Model Neural Network untuk Memprediksi Tingkat Kemenangan Berdasarkan Draft Pick Mobile Legends

Penulis

  • Mun Hamir Teknik Informatika, Universitas Dian Nuswantoro, Indonesia
  • Pulung Nurtantio Andono Teknik Informatika, Universitas Dian Nuswantoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.723

Kata Kunci:

Draft Pick, Mobile Legends, Model Neural Network, Prediksi Kemenangan, Sinergi Hero

Abstrak

 Banyak tim dalam permainan Mobile Legends menghadapi tantangan dalam menentukan kombinasi hero yang optimal selama fase draft pick, sehingga strategi pemilihan hero yang kurang tepat sering kali menjadi penyebab utama kekalahan. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi tingkat kemenangan dalam permainan Mobile Legends berdasarkan draft pick yang dipilih oleh masing-masing tim dengan memanfaatkan model Neural Network. Data penelitian dikumpulkan dari 500 pertandingan profesional dan kasual dengan fitur yang mencakup draft pick, peran hero, sinergi tim, counter-pick, dan hasil pertandingan. Model Neural Network dibangun dengan tiga hidden layer (128-64-32 neuron) menggunakan fungsi aktivasi ReLU dan binary cross-entropy loss, serta dilatih menggunakan TensorFlow dan Keras untuk mencapai performa prediksi yang optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model mampu mencapai akurasi prediksi sebesar 85%, dengan kombinasi hero yang memiliki sinergi kuat dan strategi counter-pick efektif dapat meningkatkan peluang kemenangan hingga 20% dibandingkan tim yang tidak memperhatikan aspek tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting dalam pengembangan strategi drafting yang optimal di dunia esports, membantu tim dalam pengambilan keputusan selama fase draft pick, serta meningkatkan peluang kemenangan secara signifikan dalam permainan Mobile Legends.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Pulung Nurtantio Andono, Teknik Informatika, Universitas Dian Nuswantoro, Indonesia

Muda dan cerdas merupakan gambaran dari Guru Besar termuda pada bidang Teknik Informatika di Jawa Tengah yaitu Prof. Dr. Pulung Nurtantio Andono S.T., M.T. 

Pria yang akrab disapa Mas Prof. Pulung itu merupakan Rektor terpilih Udinus untuk masa jabatan 2025-2029. Dengan berbekal tekad dan pengalaman di dunia pendidikan, beliau meneruskan estafet kepemimpinan dari Pendiri sekaligus Rektor Udinus 1986-2025 Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom. 

Sebelum meraih gelar tertingginya di dunia pendidikan sebagai guru besar. Anak pertama dari empat bersaudara yang lahir di Jakarta 10 September 1982 itu sudah mendedikasikan dirinya untuk dunia pendidikan. Beliau merupakan lulusan Teknik Informatika Universitas Trisakti Jakarta, Magister Teknik Informatika Udinus, dan Program Doktor ITS Surabaya.

Dalam perjalanannya meraih gelar Profesor, bidang ilmu yang dipelajarinya pun tak main-main. Beliau menekuni teknologi dasar untuk mendukung Industri 4.0 dan juga 5.0, yakni mengimplementasikan salah satu teknologi Artificial Intelligence (AI) melalui Computer Vision. Melalui bekal bidang ilmu tersebut Mas Prof memberikan kontribusi dalam melestarikan budaya dan alam indonesia. Melalui berbagai penelitian diantaranya E-Gamelanku, Gamelan Metaverse dan Robot Gamelan Sekar Nuswantoro yang memanfaatkan AI, Virtual Reality dan Augmentation Reality (AR). 

Perannya dalam melestarikan budaya tidak hanya melalui gamelan saja, Mas Prof. Pulung juga terlibat banyak melalui riset pengembangan animasi ‘Si Warik’. Sebuah animasi dengan tokoh utama si warik yang melambangkan budaya khas Semarang yaitu Warak Ngendhog. Di tahun 2023, karya dosen dan mahasiswa ini mendapat apresiasi luar biasa diberikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dikbudristek) RI periode 2019-2024 Nadiem Anwar Makarim saat Si Warik melakukan pemutaran perdana di bioskop CGV Grand Indonesia, Jakarta.

Deretan prestasi dari mantan Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Kerja Sama Udinus itu juga tidak perlu diragukan lagi. Diantaranya meraih Central Java Inspiring Icon 2017 SMNetwork, The Best Startup Local Culinary Application di 2018, Tokoh Berprestasi di Jawa Tengah 2023 bidang Pendidikan, Satria Brand Award 2024 di bidang Satria Education. 

Mas Prof. Pulung tidak hanya aktif di dunia pendidikan saja, lewat bidang ilmu teknologi informatika itu beliau juga berperan dalam pengembangan beberapa organisasi. Diantaranya sejak 2022 hingga sekarang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informatika di Kamar Dagang & Industri (KADIN) Jateng, Ketua Bidang Kerja Sama dan Industri di Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer (APTIKOM), dan Pengarah Pusat Kajian Intelligent Distributed Surveillance and Security (IDSS). Beliau juga pernah mengemban peran sebagai National Vice President di Junior Chamber International (JCI) Indonesia pada 2013 silam. 

