Analisa Kualitas Website Lancangkuning.Com Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis

Authors

  • Latiful Nazaf Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Eki Saputra Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Megawati Megawati Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Zarnelly Zarnelly Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Arif Marsal Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.484

Keywords:

importance performance analysis, kepuasan pengguna, kualitas website, lancangkuning.com, webqual 4.0

Abstract

Website portal berita Lancangkuning.com dalam penerapannya masih terdapat permasalahan, seperti iklan yang besar yang mengganggu tampilan, navigasi yang kurang responsif, serta informasi yang jarang diperbarui. Sehingga penelitian ini berfokus pada dua hal utama yaitu pengukuran kualitas website Lancangkuning.com dan menganalisis apakah kualitas website memiliki pengaruh kepada kepuasan pengguna. Untuk mengukur kualitas website maka digunakan WebQual 4.0 yang selanjutnya hasilnya akan dipetakan pada kuadran Importance-Performance Analysis. Penelitian ini menggunakan 3 variabel independen yaitu dimensi pada WebQual seperti usability, information quality, dan service interaction quality. Selain variabel independen, terdapat variabel dependen yaitu customer satisfaction. Hasil pengukuran dari 100 responden penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 2 atribut pernyataan berada pada kuadran I IPA dan 5 atribut pernyataan berada pada kuadran III IPA. Hasil uji t-statistic dan p-value menunjukkan bahwa seluruh dimensi pada WebQual mempengaruhi secara bersamaan. Dari hasil analisis pengaruh tersebut dapat disimpulkan bahwa perbaikan untuk kuadran I IPA dan kuadran III IPA harus berdasarkan prioritasi yaitu nilai kesenjangan dan dimensinya secara urut yaitu usability, information quality, dan service interaction quality.

Downloads

Download data is not yet available.

References

C. A. Cholik, “Perkembangan teknologi informasi komunikasi/ICT dalam berbagai bidang,” J. Fak. Tek. UNISA Kuningan, vol. 2, no. 2, hal. 39–46, 2021.

A. Syaifuddin dan Z. Zarnelly, “Analisis Kualitas Website Mediacenter Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan IPA,” Indones. J. Inform. Res. Softw. Eng., vol. 3, no. 1, hal. 74–81, 2023, doi: 10.57152/ijirse.v3i1.666.

D. Napitupulu, “Analysis of factors affecting the website quality based on WebQual approach (study case: XYZ University),” Int. J. Adv. Sci. Eng. Inf. Technol., vol. 7, no. 3, hal. 792–798, 2017.

D. Apriliani, M. Fikry, dan M. J. Hutajulu, “Analisa Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Situs Detik. com,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 8, no. 1, hal. 34–45, 2020.

M. J. Farrell, H. M. Az-Zahra, dan R. I. Rokhmawati, “Analisis Kualitas Website Portal Berita dan Opini Mojok.Co Menggunakan Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 7, hal. 3036–3045, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id

N. N. SABILA, “Analisis Kualitas Website Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru dengan Metode Webqual 4.0 dan IPA,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf. ISSN 2407-4322 Vol. 10, No. 1, Maret 2023, Hal., vol. 2, no. 1, hal. 41–49, 2020.

R. F. Budi, “Pengaruh kualitas web terhadap tingkat kepuasan penggunaan Google Scholar (Studi pada mahasiswa Unair sebagai penunjang kegiatan akademis),” Libri-Net, vol. 2, no. 1, hal. 1–20, 2013.

R. P. Suryadiningrat dan P. M. Agustini, “Pengaruh Kualitas Website Terhadap E-Satisfaction, E-Trust Dan E-Loyalty Pengguna Website Tvonenews. Com Di Jakarta Timur,” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 4, no. 4, hal. 3955–3974, 2023.

K. R. Prasianto dan K. D. Hartomo, “Pengujian Sistem Informasi Pelayanan Desa Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 6, no. 1, hal. 1–8, Jan 2022, doi: 10.30865/MIB.V6I1.3286.

I. Salamah, “EVALUASI USABILITY WEBSITE POLSRI DENGAN MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE,” vol. 8, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://files/539/Salamah - 2019 - EVALUASI USABILITY WEBSITE POLSRI DENGAN MENGGUNAK.pdf

I. Salamah, L. Lindawati, M. Fadhli, dan R. D. Kusumanto, “Evaluasi Pengukuran Website Learning Management System Polsri Dengan Metode Webqual 4.0,” J. Digit Digit. Inf. Technol., vol. 10, no. 1, hal. 1–10, 2020.

Y. Pratama dan D. S. Kusumo, “Pengukuran kualitas website cdc universitas telkom menggunakan metode webqual 4.0,” eProceedings Eng., vol. 2, no. 1, 2015.

R. Pamungkas dan S. Saifullah, “Evaluasi Kualitas Website Program Studi Sistem Informasi Universitas PGRI Madiun Menggunakan Webqual 4.0,” INTENSIF J. Ilm. Penelit. Dan Penerapan Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, hal. 22–31, 2019.

J. Herawati dan R. Rinofah, “Evaluasi Kinerja Sistem Layanan Administrasi Berbasis Online (SILABO) di Fakultas Ekonomi UST,” Akmenika J. Akunt. dan Manaj., vol. 19, no. 1, hal. 631–639, 2022, doi: 10.31316/AKMENIKA.V19I1.2645.

R. F. Muthmainah, D. Prawira, dan I. Ilhamsyah, “Analisis Kualitas Website Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Menggunakan Metode E-GovQual dan Importance Performance Analysis (IPA),” J. Tekno Kompak, vol. 17, no. 2, hal. 61–73, 2023.

S. Monalisa dan K. Rizky, “Pengukuran Kualitas Website Rumah Batik Andalan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis,” J. Ilm. Rekayasa Dan Manaj. Sist. Inf., vol. 7, no. 1, hal. 27–35, 2021.

M. Jazuli dan D. Samanhudi, “Analisis kualitas pelayanan dengan menggunakan metode service quality (Servqual) dan importance performance analysis (IPA) di PT. XYZ,” JUMINTEN, vol. 1, no. 1, hal. 67–75, 2020.

N. M. N. K. Dewi, P. A. Prayustika, dan L. Marheni, “Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Menggunakan Gap Analysis dan Importance Performance Analysis Pada Hotel Swiss-belresort Pecatu.” Politeknik Negeri bali, 2023.

E. E. Barus, S. Suprapto, dan A. Herlambang, “Analisis Kualitas Website Tribunnews.com Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 4, hal. 1483–1491, 2018, Diakses: 4 November 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1226

M. Zidane Amin, S. Chodiza, dan L. Septiana, “Penerapan Metode Webqual 4.0 Dan Ipa Dalam Analisa Kualitas Website Perpustakaan Muspera Kementerian Lhk,” EDUSAINTEK J. Pendidikan, Sains dan Teknol., vol. 9, no. 3, hal. 640–658, 2022, doi: 10.47668/edusaintek.v9i3.565.

G. F. Mandias, S. Kom, Y. Septiawan, dan M. J. Bojoh, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Ipa Terhadap Situs Sla Tompaso,” Cogito Smart J., vol. 7, no. 2, hal. 396–406, 2021.

Published

2025-02-14

How to Cite

Nazaf, L., Saputra, E., Megawati, M., Zarnelly, Z., & Marsal, A. . (2025). Analisa Kualitas Website Lancangkuning.Com Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(2), 245-253. https://doi.org/10.52436/1.jpti.484