Penggunaan Video Animasi Powtoon Untuk Menteladani SHATAFAT (sidiq, amanah, tabligh, fathonah) Bagi Peserta didik SD
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.282Keywords:
D&D, media pembelajaran, powtoon, Video AnimasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil uji coba produk mata kuliah Seminar Pendidikan Agama Islam dengan bentuk produk video animasi dari aplikasi powtoon terkait materi menteladani empat sifat wajib bagi rasul. Terkait hal tersebut kami melakukan penelitian dari hasil produk yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk menghasilkan produk media pembelajaran dalam bentuk video animasi berbasis powtoon. Mencapai tujuan ini digunakan metode desain dan pengembangan (Design and Development) dengan desain pengembangan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas 4 dengan jumlah 8 orang di SDN Kadujajar I. Penelitian ini mengukur seluruh ranah yang ada pada hasil belajar, yaitu: kognitif, afektif dan psikomotor. Penelitian menunjukan minat belajar pada peserta didik. Dengan metode media pembelajaran dalam menyampaikan materi yang dilakukan saat kami melakukan uji coba produk ternyata dapat membangkitkan semangat para peserta didik dengan penyampaian materi yang berbeda dari biasanya. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara langsung dengan kami yang melakukan praktik mengajar dan mengaplikasikan media video animasi tersebut sebagai uji coba yang disaksikan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Direkomendasikan untuk para guru agar menggunakan metode media pembelajaran selain memudahkan dalam penyampaian materi, hal tersebut dapat menambah wawasan pengunaan teknologi bagi peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 85% guru dan 90% siswa menyatakan produk video animasi berbasis powtoon layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Downloads
References
A. N. Aeni, D. Djuanda, M. Maulana, R. Nursaadah, and S. B. P. Sopian, “Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Mater Pendidikan Agama Islam Bagi Peserta Didik SD,” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 11, no. 6, p. 1835, Dec. 2022, doi: 10.33578/jpfkip.v11i6.9313.
A. N. Aeni, J. A. Juneli, E. Indriani, I. N. Septiyanti, and R. Restina, “Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta didik SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW,” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 4, p. 1214, Jul. 2022, doi: 10.35931/am.v6i4.1113.
A. N. Aeni, R. Khulqi, D. A. Latifa, and A. N. Inayah, “Pemanfaatan Video Pembelajaran ‘Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin’ Sebagai Media Pembelajaran Politik Islam Peserta didik SD,” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 4, p. 979, Jul. 2022, doi: 10.35931/am.v6i4.1097.
T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” 2018.
S. Maulani, N. Nuraisyah, D. Zarina, I. Velinda, and A. N. Aeni, “Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Peserta didik,” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 539–546, Jan. 2022, doi: 10.52436/1.jpti.134.
Y. Wulandari, Y. Ruhiat, and L. Nulhakim, “Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 8, no. 2, pp. 269–279, Oct. 2020, doi: 10.24815/jpsi.v8i2.16835.
S. Suyanti, M. K. Sari, and V. Rulviana, “Media Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Sekolah Dasar,” Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, vol. 8, no. 2, pp. 322–328, Jul. 2021, doi: 10.31316/esjurnal.v8i2.1468.
Z. Anggita, “Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” vol. 7, no. 2, pp. 44–52, 2020, doi: 10.26618/jk.v7i2.4538.
A. M. Oktaviani, I. N. Mulyaningsih, Y. Z. Priatna, and A. N. Aeni, “Pengembangan Video Animasi Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Dasar Melalui Zepenter,” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, vol. 2, no. 6, pp. 289–294, Jun. 2022, doi: 10.52436/1.jpti.186.
A. N. Aeni, S. K. Pratidina, A. A. Rahmah, and I. Nurhalimah, “Pengembangan Video Animasi Kayla Berbicara Sebagai Media Dakwah Untuk Meningkatkan Perilaku Terpuji Peserta didik Sekolah Dasar.” [Online]. Available: https://spaj.ukm.my/jalhikmah/index.php/jalhikmah/article/view/35.