Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia Berbasis Kontekstual di SMA Negeri 15 Muaro Jambi

Penulis

  • Boy Pinandhita Program Studi Magister Pendidikan Kimia, Universitas Jambi, Indonesia
  • Kriswantoro Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Asrial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Damris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.549

Kata Kunci:

Asam Basa, Kontekstual, Motivasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran kimia berbasis kontekstual pada materi asam basa. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dengan sampel 26 siswa kelas XI di SMA Negeri 15 Muaro Jambi. Data diperoleh melalui angket motivasi belajar yang mencakup 15 indikator. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas siswa berada pada kategori Sedang (30,77%) dan Rendah (23,08%). Strategi pembelajaran berbasis kontekstual terbukti efektif meningkatkan motivasi belajar siswa, meskipun diperlukan pendekatan tambahan untuk mendukung siswa dengan motivasi rendah. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran inovatif yang relevan dengan kehidupan nyata siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. Abdurahman, R. Eliza, A. Manggala, A. Suci Ningsih, and S. Effendy A, “Produksi Gas Hidrogen Berdasarkan Pengaruh Luas Penampang Terhadap Konsentrasi Larutan Elektrolit Dan Suplai Arus Dengan Metode Elektrolisis,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 1, no. 11, pp. 447–451, 2021, doi: 10.52436/1.jpti.103.

F. Nurrokhmah, A. D. S. Krissandi, and M. Sarwi, “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas II SDN Tambakrejo melalui Model Discovery Learning,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 3, no. 1, pp. 25–30, 2023, doi: 10.52436/1.jpti.54.

H. Daing, A. La Kilo, H. Iyabu, and L. Alio, “Analisis Motivasi Belajar pada Materi Asam Basa Selama Masa Pandemi Covid-19,” Jambura J. Educ. Chem., vol. 4, no. 1, pp. 31–36, 2022, doi: 10.34312/jjec.v4i1.13240.

J. Beno, A. . Silen, and M. Yanti, “PEMBELAJARAN KIMIA YANG MENYENANGKAN DI MADRASAH (Fun,” Braz Dent J., vol. 33, no. 1, pp. 1–12, 2022.

T. Aisyah, R. Zannah, E. A.E.L, Y. Trisilaningsih, and N. Y. Priyanti, “Pembelajaran Problem Based Learning,” Incrementapedia J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 27–36, 2022, doi: 10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6563.

M. Yuliyanti and S. Saputro, “Dual Situated Learning Model Sebagai Remedial Teaching,” vol. 14, no. December, pp. 175–187, 2022.

M. B. Adenan and N. Efendi, “Analysis of Interests and Learning Outcomes of Elementary School Natural Sciences Through Contextual Approach,” Indones. J. Educ. Methods Dev., vol. 14, 2021, doi: 10.21070/ijemd.v14i.587.

E. Rahmawati, N. Farika, Z. Nurroniah, L. Nuraini, and B. Supriadi, “Identifikasi Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas,” Didakt. J. Kependidikan, vol. 15, no. 2, pp. 116–129, 2022, doi: 10.30863/didaktika.v15i2.2108.

A. M. ardiyansyah, M, “PROBLEMATIKA KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR Y,” J. Ilmiah Pendidikan Dasar., vol. 08, pp. 1–14, 2023, [Online]. Available: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

S. Maulani, N. Nuraisyah, D. Zarina, I. Velinda, and A. N. Aeni, “Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 539–546, 2022, doi: 10.52436/1.jpti.134.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-20

Cara Mengutip

Pinandhita, B., Kriswantoro, K., Asrial, A., & Damris, D. (2025). Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia Berbasis Kontekstual di SMA Negeri 15 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(5), 1207-1213. https://doi.org/10.52436/1.jpti.549

Terbitan

Bagian

Artikel