Pengembangan Cerita Bergambar Bahasa Jawa (Cergam Baja) Untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ulfa Miftakhul Mufidah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Balitar, Indonesia
  • Sripit Widiastuti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Islam Balitar, Blitar
  • Desy Dwi Riana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Islam Balitar, Blitar

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.35

Keywords:

cerita bahasa jawa, buku cerita bergambar, perkembangan

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa di sekolah mempunyai peranan sangat penting dalam membentuk sikap dan pribadi siswa, karena dalam belajar bahasa Jawa siswa mengerti bagaimana menggunakan unggah-ungguh bahasa yang baik dan benar kepada orang yang lebih tua. Berdasarkan analisis kebutuhan dan wawancara menunjukkan bahwa dalam pembelajaran bahasa Jawa siswa kurang memahami cerita Jawa, siswa kurang memahami isi cerita karena penggunaan bahasa dalam cerita tersebut adalah bahasa standar. Kebanyakan sekolah juga hanya menggunakan buku Tantri Basa, bukan buku yang dapat menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku bergambar bahasa Jawa (Cergam Baja) yang sesuai untuk pembelajaran bahasa Jawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah RnD yang dikembangkan oleh Sugiyono dengan tujuh tahap. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, hasil validator kelayakan ahli cerita sebesar 86%, ahli bahasa 89,3%, dan ahli materi ajar 88,3%. Hasil angket keterbacaan guru buku bergambar bahasa Jawa (Cergam Baja) diperoleh persentase 95,5% dan hasil angket keterbacaan siswa diperoleh persentase 96%. Berdasarkan hasil secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa buku Cergam Baja layak untuk digunakan sebagai bahan ajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arafik, “Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar Berbasis Karakter”, Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 2013.

M. Deddy, “Metode Penelitian Komunikasi”, Bandung: PT. Rosdakarya, 2008.

A. Zainal, “Penilitian Tindakan Kelas”, Bandung: Yrama Widya, 2009.

Z. Nur, “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Bahasa Jawa untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Berbicara Siswa Kelas II MI Sabilul Huda Senden Peterongan Jombang”, Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Ibrahim, 2008.

F. Lukitosari Septiana, “Pengembangan Buku Cerita sebagai Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Jawa Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Semarang”, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2016.

D. Nufus Dinina, “Pengembangan Buku Pengayaan Cerita Anak Berbahasa Jawa Berbasis Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga”, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2013.

R. Novi, “Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi”, Bandung: UPI Press, 2007.

Widodo, C.S. & Jasmadi, “Panduan menyusun bahan ajar berbasis kompetensi”, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2008.

Published

2021-05-07

How to Cite

Mufidah, U. M., Widiastuti, S., & Riana, D. D. (2021). Pengembangan Cerita Bergambar Bahasa Jawa (Cergam Baja) Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 179-185. https://doi.org/10.52436/1.jpti.35