Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia https://www.jpti.journals.id/index.php/jpti <h1><strong>Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia</strong></h1> <p><strong>Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI)</strong> merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara.</p> <p><strong>Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI)</strong> terbit setiap bulan (12 kali dalam setahun). JPTI terdaftar di BRIN dengan P-ISSN : <a href="http://issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1612334629&amp;1&amp;&amp;2021">2775-4227</a> dan E-ISSN : <a href="http://issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1612334869&amp;1&amp;&amp;2021">2775-4219</a></p> <p><strong>Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) </strong>saat ini terakreditasi SINTA 3 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia <strong>Nomor 177/E/KPT/2024</strong> (<a href="https://journals.id/master/SK_Akreditasi2024.pdf">Download SK Akreditasi</a>).</p> <p><strong>Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) </strong>memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari</p> <ol> <li>Lingkup Teknologi : bidang keteknikan (Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Geologi, Teknik Kimia, Teknik Perkapalan, dll), Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta Teknologi kesehatan.</li> <li>Lingkup pendidikan : Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Tinggi, Pendidikan Karakter, Pendidikan Non formal, Pendidikan Informal, Pendidikan Inklusi, dan Pendidikan Khusus lainnya (Kebencanaan, Komunitas, Anti Korupsi, Bela Negara, dll).</li> </ol> <table border="0"> <tbody> <tr> <td colspan="3"><strong>Informasi Jurnal</strong></td> </tr> <tr> <td width="150">Nama</td> <td>:</td> <td>Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia</td> </tr> <tr> <td>Nama Pendek</td> <td>:</td> <td>JPTI</td> </tr> <tr> <td>Kependekan</td> <td>:</td> <td><em>Jur. Pend. &amp; Tekn. Ind. (JPTI)</em></td> </tr> <tr> <td>Frekuensi Terbit</td> <td>:</td> <td>Setiap Bulan</td> </tr> <tr> <td>Indexing</td> <td>:</td> <td>Sinta 3, Portal Garuda, Google Scholar, Dimensions, Crossref, ISJD</td> </tr> <tr> <td>DOI</td> <td>:</td> <td>https://doi.org/10.52436/1.jpti.IDPaper</td> </tr> <tr> <td>P-ISSN</td> <td>:</td> <td><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1612334629"><strong>2775-4227</strong></a></td> </tr> <tr> <td>e-ISSN</td> <td>:</td> <td><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1612334869"><strong>2775-4219</strong></a></td> </tr> <tr> <td>Author Fees / APC </td> <td>:</td> <td>Rp 750.000,00</td> </tr> <tr> <td valign="top">Scope</td> <td valign="top">:</td> <td>Artikel Penelitian bidang Pendidikan dan Teknologi/Keteknikan</td> </tr> </tbody> </table> <p><iframe style="border: 0px #ffffff none;" src="https://author.my.id/widget/statistik.php?sinta=12376&amp;gs=FhHJZ7cAAAAJ&amp;sc=11" name="statistik" width="100%" height="250px" frameborder="0" marginwidth="0px" marginheight="0px" scrolling="no"></iframe></p> <h1><br /><br /></h1> id-ID jptijournals@gmail.com (JPTI) jptijournals@gmail.com (Pengelola JPTI) Sel, 14 Okt 2025 20:57:27 +0700 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Kepemimpinan Pembina Ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa: Studi Multi Situs di SMP Darul Falah Malang dan SMP An-Nidhomiyah Madura https://www.jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1351 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan efektivitas kepemimpinan pembina ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa di dua sekolah dengan konteks sosial dan budaya yang berbeda. Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya memahami bagaimana perbedaan gaya kepemimpinan pembina ekstrakurikuler memengaruhi efektivitas organisasi dan perkembangan karakter siswa dalam konteks budaya yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kinerja, karakteristik, dan strategi kepemimpinan pembina di SMP Terpadu Darul Falah Kota Malang dan SMP Islam An-Nidhomiyah Pamekasan Madura. