Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia Berbasis Kontekstual di SMA Negeri 15 Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.549Keywords:
Asam Basa, Kontekstual, MotivasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran kimia berbasis kontekstual pada materi asam basa. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dengan sampel 26 siswa kelas XI di SMA Negeri 15 Muaro Jambi. Data diperoleh melalui angket motivasi belajar yang mencakup 15 indikator. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas siswa berada pada kategori Sedang (30,77%) dan Rendah (23,08%). Strategi pembelajaran berbasis kontekstual terbukti efektif meningkatkan motivasi belajar siswa, meskipun diperlukan pendekatan tambahan untuk mendukung siswa dengan motivasi rendah. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran inovatif yang relevan dengan kehidupan nyata siswa.
Downloads
References
R. Abdurahman, R. Eliza, A. Manggala, A. Suci Ningsih, and S. Effendy A, “Produksi Gas Hidrogen Berdasarkan Pengaruh Luas Penampang Terhadap Konsentrasi Larutan Elektrolit Dan Suplai Arus Dengan Metode Elektrolisis,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 1, no. 11, pp. 447–451, 2021, doi: 10.52436/1.jpti.103.
F. Nurrokhmah, A. D. S. Krissandi, and M. Sarwi, “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas II SDN Tambakrejo melalui Model Discovery Learning,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 3, no. 1, pp. 25–30, 2023, doi: 10.52436/1.jpti.54.
H. Daing, A. La Kilo, H. Iyabu, and L. Alio, “Analisis Motivasi Belajar pada Materi Asam Basa Selama Masa Pandemi Covid-19,” Jambura J. Educ. Chem., vol. 4, no. 1, pp. 31–36, 2022, doi: 10.34312/jjec.v4i1.13240.
J. Beno, A. . Silen, and M. Yanti, “PEMBELAJARAN KIMIA YANG MENYENANGKAN DI MADRASAH (Fun,” Braz Dent J., vol. 33, no. 1, pp. 1–12, 2022.
T. Aisyah, R. Zannah, E. A.E.L, Y. Trisilaningsih, and N. Y. Priyanti, “Pembelajaran Problem Based Learning,” Incrementapedia J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 27–36, 2022, doi: 10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6563.
M. Yuliyanti and S. Saputro, “Dual Situated Learning Model Sebagai Remedial Teaching,” vol. 14, no. December, pp. 175–187, 2022.
M. B. Adenan and N. Efendi, “Analysis of Interests and Learning Outcomes of Elementary School Natural Sciences Through Contextual Approach,” Indones. J. Educ. Methods Dev., vol. 14, 2021, doi: 10.21070/ijemd.v14i.587.
E. Rahmawati, N. Farika, Z. Nurroniah, L. Nuraini, and B. Supriadi, “Identifikasi Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas,” Didakt. J. Kependidikan, vol. 15, no. 2, pp. 116–129, 2022, doi: 10.30863/didaktika.v15i2.2108.
A. M. ardiyansyah, M, “PROBLEMATIKA KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR Y,” J. Ilmiah Pendidikan Dasar., vol. 08, pp. 1–14, 2023, [Online]. Available: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
S. Maulani, N. Nuraisyah, D. Zarina, I. Velinda, and A. N. Aeni, “Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 539–546, 2022, doi: 10.52436/1.jpti.134.