Efektivitas Perencanaan Sarana dan Prasarana Terhadap Kualitas SMAN 1 Ngoro
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.764Kata Kunci:
Manajemen Sekolah, Mutu Pendidikan, Perencanaan Sarana dan PrasaranaAbstrak
Perkembangan pendidikan pada era globalisasi dan persaingan yang semakin ketat saat ini, lembaga pendidikan menengah atas di Indonesia, khususnya Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN), dituntut untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pengelolaannya agar dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan masa depan. Salah satu faktor penting yang berperan dalam mendukung kualitas suatu lembaga pendidikan adalah perencanaan dan pengelolaan sarana dan prasarana. Oleh karena itu, efektivitas perencanaan sarana dan prasarana di sekolah menengah atas merupakan aspek yang sangat perlu diperhatikan untuk mencapai standar kualitas yang diharapkan. Perencanaan sarana dan prasarana merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas perencanaan, implementasi, dan evaluasi sarana dan prasarana di SMAN 1 Ngoro, Mojokerto, dalam menunjang proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mendalami secara rinci dan mendalam terkait efektivitas perencanaan sarana dan prasarana di institusi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan sarana dan prasarana di SMAN 1 Ngoro dilakukan melalui analisis kebutuhan, penyesuaian dengan kurikulum, dan evaluasi berkala. Namun, terdapat tantangan utama dalam keterbatasan anggaran, minimnya tenaga pemeliharaan, serta kurangnya kesadaran pengguna terhadap pemeliharaan fasilitas. Meskipun demikian, pihak sekolah terus berupaya mengembangkan fasilitas yang fleksibel dan berkelanjutan serta melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam perencanaan. Penelitian ini merekomendasikan pengelolaan anggaran yang lebih strategis, peningkatan kesadaran pengguna, serta kolaborasi dengan pihak eksternal guna optimalisasi sarana dan prasarana dalam mendukung mutu layanan pendidikan
Unduhan
Referensi
I. Bararah, “Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran,” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, vol. 10, no. 2, pp. 351–370, 2020.
S. H. Pangestu and H. Hariri, “Management of Facilities and Infrastructure in Improving the Learning Process,” Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 43–49, 2022.
M. K. Alderman, Motivation for achievement: Possibilities for teaching and learning. Routledge, 2013.
M. L. W. Lucky, S. Agustin, Y. R. Listiana, and H. Windayana, “Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasana Pendidikan Sekolah Dasar di Desa dan di Kota,” Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, pp. 1200–1210, 2022.
I. Bafadhal, “Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya,” 2003.
I. Fathurrochman, S. Siswanto, R. Anggraeni, and K. S. Kumar, “Pengadaan sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang mutu pembelajaran di SDN Lubuk Tua Kabupaten Musi Rawas,” Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, vol. 13, no. 1, pp. 65–75, 2021.
B. Rohiyatun and L. Najwa, “Pengelolaan sarana dan prasarana di PAUD,” Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, vol. 9, no. 1, pp. 1–5, 2021.
K. Tracey, C. Penn, and C. J. H. Fowler, “Developing an infrastructure to support communities of learning,” BT Technology Journal, vol. 17, no. 1, pp. 98–110, 1999.
K. Kartini, A. Sobar, and K. Karyaningtyas, “Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Sekolah,” Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, vol. 4, no. 2, pp. 115–123, 2023.
M. Parid and A. L. S. Alif, “Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan,” Tafhim Al-’Ilmi, vol. 11, no. 2, pp. 266–275, 2020.
M. Sinclair, Planning education in and after emergencies. UNESCO, International Institute for Educational Planning Paris, 2002.
C. on Growth, The growth report: Strategies for sustained growth and inclusive development. World Bank Publications, 2008.
M. Nasir, A. A. Mahmudinata, M. Ulya, and F. A. Firdaus, “Strategi pemberdayaan sekolah sebagai upaya peningkatan manajemen pendidikan,” Journal of International Multidisciplinary Research, vol. 1, no. 2, 2023.
S. Rahmawati and K. Nurachadija, “Inovasi pendidikan dalam meningkatkan strategi mutu pendidikan,” BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, vol. 1, no. 5, pp. 1–12, 2023.
K. Storms, D. Simundza, E. Morgan, and S. Miller, “Developing a resilience tool for higher education institutions: A must-have in campus master planning,” Journal of Green Building, vol. 14, no. 1, pp. 187–198, 2019.
R. Fikri and S. Syahrani, “Strategi pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran di pondok pesantren rasyidiyah khalidiyah (Rakha) amuntai,” Educational journal: General and Specific Research, vol. 2, no. 1, pp. 79–88, 2022.
S. Nurharirah and A. Effane, “Hambatan dan Solusi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan,” Karimah Tauhid, vol. 1, no. 2, pp. 219–225, 2022.