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi multi situs. Peneliti berperan sebagai instrumen utama dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis dilakukan secara interaktif melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan yang divalidasi dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pembina berperan penting dalam menentukan arah, efektivitas, dan keberlanjutan kegiatan Pagar Nusa. Di SMP Terpadu Darul Falah, pembina menerapkan gaya kepemimpinan partisipatif-visioner yang adaptif terhadap teknologi dan budaya urban. Strateginya berfokus pada pemberdayaan siswa, kolaborasi, serta integrasi nilai karakter dan budaya sekolah, sehingga meningkatkan motivasi dan prestasi. Sebaliknya, di SMP Islam An-Nidhomiyah, pembina menerapkan gaya kepemimpinan otoriter-spiritual yang berakar pada nilai religius dan budaya pesantren Madura. Strateginya menekankan kedisiplinan, moralitas, dan praktik budaya religius seperti tahlil, suwuk, serta komunikasi informal bernuansa spiritual untuk memperkuat ikatan emosional dan nilai keislaman siswa. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya teori kepemimpinan pendidikan sekaligus memberikan panduan praktis bagi pembina ekstrakurikuler untuk menerapkan strategi kepemimpinan.</p> Mochammad Saifullah, Sultoni, Ahmad Yusuf Sobri, Wahyu Dwi Ardika Hak Cipta (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://www.jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1351 Sel, 28 Okt 2025 00:00:00 +0700 Klasifikasi Spesies Nyamuk Berbasis Few-Shot Learning Prototypical Network dengan ResNet-34 untuk Mendukung Sistem Pengendalian Vektor https://www.jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1356 <p>Klasifikasi spesies nyamuk secara cepat dan akurat merupakan aspek penting dalam upaya pengendalian berbagai penyakit seperti demam berdarah, chikungunya, dan filariasis. Metode klasifikasi berbasis pembelajaran mesin konvensional umumnya membutuhkan dataset berukuran besar yang relatif sulit untuk didapatkan. Untuk mengatasi kendala tersebut, penelitian ini mengusulkan pendekatan <em>Few-Shot Learning</em> (FSL) dengan menggunakan arsitektur <em>Prototypical Network</em> yang didukung oleh <em>deep visual embeddings</em> berbasis <em>backbone</em> <em>ResNet-34</em>. Model dilatih secara episodik dengan sedikit data per kelas menggunakan citra dari tiga spesies nyamuk utama yaitu <em>Aedes aegypti</em>, <em>Aedes albopictus</em>, dan <em>Culex quinquefasciatus</em>. Evaluasi kinerja model dilakukan dengan menggunakan metrik akurasi, presisi, recall, dan F1-score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model dapat mencapai akurasi rata-rata sebesar 96,33% dengan deviasi antar-<em>fold</em> yang rendah serta stabilitas dan kemampuan generalisasi yang tinggi. Selain akurat, model ini juga efisien secara komputasi dengan waktu pelatihan rata-rata sebesar 0,83 detik per episode. Visualisasi menggunakan Grad-CAM menunjukkan bahwa model secara konsisten dapat memfokuskan perhatian pada area morfologis penting seperti <em>toraks</em> dan <em>abdomen</em> sehingga meningkatkan interpretabilitas dari proses klasifikasi. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan sistem surveilans vektor berbasis kecerdasan buatan di wilayah dengan keterbatasan data dan sumber daya.</p> I Gde Eka Dirgayussa, Yohanssen Pratama, Ni Wayan Puspa Apriana Susanti, Budi Santoso Hak Cipta (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://www.jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1356 Sel, 28 Okt 2025 00:00:00 +0700 Iklim Sekolah dan Keterhubungan Sosial sebagai Faktor Pembentuk Identitas Kewarganegaraan dan Nasionalisme Siswa SMA https://www.jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1415 <p>Penurunan identitas kebangsaan di kalangan generasi muda menjadi tantangan strategis bagi pendidikan karakter di era globalisasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh iklim sekolah dan keterhubungan sosial terhadap identitas kewarganegaraan dan nasionalisme siswa sekolah menengah atas. Penelitian menggunakan pendekatan metode campuran dengan strategi sequential explanatory. Data kuantitatif diperoleh melalui survei terhadap 210 siswa dari tujuh SMA di Aceh dan Jawa Barat, sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara untuk memperdalam hasil. Analisis regresi menunjukkan bahwa iklim sekolah dan keterhubungan sosial berpengaruh signifikan terhadap identitas kewarganegaraan dan nasionalisme, dengan kontribusi model menjelaskan sekitar 67% varians kedua konstruk. Temuan kualitatif mengonfirmasi peran iklim sekolah yang kondusif dan relasi sosial yang positif dalam membentuk rasa kebangsaan siswa. Penelitian ini berkontribusi pada penguatan pendidikan kewarganegaraan di Indonesia melalui penekanan pentingnya lingkungan belajar yang inklusif dan relasi sosial yang harmonis sebagai fondasi pembentukan karakter kebangsaan.