Analisis Kepuasan Siswa terhadap Fasilitas Sekolah di SMP Negeri 1 Gedung Surian menggunakan Metode CSI dan IPA
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.661Keywords:
Customer Satisfaction Index, Fasilitas Sekolah, Importance-Performance Analysis, Kepuasan SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan siswa terhadap fasilitas sekolah di SMP Negeri 1 Gedung Surian dengan menggunakan pendekatan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance-Performance Analysis (IPA). Metode ini digunakan untuk mengukur sejauh mana fasilitas sekolah memenuhi harapan siswa dan mengidentifikasi prioritas perbaikan fasilitas berdasarkan tingkat kepentingan dan kinerja yang dirasakan. Data diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh 120 siswa, mencakup evaluasi fasilitas seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, kantin, toilet, dan area olahraga. Hasil analisis menunjukkan tingkat kepuasan siswa berada pada kategori “cukup puas” dengan nilai CSI sebesar 72%. Analisis IPA mengidentifikasi toilet dan kantin sebagai prioritas utama untuk diperbaiki karena memiliki tingkat kepentingan tinggi tetapi kinerja rendah, sementara ruang kelas dan perpustakaan berada dalam kategori fasilitas yang harus dipertahankan karena kinerjanya tinggi. Penelitian ini merekomendasikan perbaikan segera pada fasilitas prioritas serta pemeliharaan fasilitas yang telah memenuhi harapan siswa. Pendekatan ini dapat diadaptasi oleh sekolah lain untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih nyaman serta mendukung prestasi siswa.
Downloads
References
M. Gazali, R. H. Hirzi, and H. P. Pambayun, “Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Fasilitas Sekolah Menggunakan Importance Performance Analysis,” J. Pendidik. Mat. Indones., vol. 6, no. 1, pp. 9–12, 2021.
L. Chayani and J. Januardi, “Pengaruh Fasilitas Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smk Negeri 1 Pendopo Pali,” J. Neraca J. Pendidik. dan Ilmu Ekon. Akunt., vol. 3, no. 2, pp. 249–258, 2019.
Widodo Mulyo Sanusi and Sutopo Joko, “Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer,” J. Inform. Upgris, vol. 4, no. 1, pp. 38–45, 2018.
G. N. J. Adinegara, N. K. P. Yanti, and N. M. E. O. Astuti, “Ananlisis Tingkat Kepuasan Tamu Terhadap Pelayanan Pramusaji Di Sunset Restaurant Pada Hotel Puri Raja Di Legian, Kuta - Bali,” J. Ekon. dan Pariwisata, vol. 10, no. 2, pp. 12–21, 2015.
S. D. N. Siahaan and F. Agustini, “Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) (Studi Kasus Pada BNI UNIMED),” J. Bus. Econ. Res., vol. 2, no. 1, pp. 13–19, 2021.
S. Trianziani, “View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk,” vol. 4, no. November, pp. 274–282, 2020.
N. Azzahra, “Problematika Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Terpencil,” Kumparan, 2022. [Online]. Available: https://kumparan.com/nurul-azzahra-1669446039263959432/problematika-sarana-dan-prasarana-pendidikan-di-sekolah-terpencil-1zKA8qT4Mbc. [Accessed: 23-Dec-2024].
A. Nugraha, Lutfi; Yuniar; Harsono, “Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan Bahasa Inggris Menggunakan Metode Service Quality (Servqual) Di Lbpp Lia Martadinata Kota Bandung,” J. Online Inst. Teknol. Nas., vol. Vol. 3, no. No. 1, pp. 61–72, 2015.
M. A. Harianja, D. D., Rahmawati, R., & Mukid, “Analisis Kesenjangan Kualitas Pelayanan terhadap Pengunjung Perpustakaan Universitas Diponegoro,” J. Gaussian, 2015.
L. L. Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, “SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality,” vol. 64(1), no. Journal of Retailing, pp. 12–40, 1988.
K. L. Kotler, P. and Keller, “Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.,” 2016.
Algifari, “Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan(Revisi),” vol. BPFE-Yogya, 2016.
et al. aDyke, S., “SERVQUAL: A tool for measuring service quality,” vol. 34(3), no. Journal of Marketing Research, pp. 147–152, 1997.
M. Lubis, R. H. Solehudin, and N. D. Safitri, “Seberapa ‘pengaruh’ media, fasilitas, dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa?,” J. Penelit. Tindakan Kelas, vol. 1, no. 3, pp. 162–167, 2024.
L. Sunadi, “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Muhammadiyah 2 Surabaya,” J. Pendidik. Ekon., pp. 1–19, 2010.