A. Nurdin, “Perencanaan pendidikan sebagai fungsi manajemen,” 2019, PT Rajagrafindo Persada.
U. Albab, “Perencanaan pendidikan dalam manajemen mutu terpadu pendidikan islam,” Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), vol. 5, no. 1, pp. 119–126, 2021.
D. A. J. Axson, Best practices in planning and performance management: Radically rethinking management for a volatile world. John Wiley & Sons, 2010.
M. N. Kurniawan and S. Syahrani, “Pengadministrasi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan,” Adiba: Journal of Education, vol. 1, no. 1, pp. 69–78, 2021.
N. Mayasari et al., Perencanaan Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka, 2022.
M. Musnaeni, S. ABIDIN, and P. PURNAMAWATI, “Pentingnya manajemen strategi Dalam meningkatkan kualitas pendidikan,” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, vol. 2, no. 2, pp. 98–104, 2022.
D. S. Reni, “IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH DASAR: Perencanaan, pengadaan, pengawasan, evaluasi,” Inisiasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 2, pp. 1–6, 2024.
M. Carnoy, J. Hallak, and F. Caillods, Globalization and educational reform: What planners need to know. UNESCO, International Institute for Educational Planning, 1999.
L. Rafli Abdillah, “Strategi Kepala Sekolah Meningkatkan Kualitas Guru Melalui Kegiatan Kedisiplinan,” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, vol. 4, no. 2, pp. 57–63, Jul. 2024, doi: 10.52436/1.jpti.390.
N. S. Permatasari, “Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar di Era 4.0,” Al-Abshar: Journal of Islamic Education Management, vol. 2, no. 2, pp. 176–189, 2023.
N. Ulfatin, Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2022.
B. B. Wiyono, “Metodologi penelitian (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan action research),” Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, vol. 2, no. 7, 2007.
Lucky Rafli Abdillah, “IMPLEMENTASI KERJASAMA KURIKULUM DUDI SEBAGAI UPAYA,” 2023.
J. Saldana, Thinking qualitatively: Methods of mind. SAGE publications, 2014.
R. Agustianti et al., Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Tohar Media, 2022.
M. A. Zakariah, V. Afriani, and K. H. M. Zakariah, METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, 2020.
A. Hadi, “Konsep analisis swot dalam peningkatan mutu lembaga madrasah,” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, vol. 14, no. 1, 2013.
S. Umar, S. Senang, and S. Sunardi, “Peningkatan mutu pembelajaran melalui pengembangan sarana dan prasarana,” Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, vol. 4, no. 1, pp. 16–28, 2024.
R. Mesra and Y. D. A. Santie, “Manajemen Pendidikan,” 2023.
M. Mustari, Administrasi dan manajemen pendidikan sekolah. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2022.
A. Timan and D. D. N. B. Maisyaroh, “Pengantar Manajemen Pendidikan,” Malang: AP FIP UM, 2000.
A. Tumanggor, J. R. Tambunan, M. M. SE, and P. Simatupang, Manajemen Pendidikan. Penerbit K-Media, 2021.
A. Alam, “Cloud-based e-learning: development of conceptual model for adaptive e-learning ecosystem based on cloud computing infrastructure,” in International Conference on Artificial Intelligence and Data Science, Springer, 2021, pp. 377–391.
M. Mohzana, H. Murcahyanto, M. Fahrurrozi, and Y. N. Supriadi, “Optimization of management of laboratory facilities in the process of learning science at high school,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 9, no. 10, pp. 8226–8234, 2023.
A. T. Achmad Supriyanto, “Efektivitas pemanfaatan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu layanan,” vol. 2, 2018.
S. C. Eze, V. C. A. Chinedu-Eze, C. K. Okike, and A. O. Bello, “Factors influencing the use of e-learning facilities by students in a private Higher Education Institution (HEI) in a developing economy,” Humanit Soc Sci Commun, vol. 7, no. 1, pp. 1–15, 2020.
E. Baby Shahbana, A. Timan, and E. Baby Shahbana Manajemen Pendidikan, “Pengaruh Mutu Layanan Akademik, Sarana dan Prasarana Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pascasarjana Terintegrasi di Fakultas Program Magister Universitas Negeri Malang,” 2021. [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
D. A. Sulthani and I. Thoifah, “Urgency of Stakeholders in Improving the Quality of Education,” Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, vol. 5, no. 2, pp. 443–451, Aug. 2022, doi: 10.24815/jr.v5i2.27600.
A. D. Palettei, W. B. Sulfemi, and Yusfitriadi, “TINGKAT PEMAHAMAN KEPALA SEKOLAH, GURU, DAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP IMPLEMENTASI STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 6, no. 1, pp. 38–53, Jun. 2021, doi: 10.24832/jpnk.v6i1.1592.
J. Juharyanto, S. Sultoni, I. Arifin, and A. Nurabadi, “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penguatan Peran Multi-Stakeholders Forum (Masalah dan Strategi Solutif Peningkatan Mutu SD–SMP Satu Atap di Daerah Terpencil),” 2019.