Pengembangan E-book Interaktif sebagai Bahan Ajar Penyajian Makanan dan Minuman
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.427Keywords:
Bahan Ajar, E-book interaktif, Porsi HidanganAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya temuan sebanyak 54% siswa belum memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Penyajian Makanan dan Minuman. Didapatkan bahwa bahan ajar untuk pembelajaran elemen Penyajian Makanan dan Minuman di SMK Bina Wisata Lembang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar e-book interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) level 1 yang terdiri dari tiga tahap yaitu penelitian pendahuluan, pengembangan e-book, dan validasi e-book. Tahap perancangan e-book dilakukan analisis kebutuhan siswa dan merancang garis besar materi. Pada tahap ini menghasilkan flowchart e-book interaktif, desain e-book, dan storyboard yang telah tervalidasi. Tahap pengembangan e-book dilakukan perancangan seluruh komponen e-book yang terdiri dari kuis, tugas, online board, dan game interaktif, serta melakukan penggabungan seluruh komponen e-book menggunakan Heyzine Flipbook. Pada tahap ini menghasilkan e-book interaktif dalam format HTML. Tahap validasi dilakukan oleh ahli materi, bahasa, dan media. Hasil validasi menunjukan bahwa e-book interaktif yang dikembangkan layak untuk digunakan baik dari aspek materi, bahasa, maupun media. Adapun e-book yang dihasilkan berisi materi, vidio pembelajaran, game interaktif, pertanyaan interaktif, kuis, gambar pop up, online board, hyperlink dan halaman evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa e-book interaktif yang telah dikembangkan layak untuk digunakan.
Downloads
References
M. V. Azhari, A. S. Nurani dan R. Patriasih, “Pengembangan Template Media Pembelajaran Sebagai Sarana Presentasi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Seminar Tata Boga,” Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner. Vol. 7, No. 1, pp. 55-66. https://doi.org/10.17509/boga.v7i1.11597, 2018.
D. I. Suwarni, S. Kurniasih dan R. T. Rostikawati, “Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan Demonstrasi Reciprocal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekosistem Siswa SMP PGRI Suryakencana Cileungsi Kabupaten Bogor,” Jurnal Pendidikan Ilmiah Vol.3 No.8, pp. 90-95, 2018.
A. P. Rahayu, “Meraih Puncak Prestasi: Perangkat Pembelajaran yang Tepat Sebagai Kunci Keberhasilan Siswa,” 2023.
E. Susanto dan H. Retnawati, “Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA,” Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 3 - Number 2, pp. 189-197, 2016.
D. Effendi dan A. Wahidy, “Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, pp. 125-129, 2019.
D. Meilani dan U. Aiman, “Implementasi Pembelajaran Abad 21 terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Dengan Pengendalian Motivasi Belajar,” Indonesian Journal of Primary Education Vol. 4 No. 1, pp. 19-24. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.24419, 2020.
E. B. Prastyo, M. N. Islam dan A. K. Putra, “Pengembangan Bahan Ajar Digital Mobilitas Penduduk dan Ketenagakerjaan Berbasis STEM,” Journal of Social Science and Education Vol. 2 Issue 2, pp. 149-159. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3178, 2021.
F. Adelia, R. Patriasih dan Karpin, “Depelopment of E-Module For The Making Of Fried Onion in Basic Culinary Courses in Culinary Studies Education Study Program Indonesian University of Education,” Media, Pendidikan, Gizi, dan Kuliner Vol. 11 No.1, pp. 47-54. http://dx.doi.org/10.17509/xxxx.vxix, 2022.
C. A. Widodo, I. K. Sukendra dan I. W. Sumandya, “Pengembangan Bahan Ajar DIgital Matematika SMA Kelas X Berbasis STEM,” Widyadari Vol. 22 No. 22, pp. 478 - 486. http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.5550368, 2021.
N. Hayati, “Pembuatan Buku Digital Pembelajaran,” dalam Media Pembelajaran Berbasis Digital , Jambi, Sonpedia Publishing , 2023, pp. 47-50.
I. Restiyowati dan I. G. M. Sanjaya, “Pengembangan E-book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA,” Unesa Journal of Chemical Education Vol.1 No.1, pp. 130-135. https://doi.org/10.26740/ujced.v1n1.p%25p, 2012.
