Peningkatan Kemampuan Diskusi Siswa Melalui Metode Think Pair Share Di Sekolah Dasar Negeri 3 Korleko Selatan
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.467Keywords:
Kemampuan diskusi, Metode Think Pair ShareAbstract
Kemampuan diskusi sejalan dengan kemampuan kerja sama, sehingga sangat penting untuk dimiliki oleh setiap siswa. Dengan melakukan interaksi atau kerja sama dengan anggota kelompok, maka siswa akan terlatih mengembangkan kemampuan berpikir, mengemukakan pendapat, dan keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan diskusi siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 3 Korleko Selatan melalui metode think pair share. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan komponen perencanaa, pelaksaaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Pada siklus I (satu) presentase ketuntasan siswa hanya mencapai 64% dan pada siklus II (kedua) presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 86%. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kemampuan diskusi siswa pada pembelajaran tematik.
Downloads
References
Z. M. Rosyid, M. Mansyur, and A. R. Abdullah, Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara, 2019.
M. Suardi, Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublist, 2018.
H. Warsono and M. S. Hariyanto, Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
A. Prastowo, Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group, 2019.
A. Ginting, Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran (Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen). Bandung: Humaniora, 2012.
Nurlailah and R. Adwiah, “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Learning Cell Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Rompo Kabupaten Bima,” J. Pendidik. Dasar Flobamorata, vol. 5, no. 2, Art. no. 2, May 2024, doi: 10.51494/jpdf.v5i2.1548.
C. Burns* and D. Myhill, “Interactive or inactive? A consideration of the nature of interaction in whole class teaching,” Camb. J. Educ., vol. 34, no. 1, pp. 35–49, 2004, doi: 10.1080/0305764042000183115.
M. Kaddoura, “Think Pair Share: A Teaching Learning Strategy to Enhance Students’ Critical Thinking,” Educ. Res. Q., vol. 36, no. 4, pp. 3–24, Jun. 2013.
H. Silva, J. Lopes, C. Dominguez, and E. Morais, “Think-Pair-Share and Roundtable: Two Cooperative Learning Structures to Enhance Critical Thinking Skills of 4th Graders,” Int. Electron. J. Elem. Educ., vol. 15, no. 1, pp. 11–21, Nov. 2022, doi: 10.26822/iejee.2022.274.
I. Rosita and L. Leonard, “Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 3, no. 1, Aug. 2015, doi: 10.30998/formatif.v3i1.108.
E. Nurnawati, D. Yulianti, and H. Susanto, “Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share,” UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 1, no. 1, Art. no. 1, 2012, doi: 10.15294/upej.v1i1.764.
F. W. Kusuma and M. N. Aisyah, “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 10, no. 2, Art. no. 2, Nov. 2012, doi: 10.21831/jpai.v10i2.912.
A. Ni’mah and P. Dwijananti, “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksperimen untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Nahdlatul Muslimin Kudus,” UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 3, no. 2, Art. no. 2, 2014, doi: 10.15294/upej.v3i2.3593.
H. Satria, “Pengaruh Teknik Cooperative Learning Berbasis Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Dasar-Dasar Elektronika,” Circuit J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Feb. 2021, doi: 10.22373/crc.v5i1.8085.
S. S. Latifah and I. P. Luritawaty, “Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 1, Art. no. 1, Jan. 2020, doi: 10.31980/mosharafa.v9i1.590.
A. Rukmini, “Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Pkn SD,” Soc. Humanit. Educ. Stud. SHES Conf. Ser., vol. 3, no. 3, Art. no. 3, Dec. 2020, doi: 10.20961/shes.v3i3.57088.
M. Ilham and W. E. Hardiyanti, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Dengan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Globalisasi Di Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 1, Art. no. 1, Jan. 2020, doi: 10.30659/pendas.7.1.12-29.
H. Susilo, H. Chotimah, and Y. D. Sari, Penelitian Tindakan Kelas. Jawa: Media Nusa Cretive (MNC Publishing), 2022.
Z. Arifin, Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
M. Rahardjo, Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Malang: UIN Malang, 2011.
E. Nainggolan, Y. A. Sidabutar, and S. Pasaribu, “Pengaruh Metode Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Tematik Subtema Hidup Rukun di Sekolah pada Siswa Kelas II UPT SD Negeri 13 Pahang,” J. Pendidik. Dan Konseling JPDK, vol. 4, no. 5, pp. 7072–7082, Oct. 2022, doi: 10.31004/jpdk.v4i5.7853.
A. Rachmawati and E. Erwin, “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, Art. no. 4, Jun. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3613.
N. Amaliyah, W. Fatimah, and P. B. Abustang, “Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPS,” Satya Widya, vol. 35, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2019, doi: 10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p126-139.
L. S. Vygotsky, Mind in Society. Cambridge: Harvard University Press, 1978.