</p> Arief Rahman, Irma Yurni, Zulkifli, Eka Jayadiputra, Ella Dewi Latifah, Laila Muhammad Rasyid Hak Cipta (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://www.jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1415 Sel, 28 Okt 2025 00:00:00 +0700 Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Website dengan Integrasi Fitur Analitik di MI Roudlotul Khuffadz https://www.jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1352 <p>Perkembangan teknologi informasi di era digital telah mendorong transformasi berbagai proses administrasi, termasuk dalam pengelolaan pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) di lingkungan sekolah. MI Roudlotul Khuffadz, yang sebelumnya menerapkan sistem pembayaran manual, menhadapi permasalahan seperti keterlambatan pencatatan, kurangnya transparansi, dan kesulitan pemantauan transaksi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Website dengan Integrasi Fitur Analitik guna meningkatkan efisiensi, akurasi, dan transparansi administrasi keuangan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>Research and Development</em> (R&amp;D) dengan model pengembangan <em>prototype</em> dan <em>black-box testing</em>. Hasil pengembangan menunjukan bahwa sistem mampu mencatat transaksi secara cepat, menyediakan laporan keuangan <em>real-time,</em> dan menampilkan analitik pembayaran dalam bentuk visual seperti diagram batang dan lingkaran untuk memudahkan pengambilan keputusan. implementasi fitur analitik membantu bendahara memantau pembayaran, mengindentifikasi keterlambatan, serta mengevaluasi pola pembayaran secara efektif. Pengujian menunjukan seluruh fungsi benjalan sesuai spesifikasi tanpa kendala berarti. Dengan demikian, sistem ini terbukti efektif dalam mendukung digitalisasi proses pembayaran SPP dan dapat diadaptasi pada lembaga pendidikan sejenis untuk meningkatkan manajemen keuangan secara terintegrasi.</p> Irfan, Matahari, Indri, Luthfi Hak Cipta (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://www.jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1352 Sel, 28 Okt 2025 00:00:00 +0700 Pengembangan Question Answering System Menggunakan Large Language Model UU TNI 2025 https://www.jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1396 <p>Undang-Undang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI) merupakan landasan hukum yang mengatur peran, tugas, dan fungsi TNI dalam menjaga kedaulatan negara. Seiring dengan perkembangan zaman, RUU TNI 2025 sedang dibahas untuk memperbarui undang-undang tersebut agar sesuai dengan tantangan zaman, khususnya dalam menghadapi ancaman siber dan perubahan global lainnya. Meskipun demikian, revisi RUU ini menuai kontroversi, terutama terkait dengan tiga pasal yang dianggap kontroversial dan berpotensi memperlebar ruang lingkup tugas TNI hingga melibatkan sektor sipil. Penelitian ini Bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem tanya jawab berbasis Large Language Model (LLM) untuk mempermudah masyarakat memperoleh informasi secara cepat, akurat, dan mudah dipahami mengenai pasal-pasal kontroversial dalam RUU TNI 2025. Dengan menggunakan model BERT, sistem ini dapat memberikan jawaban otomatis yang relevan dan memproses pertanyaan yang diajukan oleh pengguna. Metode penelitian melibatkan pengumpulan data, pemrosesan teks, pelatihan model LLM, dan evaluasi kinerja menggunakan metrik precision, recall, dan F1 score. Hasil evaluasi menunjukkan sistem mencapai precision 0,7240, recall 0,7850, dan F1 score 0,7529, yang menandakan performa tinggi dalam memberikan jawaban relevan dan akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu memberikan jawaban yang akurat dan relevan dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Kesimpulannya, sistem tanya jawab berbasis LLM ini dapat menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap RUU TNI 2025, memperkenalkan teknologi kecerdasan buatan dalam mendukung transparansi informasi publik, serta mengurangi kebingungan terkait dengan peraturan yang kompleks.