Rusmini, Metode Penelitian (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kualitatif, Mixed Methods, serta Research and Development), Jambi: Pustaka Jambi, 2021.
M. R. W. Imani, A. S. Nurani dan S. Subekti, “Development of Learning Media Based on Interactive Presentation Using Ahaslides Software on Choux Paste Material at Telkom Tourism Vocational School,” Media Pendidikan Gizi dan Kuliner Vol. 12, No. 2, pp. 87-100. http://dx.doi.org/10. 17509/xxxxt.vxix, 2023.
D. S. Mustikawati, “Kompetensi Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Di SD Negeri Manggarai 03 Jakarta Selatan,” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2022.
Supardi, Landasan Pengembangan Bahan Ajar, Mataram : Sanabil Publisher, 2020.
D. F. Fauzie, Komariah dan Y. F. Furnamasari, “Pengembangan E-book Interaktif Anti Korupsi Melalui Kegiatan P5 Pada Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI) Vol.1 No.4, pp. 01-08. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.1961, 2023.
M. S. Rejeki dan A. Tarmuji, “Membangun aplikasi autogenerate script ke Flowchart untuk mendukung business process Reengineering,” Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol.1 No.2, pp. 448-456, 2013.
M. I. Jaya, Akmaludin dan L. S. Pratama, “Membentuk Kemandirian Belajar Melalui Pelatihan Penggunaan Canva Dalam Pembuatan E-book Sebagai Media Pembelajaran PPKN,” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora Vol.3, No.4, pp. 37-45. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i4.2249, 2023.
C. Hanum, Pedoman Penyusunan Buku Ajar, Medan: Universitas Medan Area, 2010.
W. Saputra dan B. E. Purnama, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer,” Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol.4 No.2, pp. 60-67. http://dx.doi.org/10.3112/speed.v4i2.865, 2012.
A. Setyawan dan F. I. Faqih, “Pengembangan E-book Interaktif Materi Kesastraan Berkearifan Lokal Pulai Mandangin Berbasis Aplikasi Flip PDF Professional,” Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol. 23 No. 1, pp. 115-127, 2023.
S. Noor, “Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin,” Jurnal Pendidikan Hayati Vol. 6, No. 1, pp. 1-7.https://doi.org/10.33627/es.v6i2.1546, 2020.
H. F. Akbar dan M. S. Hadi2, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa,” Community Development Journal Vol.4, No. 2, pp. 1653-1660. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13143, 2023.
A. Suhaeni, Bustan dan I. Sudirman, “Media Kuis Aplikasi Word Walldalam meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Pelajaran Sejarahdi SMA Negeri 7 Makassar,” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran Vol 5, No 2, pp. 767-775. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.560, 2023.
L. S. Ashari dan D. Puspasari, “Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo,” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 4 Nomor 1, pp. 2565-2576, 2024.
E. A. Patranita, Y. A. Wirahayu, H. Masruroh dan H. Soekamto, “Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Digital Kelas X Materi Penginderaan Jauh Menggunakan Heyzine Flipbook,” Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(9), pp. 888-898. 10.17977/um063v2i92022p888-898, 2022.
Yuberti, Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan, Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA), 2013.
I. Magdalena, R. O. Prabandani, E. S. Rini, M. A. Fitriani dan A. A. Putri, “Analisis Pengembangan Bahan Ajar,” Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol.2 No.2, pp. 170-187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara, 2020.
K. Kamal, M. Juda dan A. A. Aziz, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Elektronik Pada Materi Sistem Imun,” PhD Thesis. Universitas Negeri Makassar, 2021.
E. T. Bahtiar, “Penulisan Bahan Ajar,” Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar untuk Mendukung Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Sumatera Utara, pp. 1-11. http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.1.1441.6083, 2015.
Kemendikbudristek, Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No 039/H/P/2022 Tentang Pedoman Peniaian Buku Pendidikan, Jakarta: Kemdikbud, 2020.
Munawwarah dan S. Anwar, “Kelayakan E-book Interaktif sebagai Bahan Ajar E-Learning pada Materi Elektrokimia yang Dikembangkan Melalui 4S TMD,” Jurnal Chemica Vol. 21 Nomor 2, pp. 228 - 235. https://doi.org/10.35580/chemica.v21i2.30442, 2020.