Pengembangan Cerita Bergambar Bahasa Jawa (Cergam Baja) Untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.35Keywords:
cerita bahasa jawa, buku cerita bergambar, perkembanganAbstract
Pembelajaran bahasa Jawa di sekolah mempunyai peranan sangat penting dalam membentuk sikap dan pribadi siswa, karena dalam belajar bahasa Jawa siswa mengerti bagaimana menggunakan unggah-ungguh bahasa yang baik dan benar kepada orang yang lebih tua. Berdasarkan analisis kebutuhan dan wawancara menunjukkan bahwa dalam pembelajaran bahasa Jawa siswa kurang memahami cerita Jawa, siswa kurang memahami isi cerita karena penggunaan bahasa dalam cerita tersebut adalah bahasa standar. Kebanyakan sekolah juga hanya menggunakan buku Tantri Basa, bukan buku yang dapat menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku bergambar bahasa Jawa (Cergam Baja) yang sesuai untuk pembelajaran bahasa Jawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah RnD yang dikembangkan oleh Sugiyono dengan tujuh tahap. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, hasil validator kelayakan ahli cerita sebesar 86%, ahli bahasa 89,3%, dan ahli materi ajar 88,3%. Hasil angket keterbacaan guru buku bergambar bahasa Jawa (Cergam Baja) diperoleh persentase 95,5% dan hasil angket keterbacaan siswa diperoleh persentase 96%. Berdasarkan hasil secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa buku Cergam Baja layak untuk digunakan sebagai bahan ajar
Downloads
References
Arafik, “Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar Berbasis Karakter”, Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 2013.
M. Deddy, “Metode Penelitian Komunikasi”, Bandung: PT. Rosdakarya, 2008.
A. Zainal, “Penilitian Tindakan Kelas”, Bandung: Yrama Widya, 2009.
Z. Nur, “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Bahasa Jawa untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Berbicara Siswa Kelas II MI Sabilul Huda Senden Peterongan Jombang”, Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Ibrahim, 2008.
F. Lukitosari Septiana, “Pengembangan Buku Cerita sebagai Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Jawa Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Semarang”, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2016.
D. Nufus Dinina, “Pengembangan Buku Pengayaan Cerita Anak Berbahasa Jawa Berbasis Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga”, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2013.
R. Novi, “Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi”, Bandung: UPI Press, 2007.
Widodo, C.S. & Jasmadi, “Panduan menyusun bahan ajar berbasis kompetensi”, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ulfa Miftakhul Mufidah, Sripit Widiastuti, Desy Dwi Riana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.