Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.295Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games TournamentAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe team games tournament terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMAN 1 Jonggol. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Jonggol tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri atas 12 kelas dengan jumlah keseluruhan 458 peserta didik. Sebagai sampel, dipilih kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol dan mengambil masing-masing sebanyak 39 peserta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes akhir (postest). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji prasyarat seperti uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe team games tournament lebih tinggi daripada rata-rata nilai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian, metode pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X di SMAN 1 Jonggol.
Downloads
References
N. S. Ridia and E. A. Afriansyah, “Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Auditory Intellectualy Repetition dan Student Teams Achievement Division,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 3, pp. 515–526, 2019, doi: 10.31980/mosharafa.v8i3.509.
N. Q. Tayibu and A. N. Faizah, “Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 1, pp. 117–128, 2021, doi: 10.31980/mosharafa.v10i1.728.
R. Badjeber and J. P. Purwaningrum, “Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp,” Guru Tua J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 36–43, 2018, doi: 10.31970/gurutua.v1i1.9.
H. S. Utami and N. Puspitasari, “Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat,” J. Inov. Pembelajaran Mat. PowerMathEdu, vol. 1, no. 1, pp. 57–68, 2022, doi: 10.31980/powermathedu.v1i1.1916.
M. Tohir, “Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015,” Pap. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 1–2, 2019, [Online]. Available: https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/
A. Harpeni Dewantara, “Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa,” J. Prim. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 15–28, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/algurfah/index
D. Hidajat, “Analisis Kesulitan Dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua,” J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, 2018, doi: 10.21043/jpm.v1i1.4452.
P. Rahmatika, S. Hartati, and E. Yetti, “Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2, p. 548, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v3i2.260.
N. Armadani, R. . R. Wijayanti, and N. Aini, “Efektivitas Penggunaan Model TGT (Teams Games Tournament) dan Media E-Komika ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Siswa,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 3, pp. 4533–4539, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i3.2747.
S. Hadi and R. Radiyatul, “Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama,” EDU-MAT J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 53–61, 2014, doi: 10.20527/edumat.v2i1.603.