Efektivitas Shadow Teacher dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Bahasa Indonesia Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Manajemen Kelas

Penulis

  • Rafika Indah Hapsari Prodi PGSD, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Herry Sanoto Prodi PGSD, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.735

Kata Kunci:

Manajemen Kelas, Penguasaan Materi Bahasa Indonesia, Peran Shadow Teacher

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas peran Shadow Teacher dalam meningkatkan penguasaan materi Bahasa Indonesia kelas  besar pada anak berkebutuhan khusus (ABK) berbasis manajemen kelas. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya penguasaan materi Bahasa Indonesia pada siswa berkebutuhan khusus yang disebabkan oleh kurangnya dukungan pembelajaran yang efektif. Hasil analisis uji independent sample t-test menghasilkan nilai sig sebesar 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai rata-rata Post-Test kelas eksperimen adalah 79.11 dan kelas kontrol adalah 63.11. Hasil analisis angket peran Shadow Teacher menunjukan mayoritas respon siswa sebesar 66,67% dengan kategori baik. Peran shadow teacher terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan materi Bahasa Indonesia siswa berkebutuhan khusus dengan memberikan bimbingan individual yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar mereka. Kelebihan peran shadow teacher terletak pada kemampuannya memberikan perhatian personal dan bimbingan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa berkebutuhan khusus, sehingga memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih efektif dan inklusif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada dunia pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa berkebutuhan khusus dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pembelajaran inklusif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. Ratrie Desningrum, “Psikologi anak berkebutuhan khusus,” Depdiknas, 2007.

N. Kusnia, “Sumber Daya Dalam Implementasi Kebijakan pendidikan Inklusi di SDN Betet 1 Kediri,” Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.26740/jdmp.v3n1.p25-30.

S. Angreni and R. T. Sari, “Analisis Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi Kota Padang,” Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 1, 2022.

R. Adawiyah, N. Aini, and W. M. Lestari, “Studi Kasus Peran Shadow Teacher Pada Blended Learning Di Sdi Al-Chusnaini Kloposepuluh Sukodono,” Pendidikan, vol. 5 No. 2, no. 2, 2022.

F. Andani, A. P. Windhana, Y. G. Putri, W. Mubarakah, and C. H. Usiwardani, “Strategi shadow teacher dalam proses pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus (tunawicara) di sekoah alam mahira kota Bengkulu,” 2023.

M. I. Ansari, B. Barsihanor, and N. Nirmala, “Peran Guru Pendamping Khusus Dalam Mengembangkan Emosional Anak Autisme di Kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjarmasin,” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 1, 2021, doi: 10.35931/am.v6i1.418.

Sofia Syifa Ul Azmi and Titis Ema Nurmaya, “Peran Guru Pendamping Khusus dalam Pembelajaran Terhadap Perilaku Inatensi Pada Anak ADHD di SD Budi Mulia Dua Panjen Yogyakarta,” SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, vol. 3, no. 1, 2020, doi: 10.54396/saliha.v3i1.37.

M. Yonu, F. Djafar, and W. Pratiwi, “Pengaruh Model Pembelajaran Konsep Attainment Terhadap Penguasaan Materi Bahasa Indonesia,” EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), vol. 3, no. 2, 2022, doi: 10.58176/edu.v3i2.570.

R. Nirmala Sari, “Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 1, 2022.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta.,” Bandung:Alfabeta., 2016.

Sugiyono, “Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metode Penelitian, 2018.

M. F. Cleugh and S. A. Kirk, “Educating Exceptional Children,” British Journal of Educational Studies, vol. 12, no. 1, 1963, doi: 10.2307/3118955.

T. Dewi, “Pengaruh Pengajaran Inklusif terhadap Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus,” Jurnal Pendidikan Inklusif, vol. 10, no. 2, pp. 45–56, 2021.

E. J. Sabornie and D. L. Espelage, Handbook of classroom management. 2022. doi: 10.4324/9781003275312.

N. Wilyanita, S. Herlinda, and D. R. Wulandari, “Efektifitas Peran Guru Pendamping (Shadow Teacher) Anak Hiperaktif Dalam Proses Pembelajaran,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4, 2022.

U. Nisa, A. Zain, and A. Rahmah, “The Role of Shadow Teachers For Supporting Learning Assistance on Children with Special Needs in Inclusive Early Childhood Education,” Journal of Islamic Education Students (JIES), vol. 4, no. 1, p. 32, May 2024, doi: 10.31958/jies.v4i1.12298.

M. Qiftiyah and W. Calista, “SHADOW TEACHER FOR SPECIAL NEEDS STUDENTS: CASE STUDY CLASS VI TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA,” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, vol. 13, no. 1, 2021, doi: 10.17509/eh.v13i1.26273.

S. Nadratanna’im and Z. Yunan, “Peran Guru Pendamping Khusus terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di SD Muhammadiyyah 5 Jakarta,” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2023.

Khairun Nisa, S. Mambela, and L. I. Badiah, “KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS,” Jurnal Abadimas Adi Buana, vol. 2, no. 1, 2018, doi: 10.36456/abadimas.v2.i1.a1632.

L. S. Vygotsky, “Mind in society: The development of higher psychological processes,” 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-20

Cara Mengutip

Indah Hapsari, R., & Sanoto, H. (2025). Efektivitas Shadow Teacher dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Bahasa Indonesia Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(4), 977-984. https://doi.org/10.52436/1.jpti.735