Penerapan Customer Knowledge Management pada e-commerce Butik Gendis Fashion Muslim
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.30Keywords:
butik, e-commerce, konsumen, manajemenAbstract
Pengetahuan merupakan aset yang penting dalam sebuah organisasi. Dalam kegiatan transaksi bisnis, pengetahuan pelanggan menjadi elemen yang dapat digunakan untuk bersaing dalam dunia bisnis. Semakin banyaknya pelanggan pada butik gendis fashion muslim mengakibatkan pengelola mengalami kesulitan dalam melakukan manajemen pelanggan, sehingga walaupun pelanggan banyak namun tidak memberikan dampak yang signifikan, khususnya dalam pengelolaan pengetahuan pelanggan. Sehingga pada penelitian ini dilakukan implementasi model manajemen pengetahuan pelanggan pada e-commerce Gendis Butik dengan menggunakan pendekatan Soft System Methodology. Langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian ini antara lain dengan mengetahui permasalahan, mencari solusi dengan menggambarkan proses transformasi perubahan, menghasilkan dan menerapkan konsep sebagai solusi dan mengimplementasikannya pada butik. Fitur-fitur yang diimplementasikan antara lain Customer Repository, Customer Satisfaction Survey dan Discussion Forums yang dapat dijadikan sebagai media untuk berbagi pengetahuan pelanggan sehingga dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan dapat meningkatkan pemasaran sehingga menjadikan bisnis dapat berjalan lebih efektif dan efisien dalam bersaing di dunia maya.
Downloads
References
Nissa Nurfitria dan Retno Hidayati. Analisis Perbedaan Omset Penjualan Berdasarkan Jenis Hajatan dan Waktu (Studi Pada Catering Sonokembang Semarang). Jurnal Liquidity, Vol. 1 (nissanurfitria@yahoo.com, di akses 02 Oktober 2013)
Adhi Prasetio. Jualan Online. 2012. Jakarta : Mediakita.
Celestino, Martha L. 1999. Electronic Commerce. [hal. www]. World Trade. Februari, Sumber http://proquest.umi.com/pqdweb?TS=91793...&Fmt=3&Sid=1&Idx=7&Deli=1&RQT=309&Dtp=1 (diakses 2 Februari 1999)
McKinzie, B. 1999. Internet Poses New Challenges to Traditional Retaillers. [hal. www]. Enterprise. Vol 28, issue 34. Sumber dari http://gw2.epnet.com/ fulltext.asp?resul...= e%2dcommerce%20and%20control&fuzzyTerm=(diakses 3 Maret 1999)
Nugroho, Adi (2007), “e-commerce: memahami perdagangan modern di dunia maya”, Bandung: Informatika.
Dya Ayu Wulansari. Pengaruh Penjualan Online Terhadap Omset Penjualan Butik Zieta Desa Sewulan Kec. Dagangan Kab. Madiun. Jurnal Equilibrium, Vol. 3, No 2. Juli 2015.
Sunardi dan Anita Primastiwi. Pengantar Bisnis: Konsep, Strategi dan Kasus. Yogyakarta : CAPS. 2015
Sri Anafarhanah. Peran Pengawasan Konsumen Dalam Transaksi Bisnis Online. Jurnal AlHadharah. Volume 16 Nomor 32 Tahun 2017. E-ISSN 2579-986X.
Siahaan, Hotlan. (2008) “Customer Relationship Manajemen (CRM) Sebagai Sarana Meraih Image Positif untuk Prpustakaan. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi”, Universitas Sumatera Utara Vol. 4, No. 2
CNN Indonesia. 2020. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200205204206-206-472064/tren-dan-peluang-industri-e-commerce-di-indonesia-2020 Diakses pada tanggal 26 Juni 2020 pukul 15.02 WIB
Despin Yuliance. 2016. Penerapan e-commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Pada Butik Despin Yuliance. Konferensi Mahasiswa Sistem Informasi. Vol 4, Nomor 1, hal. 363-368. Lampung: STMIK Pringsewu.
Wilde, Silvio (2011). Customer Knowledge Management: Improving Customer Relationship through Knowledge Application.p.48. Springer. New York. ISBN: 978-3-642-16474-3
Chasanah, Nur. 2018. Implementasi Knowledge Management dengan Pendekatan Soft System Methodology (Studi Kasus: Kampung Marketer, Purbalingga). Prosiding Nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi XIII Tahun 2018 (ReTII). Sekolah Tinggi Teknologi Nasional, Yogyakarta. ISSN: 1907-5995.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nur Chasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.