Analisis Kualitas Website Derma Express dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0

Penulis

  • Awal Besari Pakpahan Manajemen Sistem Informasi, Program Pascasarjana, Universitas Gunadarma, Indonesia
  • Dwi Asih Haryanti Manajemen Sistem Informasi, Program Pascasarjana, Universitas Gunadarma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.830

Kata Kunci:

Derma Express, kualitas informasi, kualitas interaksi, kualitas kegunaan, Webqual 4.0, Website

Abstrak

Perkembangan teknologi telah mendorong pemanfaatan website sebagai media utama dalam mendukung operasional bisnis, termasuk di industri kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  pengaruh usability, information quality, dan interaction quality pada website Derma Express dengan menggunakan metode WebQual 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Hasil analisis menunjukkan kualitas website secara keseluruhan memberikan respon positif dan menunjukkan bahwa usability, information quality, dan interaction quality berpengaruh terhadap kepuasan pengguna/pengunjung. Penelitian ini merekomendasikan beberapa perbaikan, seperti menambahkan fitur search bar, sistem pemesanan online, tampilan footer, tampilan katalog, dan fitur live chat. Dengan perbaikan ini, diharapkan website Derma Express dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. R. Adam and E. Dazki, “ANALISIS PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE PEDULILINDUNGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0,” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol., vol. 12, no. 1, pp. 245–252, 2022.

M. A. Athallah and K. Kraugusteeliana, “Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis,” Cogito Smart J., vol. 8, no. 1, pp. 171–182, 2022.

D. Devitasari, T. Wati, and S. Sarika, “Analisis Kualitas Website Tokome Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis,” J. Inform. Univ. Pamulang, Penerbit Progr. Stud. Tek. Inform. Univ. Pamulang, vol. 6, no. 1, pp. 57–66, 2021.

M. P. Gunadinnusa and D. Hamdani, “QUALITY ANALYSIS OF THE JAKARTANOTEBOOK . COM WEBSITE USING,” Int. J. Inf. Syst. Comput. Sci., vol. 4, no. 3, pp. 123–130, 2020.

R. N. A. Kamil and A. Yoraeni, “ANALISIS KUALITAS WEBSITE SICEPAT EXPRES DENGAN METODE WEBQUAL 4.0,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 11, no. 2, pp. 97–104, 2022.

I. S. Kamila, I. Sartika, E. Maghfiroh, and B. T. Hanggara, “Analisis Kualitas Situs Jobseeker Glints Dengan Metode WebQual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2017.

A. Maulana, “Evaluasi Kualitas Website PLN Batam Menggunakan Metode WebQual 4.0,” J. DESAIN DAN Anal. Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 127–136, 2024.

M. M. Meilina and R. K. Serli, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4 . 0 Studi Kasus SIPPP Kota Bekasi,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 9, no. 2, pp. 146–152, 2023.

A. A. Melati and D. A. Haryanti, “Analysis of Website Quality on Telemedicine User Satisfaction in Indonesia Based on Measurement of End User Satisfaction with the Webqual Method 4.0 (Halodoc Case Study),” Int. Res. J. Adv. Eng. Sci., vol. 6, no. 3, pp. 227–231, 2021.

T. Oktarina and T. Feriansyah, “QUALITY ANALYSIS OF THE LAPKIN WEBSITE SYSTEM USING THE WEBQUAL 4.0 METHOD AT DEPARTMENT OF THE ENVIRONMENT AND CLEANING PALEMBANG CITY,” J. Tek. Inform., vol. 3, no. 5, pp. 1415–1421, 2022.

I. Purwandani and N. O. Syamsiah, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI.,” JUSTIN J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 09, no. 3, pp. 300–306, 2021, doi: 10.26418/justin.v9i3.47129.

T. V. Susanto, Yudiana, and L. Setiyani, “Analisis Kualitas Aplikasi Jurnal.Id Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: PT. Wahana Sakti),” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun. P-ISSN, vol. 16, no. 4, pp. 143–152, 2022.

A. Sudradjat, Selviana, and W. Widiati, “Metode Webqual 4.0 Untuk Mengukur Kualitas Website Quick Online Booking PT. Pos Indonesia,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 5, no. 1, pp. 21–30, 2020.

M. Syuaib, M. F. F. Sahlan, and A. SAS, “Evaluasi Implementasi E-Government pada Situs Web Pemerintah Kota Parepare menggunakan Metode Webqual 4.0,” JASMED J. Softw. Eng. Multimed., vol. 1, no. 2, pp. 67–75, 2023, doi: 10.20895/jasmed.v1i2.1343.

A. F. Zulfahria, D. A. Wibowob, and A. Noor, “Penilaian Kepuasan Pengguna Website Shopee Menggunakan Webqual 4.0,” J. J. Sains Dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 46–52, 2024.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-26

Cara Mengutip

Pakpahan, A. B., & Haryanti, D. A. (2025). Analisis Kualitas Website Derma Express dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(6), 1547-1556. https://doi.org/10.52436/1.jpti.830