</p> Yola Permata Bunda, Elyani, Muhammad Fadlan Siregar Hak Cipta (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://www.jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1396 Sel, 28 Okt 2025 00:00:00 +0700 Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Model Addie dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh https://www.jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1353 <p>Perkembangan teknologi digital dalam pendidikan menuntut inovasi media pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas dan efektivitas proses belajar mengajar. Pembelajaran Fiqh di madrasah masih sering berfokus pada metode ceramah dan penggunaan bahan ajar konvensional, sehingga kurang menarik minat siswa dan belum sepenuhnya mendorong pemahaman konseptual yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif sebagai media pembelajaran Fiqh bagi siswa kelas VII di MTsN 1 Kota Bengkulu guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang mencakup lima tahap utama: analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli (materi dan media) serta satu guru Fiqh. Uji coba skala kecil melibatkan 6 siswa, sedangkan uji coba skala besar melibatkan 30 siswa kelas VII F yang dipilih melalui teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif memiliki tingkat kelayakan sangat tinggi, dengan skor penilaian aspek materi sebesar 92,4%, aspek media 94,2%, dan penilaian guru Fiqh 96%. Penerapan e-modul terbukti meningkatkan hasil belajar siswa, dari rata-rata 69,5% menjadi 82,13%, serta memperoleh respon positif dari siswa sebesar 84,8%. Dengan demikian, e-modul interaktif ini dinilai efektif, menarik, dan relevan untuk digunakan sebagai inovasi pembelajaran Fiqh di madrasah, serta berkontribusi terhadap peningkatan mutu pembelajaran berbasis digital di lingkungan pendidikan Islam.</p> Lestari Nengsih, Suhirman, Zurifah Nurdin, Syafira Martaninda Rahmi Hak Cipta (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://www.jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1353 Sel, 28 Okt 2025 00:00:00 +0700 pada, di Faktor Penentu Niat Menggunakan PRV (Pesantren Ramadhan Virtual): Evaluasi TAM Berbasis PLS-SEM pada Siswa SMK Muhammadiyah Campaka https://www.jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1400 <p>Integrasi teknologi digital memegang peranan krusial untuk menjaga relevansi pendidikan berbasis agama di era modern. Akan tetapi, penelitian empiris yang mengkaji penerimaan teknologi dalam konteks unik yang memadukan pendidikan vokasi, keagamaan, dan pembelajaran hibrida di Indonesia masih terbatas, sehingga menciptakan kesenjangan pengetahuan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan mengisi kesenjangan tersebut dengan mengevaluasi faktor-faktor yang memengaruhi niat siswa menggunakan Pesantren Ramadhan Virtual (PRV), sebuah platform pembelajaran hibrida di SMK Muhammadiyah Campaka. Berlandaskan kerangka <em>Technology Acceptance Model </em>(TAM) dan desain metode campuran sekuensial eksplanatori, penelitian ini menganalisis data survei kuantitatif dari 68 siswa menggunakan <em>Partial Least Squares Structural Equation Modeling</em> (PLS-SEM), yang kemudian diperdalam dengan analisis tematik pada umpan balik kualitatif. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa Persepsi Kegunaan (<em>Perceived</em> <em>Usefulness</em>) menjadi prediktor terkuat terhadap Niat Perilaku (<em>Behavioral</em> <em>Intention</em>) , sementara Persepsi Kemudahan Penggunaan (<em>Perceived</em> <em>Ease</em> <em>of</em> <em>Use</em>) berpengaruh sangat signifikan terhadap Persepsi Kegunaan . Temuan kualitatif memberikan konteks pada hasil kuantitatif tersebut dengan menyoroti tiga area utama perbaikan platform: Kinerja Teknis, Kedalaman Konten, dan Fitur Interaktif. Studi ini menawarkan kebaruan dengan memvalidasi TAM dalam konteks spesifik ini dan menyimpulkan bahwa meskipun nilai inti platform telah diakui, pengalaman pengguna (<em>user</em> <em>experience</em>) masih membutuhkan peningkatan teknis yang signifikan untuk mendorong adopsi yang lebih luas dan berkelanjutan.</p> Mardani Mastiar, Suprih Widodo, Zuriani Mustaffa Hak Cipta (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://www.jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/1400 Sel, 28 Okt 2025 00:00:00 +0700