Penyelenggaraan Pendidikan Islam Kontemporer di Negara Maju dan Berkembang: Studi Komparatif Kualitatif terhadap Respons terhadap Tantangan Global
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.834Kata Kunci:
negara berkembang, negara maju, pendidikan islam, pola penyelenggaraanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola penyelenggaraan pendidikan Islam kontemporer di negara maju dan berkembang dalam merespons tantangan pendidikan global yang terus berkembang dinamis. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis komparatif untuk mengkaji perbedaan dan persamaan dalam strategi, kebijakan, serta implementasi pendidikan Islam di beberapa negara representatif dari kedua kategori tersebut. Fokus kajian meliputi integrasi kurikulum modern dengan nilai-nilai Islam, pemanfaatan teknologi pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, serta respon terhadap isu global seperti inklusivitas, multikulturalisme, dan keberlanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa negara maju cenderung memiliki sistem pendidikan Islam yang lebih adaptif terhadap transformasi digital dan tuntutan global, sementara negara berkembang masih menghadapi tantangan struktural dan sumber daya, meskipun menunjukkan inovasi berbasis kearifan lokal. Temuan ini memberikan wawasan strategis bagi pengembangan pendidikan Islam yang relevan, kompetitif, dan transformatif dalam skala global.
Unduhan
Referensi
B. Haryanto, “PERBANDINGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DAN MALAYSIA COMPARISON OF ISLAMIC EDUCATION IN INDONESIA AND MALAYSIA,” Adabiyah Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1, no. September, pp. 1–23, 2019.
A. Hapidin, N. F. Natsir, and E. Haryanti, “Epistemologi Pendidikan Islam di Indonesia sebagai Solusi Menjawab Tantangan Ilmu Pengetahuan dan Metode Ilmiah di Era 4.0,” Tarbawiyah?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 6, no. 1, p. 30, 2022, doi: 10.32332/tarbawiyah.v6i1.4387.
M. Yahdi, “Pendidikan Islam Dalam Kajian History,” Jurnal Pendidikan Kreatif, vol. 3, no. 2, pp. 56–74, 2022, doi: 10.24252/jpk.v3i2.36265.
N. Aziz, K. Muslim, and I. Ilmi, “STRATEGI PENINGKATAN MUTU LULUSAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DAN ISU GLOBAL ( STUDI KASUS STISIP TASIKMALAYA ),” vol. 02, no. 02, 2024.
Moh. R. Emi Hariyanti, “Relevansi Studi Integrasi Islam, Sains, dan Budaya Nusantara dalam Pendidikan Islam di Era Global,” Journal Of Islamic Education Management, vol. 2, no. 1, pp. 57–72, 2021, doi: 10.47476/manageria.v4i2.6320.
N. Amira et al., “Isu isu dalam pendidikan islam,” Journal Islamic Education, vol. 1, no. 3, pp. 865–877, 2023.
N. E. Ikhsanto, M. Muthoifin, and T. A. Mustofa, “Konsep Pendidikan Islam (Studi Perbandingan Pemikiran Syed Naquib Al Attas dan Mahmud Yunus),” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 12, no. 02, pp. 1775–1792, 2023, doi: 10.30868/ei.v12i02.4107.
A. A. Aulia, A. A. Abhimanyu, S. S. Ranti, and W. Ajeng, “Sejarah Perkembangan Pendidikan Islam Indonesia Sejak Pra- Kemerdekaan sampai Orde Baru,” Matan?: Journal of Islam and Muslim Society, vol. 5, no. 2, pp. 70–78, 2023.
D. Wulan Sari, M. Sari Putri, and N. Nurlaili, “Relevansi Pendidikan Islam Di Era Digital Dalam Menavigasi Tantangan Modern,” Science and Education Journal (SICEDU), vol. 2, no. 2, pp. 372–380, 2023, doi: 10.31004/sicedu.v2i2.129.
H. Ahyani, D. Permana, and A. Y. Abduloh, “Pendidikan Islam dalam Lingkup Dimensi Sosio Kultural di Era Revolusi Industri 4.0,” Fitrah: Journal of Islamic Education, vol. 1, no. 2, pp. 273–288, 2021, doi: 10.53802/fitrah.v1i2.20.
R. Darmawan, “Hakikat Filsafat Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Kepribadian Muslim dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer,” Jurnal Jendela Pendidikan, vol. 4, no. 01, pp. 18–28, 2024, doi: 10.57008/jjp.v4i01.653.
A. W. Syakhrani, “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0,” CBJIS?: Cross-Border Journal of Islamic Studies, vol. 1, no. 2, pp. 57–69, 2019, doi: 10.37567/siln.v1i2.90.
Z. Najah, L. M. Lindasari, Z. Najah, and L. M. Lindasari, “Pendidikan Islam?:Wajah Baru Menghadapi Tantangan Globalisasi,” vol. 02, no. 01, pp. 9–18, 2022.
Aisyah Tidjani, “Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Menghadapi Tantangan Globalisasi,” Reflektika, vol. 13, no. 1, pp. 1–31, 2017.