Penerapan Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Pondok Pesantren Darusshilihin
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.807Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Pemecahan Masalah Matematis, Two Stay Two StrayAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Pondok Pesantren Darusshilihin. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, dengan kelas eksperimen menerapkan model TSTS dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TSTS secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Analisis N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa berada dalam kategori sedang hingga tinggi. Model ini membantu siswa dalam memahami konsep matematika dengan lebih baik melalui diskusi kelompok dan interaksi aktif, sehingga juga melatih keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Selain itu, model TSTS berkontribusi terhadap inovasi dalam pembelajaran kooperatif yang lebih dinamis dan efektif. Dengan hasil yang diperoleh, model ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan kualitas pemecahan masalah siswa serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih aktif dan kolaboratif. Implikasi penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran inovatif di berbagai jenjang pendidikan.
Unduhan
Referensi
A. Sunarso, “REVITALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI INTERNALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDAYA RELIGIUS,” J. Kreat. J. Kependidikan Dasar, vol. 10, no. 2, pp. 155–169, Feb. 2020, doi: 10.15294/kreatif.v10i2.23609.
I. Hadi, “PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LEMBAGA FORMAL,” INSPIRASI (Jurnal Kaji. dan Penelit. Pendidik. Islam., vol. 3, no. 1, pp. 1–31, Nov. 2019, doi: 10.61689/INSPIRASI.V3I1.78.
I. Kartini, L. R. Pohan, P. Alawiyah, A. Lubis, S. Monika, and L. Toruan, “Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 9, no. 1, pp. 256–263, Dec. 2024, doi: 10.51169/IDEGURU.V9I1.819.
A. Zaki, M. Neng, and M. Annida, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS EDUCATIONAL NEUROSCIENCE DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI ANDALAN CIJANTUNG CIAMIS,” Pesan-TREND J. Pesantren dan Madrasah, vol. 3, no. 1, pp. 1–46, Jun. 2024, Accessed: Mar. 09, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.pustakaturats.com/index.php/pesan-trend/article/view/30
M. Wahono, “PENDIDIKAN KARAKTER: SUATU KEBUTUHAN BAGI MAHASISWA DI ERA MILENIAL,” Integralistik, vol. 29, no. 2, pp. 145–151, Jul. 2018, doi: 10.15294/integralistik.v29i2.16696.
A. N. Atin and A. A. Pramono, “Penerapan Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar,” PUSTAKA J. Bhs. dan Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 21–30, Jan. 2022, doi: 10.56910/PUSTAKA.V2I1.1713.
N. Husna, M. A. Mukhlis, and A. Fuadi, “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI STRATEGI TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DI KELAS XII OTKP SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA,” J. Kaji. dan Ris. Mhs., pp. 718–733, 2025, Accessed: Mar. 09, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.perima.or.id/index.php/JRM/article/view/nurul_husna
M. D. Harahap, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas X SMA IT Darul Hasan KotaPadangsidimpuan,” 2021.
E. W. Prihono et al., “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP,” EDU-MAT J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 1, May 2020, doi: 10.20527/EDUMAT.V8I1.7078.
W. Nugroho, A. Afandi, and I. H. Abdullah, “PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH PADA ASPEK MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP,” Delta-Pi J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, Oct. 2014, doi: 10.33387/DPI.V3I2.138.
D. Damayanti, I. Maryati, R. Sundayana, and A. Afriansyah, “Urgensi kemampuan analogi siswa terhadap pembelajaran matematika,” Math Didact. J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 3, pp. 218–230, Dec. 2022, doi: 10.33654/MATH.V8I3.1997.
F. Dwiyanto, I. I. Mardiyana, R. Wulandari, and S. S. Putro, “ANALISIS KURANGNYA MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN MARENGAN DAYA III,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 9, no. 04, pp. 386–396, Dec. 2024, doi: 10.23969/JP.V9I04.20561.
T. Mulyati, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar,” EduHumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, vol. 3, no. 2, Aug. 2011, doi: 10.17509/EH.V3I2.2807.
A. N. Rangkuti, “Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, PTK, dan penelitian pengembangan,” p. 199, 2016.
R. Susanti, “SAMPLING DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN,” J. Teknodik, pp. 187–208, Jun. 2005, doi: 10.32550/TEKNODIK.V0I0.543.
P. C. Susanto, D. U. Arini, L. Yuntina, J. P. Soehaditama, and N. Nuraeni, “Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka),” J. Ilmu Multidisiplin, vol. 3, no. 1, pp. 1–12, Apr. 2024, doi: 10.38035/JIM.V3I1.504.
H. Sihotang, “Metode Penelitian Kuantitatif,” Pus. Pnb. dan Pencetakan Buku Perguru. Tinggi Univ. Kristen Indones. Jakarta, p. 193, 2023, Accessed: Mar. 09, 2025. [Online]. Available: http://www.nber.org/papers/w16019
A. Salwa Fadhillah et al., “Sistem Pengambilan Contoh dalam Metode Penelitian,” Karimah Tauhid, vol. 3, no. 6, pp. 7228–7237, Jun. 2024, doi: 10.30997/KARIMAHTAUHID.V3I6.14047.
M. Rahardjo, “Metode pengumpulan data penelitian kualitatif,” 2011.
A. F. Djollong, “Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif,” Istiqra` J. Pendidik. dan Pemikir. Islam, vol. 2, no. 1, 2014, Accessed: Mar. 09, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224
Ardiansyah, Risnita, and M. S. Jailani, “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” IHSAN J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, Jul. 2023, doi: 10.61104/IHSAN.V1I2.57.
W. Darmalaksana, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan,” 2020, Accessed: Mar. 27, 2025. [Online]. Available: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32855