuan pembelajaran, terdapat contoh permasalahan SPLTV yang masih kurang dekat dengan kehidupan peserta didik, dan tidak adanya rangkuman materi pada akhir bab. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun buku teks telah memenuhi sebagian besar standar, masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi penerbit dan penulis buku dalam menyusun buku teks yang lebih sesuai dengan standar Pusat Perbukuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. S. Moneta, N. A. Yensy, dan E. Susanto, "Analisis Buku Teks Matematika SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Berdasarkan Standar BSNP", Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), vol. 4, no. 3, pp. 327-339.

A. Sriyanti, A. R. Samdewi, S. Mania, dan N. Yuliany, "Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Buku Ajar Matematika SMK kelas XI", Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 2, pp. 2385-2394.

E. Suharyono, dan R. Rosnawati, "Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika Smp Ditinjau dari Literasi Matematika", Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 3, pp. 451-462.

S. Widodo, & E. Mulyani, "Kualitas Buku Teks Matematika dan Dampaknya terhadap Pemahaman Konsep Siswa", Jurnal Ilmu Pendidikan, vol 15, no. 3, pp. 210-225.

T. Yenusi, J. Mumu, dan B. Tanujaya, "Analisis Soal Latihan pada Buku Paket Matematika SMA yang Bersesuaian dengan Higher Order Thinking Skill", Journal of Honai Math, vol. 2, no. 1, pp. 53-64.

J. Araiku, S. Somakim, W. D. Pratiwi, N. Faradilla, dan A. O. Lestari, "Analisis Buku Matematika SMA Berdasarkan Standard For Mathematical Practice", Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 2, pp. 137-153.

A. Fajriatin, "Analisis Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas IX Bab Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Konten pada Kriteria Bell", Makalah Yang Disajikan Di Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY ISBN, pp. 602-978.

L. L. Syarifah, Y. Yenni, dan W. K. Dewi, "Analisis Soal-Soal pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI Ditinjau dari Aspek Kognitif", Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 2, pp. 1259-1272.

A. Purnama, T. T. Wijaya, S. N. Dewi, dan Z. Zulfah, "Analisis Buku Siswa Matematika SMA dari Indonesia dan China pada Materi Peluang dan Statistik", Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 2, pp. 813-822.

A. D. Mayangsari, P. M. Labulan, dan R. Rusdiana, "Analisis Kesalahan Buku Teks Matematika Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013", Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), vol. 3, no. 2, pp. 79-84.

A. H. Ramda, "Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Kemendikbud Matematika Kelas VII dengan Kurikulum 2013", Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 12, no. 1, pp. 12-22. doi: 10.21831/pg.v12i1.14057.

I. Rizkianto, dan R. H. Santosa, "Analisis Buku Matematika Siswa SMP Kurikulum 2013", Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 2, pp. 229-236.

L. Agustina, D. Nurhidayah, dan Y. Wiratomo, "Analisis Materi dan Penyajian pada Buku Teks Matematika SMP / MTs untuk Kelas VIII", in Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 2020, vol. 80, pp. 359–370.

P. Fendiyanto, dan M. Siregar, "Analisis Kelayakan Materi pada Buku Teks Matematika Kurikulum Merdeka SMA Kelas XI Berdasarkan Kriteria Bell", Jurnal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 2, pp. 1398-1408. doi: 10.31004/cendekia.v8i2.3357.

M. M. Rizqi, D. Wijayanti, M. A. Basir, "Analisis Buku Teks Matematika Materi Himpunan Menggunakan Model Prakseologi", Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 1, pp. 57-76.

A. Rahman, B. Setiawan, & D. Yulianti, "Evaluasi Buku Ajar Matematika dalam Konteks Standar Nasional Pendidikan", Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, vol 10, no. 2, pp. 145-160.

T. Utari, dan H. Hartono, "Muatan Penalaran dan Pembuktian Matematis pada Buku Teks Matematika SMA Kelas X Kurikulum 2013", Jurnal Riset Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 1, pp. 1-13. doi: 10.21831/jrpm.v6i1.17002.

D. Susanto, T. Kurniawan, S. K. Sihombing, E. Salim, M. M. Radjawane, U. Salmah, dan A. K. Wardani, "Matematika Untuk SMA/SMK Kelas X". Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2021.

S. Murniati, dan Y. Roza, "Analisis Kesesuaian Materi Himpunan Buku Teks Siswa Matematika Kelas VII terhadap Kurikulum 2013", Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 10, no. 2, pp. 177-188.

NCTM, "Principles and Standar for School Mathematics", Reston: The National Council of Mathematics, Inc.

L. Agustina, D. Nurhidayah, & Y. Wiratomo, “Analisis Materi dan Penyajian pada Buku Teks Matematika SMP/MTs untuk Kelas VIII”, Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 1.

H, E. Nurmutia, S. Mariani, & B. E. Susilo, “Analisis Materi, Penyajian, dan Bahasa Buku Teks Matematika SMA Kelas X di Kabupaten Rembang”. Unnes Journal of Mathematics Education, vol. 2, no. 3, pp. 308-315.

Published

2025-03-24

How to Cite

Dewi, R. A. ., Dahlan, J. A., & Turmudi, T. (2025). Analisis Kesesuaian Buku Matematika Kelas X dengan Standar Pusat Perbukuan pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(3), 695-704. https://doi.org/10.52436/1.jpti.694