Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory Dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan Di SMK Letris Indonesia 2 Tangerang Selatan

Penulis

  • Eni Nuraeni Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.851

Kata Kunci:

CIPP, Evaluasi Kualitas, Mutu Lulusan, Teaching Factory

Abstrak

Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan Teaching Factory (TEFA) di SMK Letris Indonesia 2 Tangerang Selatan dalam meningkatkan mutu lulusan sesuai kebutuhan industri di era Revolusi Industri 4.0. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan model evaluasi CIPPO, penelitian ini menganalisis aspek kurikulum, kemitraan industri, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan validasi menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TEFA efektif dalam meningkatkan keterampilan teknis dan soft skills siswa melalui proyek nyata bersama mitra industri. Program ini menghasilkan produk multimedia berkualitas tinggi, dengan lulusan yang memiliki tingkat keterserapan tinggi di industri. Temuan ini menegaskan bahwa TEFA berkontribusi signifikan dalam meningkatkan daya saing lulusan SMK.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

N. A. MARGARETHA, “MANAJEMEN TEACHING FACTORY DALAM PEMBEKALAN HARD SKILL SISWA SMK PLUS NU SIDOARJO,” INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI, Kediri, 2023. doi: https://etheses.iainkediri.ac.id/11222/.

Badan Pusat Statistik (BPS), “Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia Berdasarkan Jenjang Pendidikan,” Jakarta, 2023. Accessed: Mar. 22, 2025. [Online]. Available: https://www.bps.go.id

K. R. dan T. (Kemendikbud) Kementerian Pendidikan, “Laporan Evaluasi SMK di Indonesia,” Jakarta, 2023. Accessed: Mar. 22, 2025. [Online]. Available: https://www.kemdikbud.go.id

A. Purwanto, D. Novitasari, and M. Asbari, “The Role of Leadership, Teaching Factory (TEFA) Program, Competence of Creative Products and Entrepreneurship On Entrepreneurial Interest of the Vocational School Students,” INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL AND MANAGEMENT STUDIES (IJOSMAS) , vol. 3, no. 5, pp. 58–64, 2022, doi: https://doi.org/10.5555/ijosmas.v3i5.185.

S. Rangga, N. Qudus, and B. Endroyo, “The Evaluation of Teaching Factory in SMK Negeri 2 Adiwerna Using CIPPO Model,” Journal of Vocational Career Education, vol. 5, no. 2, p. : 117-127, Dec. 2020, doi: https://doi.org/10.15294/jvce.v5i2.29355.

I. Supriyantoko, A. Jaya, V. Kurnia, and P. G. S. Habiba, “EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TEACHING FACTORYDENGAN MODEL EVALUASI CIPP DI SMK NEGERI DKI JAKARTA,” JVTE: Journal of Vocational and Technical Education, vol. 2, no. 2, pp. 1–10, Oct. 2020, doi: https://doi.org/10.26740/jvte.v2n2.p1-10.

Suciani, “Evaluasi Implementasi Program Teaching Factory Pada Program Keahlian Animasi di SMK Negeri 3 Tangerang Selatan,” Jurnal Riset Manajemen dan Teknologi Pendidikan Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 25–30, Sep. 2023.

S. Wahjusaputri, B. Bunyamin, and T. I. Nastiti, “CRITICAL SUCCESS FACTORS IN IMPLEMENTING TEACHING FACTORYBASED COMPETENCY FOR VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS,” Cakrawala Pendidikan, vol. 40, no. 3, pp. 584–592, Oct. 2021, doi: http://dx.doi.org/10.21831/cp.v40i3.28877.

I. Supriyantoko, V. Kurnia, P. G. S. Habiba, and A. Jaya, “EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TEACHING FACTORY DENGAN MODEL EVALUASI CIPP DI SMK NEGERI DKI JAKARTA,” Journal of Vocational and Technical Education, vol. 2, no. 2, pp. 1–10, Oct. 2023.

A. Fauzi, “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK (Studi Kasus Pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar),” Jurnal Pahlawan, vol. 18, no. 2, pp. 18–22, Oct. 2022, doi: https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480.

P. S. Mustafa, “Model Discrepancy sebagai Evaluasi Program Pendidikan,” PALAPAL Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, vol. 9, no. 1, pp. 182–198, May 2021, doi: https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.1067.

S. Rangga, N. Qudus, and B. Endroyo, “The Evaluation of Teaching Factory in SMK Negeri 2 Adiwerna Using CIPPO Model,” Journal of Vocational Career Education, vol. 5, no. 2, pp. 117–127, Dec. 2020, doi: https://doi.org/10.15294/jvce.v5i2.29355.

A. Setiyaningrum, “IMPLEMENTASI MODEL EVALUASI CIPP PADA PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI BPTT DARMAN PRASETYO YOGYAKARTA,” E-Jurnal Teknologi Pendidikan UNY, vol. 5, no. 7, pp. 265–279, Nov. 2020, doi: https://journal.student.uny.ac.id/fiptp/article/view/5395.

Zulbaidah and M. Giatman, “Implementasi Pembelajaran Teaching Factory Lahirkan Wirausaha Tata Busana SMK Negeri 6 Padang,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 8, no. 1, pp. 7207–7213, 2024, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13488.

D. Muhammad, “IMPLEMENTASI FUNGSI ACTUATING (PENGGERAKAN/ PELAKSANAAN) DALAM MANAJEMEN PROGRAM BAHASA ARAB DI MI MANARUL ISLAM MALANG,” MAHIRA: Journal of Arabic Studies, vol. 2, no. 1, pp. 13–32, Jun. 2022.

I. Nasution, S. Nurhasanah, A. R. Azizi, C. Amalia, H. P. Siregar, and I. M. Fajar, “Evaluasi program pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Swasta PAB Sampali Medan,” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 58–67, Apr. 2023.

A. Ariani, “DISCREPANCY EVALUATION MODEL (DEM) UNTUK MENGEVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF,” Jurnal Pahlawan, vol. 17, no. 2, pp. 22–33, 2021, doi: https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.55.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-27

Cara Mengutip

Nuraeni, E. (2025). Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory Dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan Di SMK Letris Indonesia 2 Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(6), 1979-1689. https://doi.org/10.52436/1.jpti.851