Pengaruh Video Unboxing TikTok pada Keputusan Pembeli Produk Kecantikan Generasi Z: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif

Authors

  • M. Alung Sanjaya Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia
  • Aditia Yudhistira Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.566

Keywords:

FOMO, generasi z, keputusan pembelian, produk kecantikan, TikTok, video unboxing

Abstract

Video unboxing di TikTok menjadi suatu tren yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen, khususnya pada generasi Z. Penelitian ini menganalisis pengaruh video unboxing di TikTok terhadap keputusan pembelian produk kecantikan oleh generasi Z. Metode kuantitatif menggunakan kuesioner daring dengan 100 responden (50 laki-laki dan 50 perempuan), sedangkan metode kualitatif menggunakan wawancara mendalam dengan 15 responden. Hasil menunjukkan bahwa video unboxing meningkatkan keyakinan terhadap kualitas dan keaslian produk serta lebih dipercaya dibandingkan iklan tradisional. Selain itu, efek FOMO (fear of missing out) yang diciptakan mendorong keputusan pembelian lebih cepat. Dari penelitian ini memberikan dampak wawasan yang bermanfaat bagi pemasar untuk memanfaatkan video unboxing sebagai strategi pemasaran yang efektif menjangkau generasi Z di bidang kecantikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. P. Meydila and I. B. Cempena, “Pengaruh Shopping Lifestyle, Content Marketing dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Pengguna Tiktok Shop (Studi Kasus Pada Generasi Z di Kota Surabaya),” Neraca Manajemen, Ekon., vol. 6, no. 9, pp. 1–14, 2024, doi: 10.8734/mnmae.v1i2.359.

Tukidi, I. Adhani, and R. M. Antika, “Pengaruh Content Marketing Tiktok Affiliate, Live Streaming dan Diskon Harga di Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare (Studi Kasus di Jakarta Selatan),” Manag. Res. Bus. J., vol. 1, no. 2, pp. 103–119, 2024, [Online]. Available: http://journal-laaroiba.com/ojs/index.php/reslaj/article/view/1319%0Ahttps://journal-laaroiba.com/ojs/index.php/reslaj/article/download/1319/1513

F. Fachril, “Peran Word of mouth dan Influencer dalam Key Opinion Leader pada E- Commerce Tiktok Shop terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z (Studi Kasus Mahasiswa Di Universitas Yapis Papua),” Reliab. J. Ilmu Manaj., vol. 1, no. 2, pp. 1–12, 2023, doi: 10.55098/jr.v1i1.364.

Putri Chindy Narawati and Adryan Rachman, “Pengaruh Influncer, Hedonic Shopping Motive, Dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Tiktok Shop Di Jabodetabek,” MASMAN Master Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 119–132, 2024, doi: 10.59603/masman.v2i1.292.

N. Indah Lestari, M. Ramadani, A. Noor Syrah, and S. Anggreini, “Peran Beauty Influencer Dalam Meningkatkan Minat Beli Produk Make Up Pada Generasi Z,” Sains Manaj., vol. 9, no. 2, pp. 56–72, 2024, doi: 10.30656/sm.v9i2.8044.

P. Rajaram and P. Manchanda, “Video Influencers: Unboxing the Mystique,” SSRN Electron. J., no. 21, 2021, doi: 10.2139/ssrn.3752107.

A. Bhattacharya and P. M. Dhingra, “YouTube ‘Unboxing:’ An Influencer of Purchase Intent—A Quantitative Study,” NMIMS Manag. Rev., vol. 31, no. 3, pp. 203–213, 2023, doi: 10.1177/09711023231205509.

Vivi Juli Pratiwi, Furqon Efendi, Muchammad Fariz, Khairani Zikrinawati, and Zulfa Fahmy, “Pengaruh Voucer Diskon Belanja Pada Live Streaming Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Implusive Buying Dikalangan Mahasiswa UIN Walisongo Semarang,” Student Sci. Creat. J., vol. 1, no. 2, pp. 391–400, 2023, doi: 10.55606/sscj-amik.v1i2.1839.

S. Dwinanda and I. Rachmawati, “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Wardah Pada Generasi Y,” J. SeMaRaK, vol. 4, no. 2, pp. 98–104, 2021, doi: 10.32493/smk.v4i2.10994.

A. N. Sa’adah, A. Rosma, and D. Aulia, “Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok,” Transekonomika Akuntansi, Bisnis dan Keuang., vol. 2, no. 5, pp. 131–140, 2022, doi: 10.55047/transekonomika.v2i5.176.

M. Ashdaq, S. Alam, V. Aris, and N. F. Mandasari, “The Impact of Marketing through Social Media on Brand Attitudes: A Study of Cosmetics Products in Female Generation Z,” J. Econ. Financ. Manag. Stud., vol. 06, no. 08, pp. 3702–3709, 2023, doi: 10.47191/jefms/v6-i8-19.

S. Rahmayanti and R. Dermawan, “Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya,” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 6, no. 1, pp. 337–344, 2023, doi: 10.37531/sejaman.v6i1.2451.

P. Sadjijo, G. K. Nathanael, and H. S. Adzkya, “Dampak Video #Racuntiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 7, no. 1, pp. 1711–1726, 2024, [Online]. Available: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/25424

D. Suryani, W. A. Kudus, and R. Setiawan, “Perilaku Konsumsi Pada Remaja Pengguna Social Commerce Tiktok Di Kelurahan Pipitan,” Edu Sociata ( J. Pendidik. Sosiologi), vol. 7, no. 1, pp. 258–271, 2024, doi: 10.33627/es.v7i1.2022.

S. Pokhrel, “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Behavioral Intention untuk Menggunakan Tiktok Shop pada Gen Z Vita,” ????, vol. 15, no. 1, pp. 37–48, 2024.

Published

2025-01-19

How to Cite

Sanjaya, M. A., & Yudhistira, A. (2025). Pengaruh Video Unboxing TikTok pada Keputusan Pembeli Produk Kecantikan Generasi Z: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(1), 75-85. https://doi.org/10.52436/1.jpti.566