Evaluasi dan Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi Kesehatan Berbasis Kebutuhan Pengguna
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.630Keywords:
Aplikasi Kesehatan, Evaluasi Usability, Pengalaman Pengguna, UI/UXAbstract
Tantangan dalam manajemen klinik masih sering kali dihadapi, seperti pengelolaan data pasien, pengaturan jadwal konsultasi, dan komunikasi antara pasien dan tenaga medis yang masih menggunakan sistem manual atau semi manual sehingga kerap menyebabkan ketidakefisienan dan potensi kesalahan dalam pelayanan. Dengan adanya kemajuan teknologi informasi telah mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam sektor kesehatan. Berdasarkan kemajuan teknologi yang terjadi maka dirancanglah aplikasi Klinik Assistant yang dapat membantu untuk meningkatkan efisiensi operasional klinik dengan menyediakan fitur-fitur utama seperti reservasi online, melihat jadwal dokter, konsultasi online, dan pembelian obat secara online. Tahapan yang dilakukan dalam merancang sistem ini adalah dengan mengumpulkan data-data yang dibutuhkan kemudian membuat rancangan dengan menggunakan perancangan Unified Modeling Language (UML) serta membuat prototype sistem yang diimplementasikan menggunakan framework flutter dan visual studio code sebagai software pendukung dalam membangun sistem ini, lalu pengujian prototype dilakukan dengan metode pengujian blackbox testing. Hasil pengujian sementara menunjukan bahwa prototype sistem ini dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengevaluasi antarmuka pengguna (UI) pada aplikasi pelayanan kesehatan untuk meningkatkan pengalaman pengguna (UX). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis kebutuhan pengguna, penelitian ini memfokuskan pada desain UI/UX yang nyaman dan mudah digunakan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa evaluasi usability yang positif skor rata-rata pada kuesioner System Usability Scale (SUS) mencapai 78.5, menunjukkan bahwa desain antarmuka yang diusulkan memiliki tingkat usability yang baik. Selain itu, skor rata-rata pada User Experience Questionnaire (UEQ) sebesar 1.75 menandakan bahwa pengguna merasa nyaman dan puas dengan pengalaman yang diberikan oleh aplikasi.
Downloads
References
A. B. Praditya, A. Dwi Herlambang, and M. C. Saputra, “Evaluasi Dan Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi On Demand Berbasis Mobile Dengan Menerapkan Human-Centred Design (Studi Kasus: Mangjek Indonesia),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 9, pp. 3021–3028, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
E. N. Sulastri, D. S. Yudha, and A. R. Efrat, “PENERAPAN METODE USER CENTERED DESIGN PADA PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI MARKETPLACE CATERING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4702.
R. C. Irawan, “Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi Telemedicine,” Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, vol. Vol. 12 No. 1, 2024, doi: 10.33560/jmiki.v12i1.659.
A. Hewu Hawini, R. Restyandito, and D. Sebastian, “Evaluasi Dan Perancangan Antarmuka Aplikasi Pelayanan Kesehatan Mobile Bagi Lansia,” Jurnal Terapan Teknologi Informasi, vol. 6, no. 2, pp. 111–119, Oct. 2022, doi: 10.21460/jutei.2022.62.213.
F. A. Rachim, B. Irmawati, and R. Afwani, “PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK KLINIK TERAPI MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: KLINIK RUMAH TERAPI SAHABAT),” Jurnal Teknologi Informasi, Komputer dan Aplikasinya (JTIKA), vol. Vol. 6, No. 2, 2024, [Online]. Available: http://jtika.if.unram.ac.id/index.php/JTIKA/
S. Ernawati and A. Dwi Indriyanti, “Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Medical Tourism Indonesia Berbasis Mobile Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) (Studi Kasus: PT Cipta Wisata Medika),” JEISBI, vol. 03, 2022.
K. Prima Putra, A. Amri, N. A. Fachrul, S. T. Kurnia, and M. Daffa, “Pengembangan Desain Antarmuka Pengguna untuk Aplikasi Edukasi Gizi dalam Pencegahan Stunting,” INTEC Journal: Information Technology Education Journal, vol. 3, no. 3, 2024.
A. Z. Mubarok and Carudin, “Perancangan User Interface/User Experience Pada Aplikasi Baby Spa Berbasis Mobile Untuk User Customer Dan Terapis Menggunakan Metode User Centered Design,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4, 2022.
D. Larson Kaligis and R. R. Fatri, “PENGEMBANGAN TAMPILAN ANTARMUKA APLIKASI SURVEI BERBASIS WEB DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN,” Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer, vol. 21, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it
K. Wulandari and A. Voutama, “Perancangan UI Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental Berbasis Mobile Menggunakan Metode User Centered Design (UCD),” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, vol. Volume 6; Nomor 2, 2023, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index
A. K. Ferdiantoro, R. I. Rokhmawati, and L. Fanani, “Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menggunakan Metode Human Centered Design,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 5, pp. 1446–1454, 2020, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
F. Sihaloho, “Perancangan User Interface (UI) dan User Experince (UX) Aplikasi pendistribution alat-alat kesehatan pada perusahaan PT. Rekamileniumindo Selaras Jakarta Barat,” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), vol. 9, no. 1, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse33
S. Ainurohmah and K. D. Irianto, “DESAIN UI/UX TELAHOUSE: APLIKASI OTOMATIS PENGENDALIAN LAMPU DAN SUHU UNTUK LANSIA,” EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, vol. 11, no. 4, Jun. 2024, doi: 10.47668/edusaintek.v11i4.1315.