Beliau bahkan tidak ragu dalam memadukan teknologi informatika dengan entrepreneurship melalui startup bisnisnya bernama Madhang. Sebuah aplikasi e-commerce yang mewadahi masakan rumahan khas Indonesia itu diluncurkan pada tahun 2017. Kala itu beliau berkolaborasi langsung dengan Kaesang Pangarep dan juga Gibran Rakabuming Raka yang sekarang menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia ke-14. Melalui kontribusi tersebut beliau dipercaya mengemban peran sebagai Bendahara Umum di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Badang Pengurus Daerah (BDP) Jateng periode 2017-2022.

Referensi

A. Nasrullah and Sewaka, “Perancangan sistem informasi e-sports di Indonesia (khususnya Mobile Legends) berbasis website menggunakan metode OOAD (object oriented analysis design),” J. Ilmu Komput. dan Sains, vol. 1, no. 5, p. 499, 2022.

A. S. Chan, F. Fachrizal, and A. R. Lubis, “Outcome prediction using naïve Bayes algorithm in the selection of role hero mobile legend,” J. Phys.: Conf. Ser., vol. 1566, no. 1, pp. 1–6, Jul. 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1566/1/012041.

A. Tatya Admaja and Y. A. Saputro, “Perkembangan e-sport pada pelajar remaja usia 13–16 tahun pada masa pandemi COVID-19,” J. Phys. Health Recreat., vol. 2, no. 1, pp. 69–73, 2021.

B. R. Pratama, Y. Arief, and D. Kurniawan, “Optimasi prediksi kemenangan esports MOBA Mobile Legends menggunakan metode KNN (K-nearest neighbor),” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 7, no. 2, pp. 77–85, 2023.

D. A. Tanjung, A. M. Hasan, and I. K. W. Jaya, “Analisis strategi draft pick untuk prediksi hasil kompetisi esports menggunakan metode naive Bayes dan decision tree,” J. Inform., vol. 12, no. 2, pp. 112–118, 2023.

F. A. Wicaksana and M. F. Nasvian, "Komunikasi, koordinasi, dan kerjasama dalam game kompetitif Mobile Legend," Syntax Literate: J. Ilm. Indones., vol. 7, no. 5, May 2022. E-ISSN: 2548-1398. [Online]. Available: https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/7034/4379.

H. M. Amrullah, S. Lestari, and M. Subarkah, “Penerapan machine learning dalam prediksi hasil pertandingan esports menggunakan algoritma logistic regression,” J. Tek. Komput. dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 33–40, 2022.

I. G. W. Sena and A. W. R. Emanuel, “Mobile legend game prediction using machine learning regression method,” JURTEKSI (J. Teknol. dan Sist. Inform.), vol. 9, no. 2, pp. 221–230, 2023, doi: 10.33330/jurteksi.v9i2.1866.

J. Mantik et al., “Sentimen analisis hero Mobile Legends dengan algoritma naive Bayes,” J. Mantik, vol. 6, no. 3, pp. 2685–4236, 2022.

M. R. Fahlevi, Prediksi kemenangan game Mobile Legends berdasarkan draft pick dengan menggunakan metode algoritma naive Bayes, Skripsi, Univ. Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. [Online]. Available: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/29190.

M. T. Ahmed, A. Yilmaz, and P. V. Singh, "Machine learning applications in esports: Predicting match outcomes in MOBA games," IEEE Access, vol. 10, pp. 20345–20356, 2022, doi: 10.1109/ACCESS.2022.3148320..

N. Prasetyo, M. Surya, and R. P. Widodo, “Implementasi metode support vector machine (SVM) dalam prediksi hasil pertandingan esports Mobile Legends,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, pp. 89–95, 2022.

R. Febriansyah, A. Iskandar, and Y. Saputra, “Analisis faktor penentu kemenangan game Mobile Legends menggunakan algoritma random forest,” J. Ilm. Tek. Inform., vol. 9, no. 3, pp. 45–52, 2023, doi: 10.33445/jiti.v9i3.

R. Haditira et al., “Analisis sentimen pada Steam review menggunakan metode multinomial naïve Bayes dengan seleksi fitur Gini index text,” e-Proceeding Eng., vol. 9, no. 3, pp. 1793–1799, 2022. [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/17982.

S. Chen and J. Li, "Deep learning-based draft pick recommendation system for competitive esports games," Comput. Intell. Neurosci., vol. 2023, Art. no. 8845671, pp. 1–10, Jan. 2023, doi: 10.1155/2023/8845671.

S. M. Listijo, T. Purwani, S. T. Galih, and T. Hafidzin, “Prediksi kemenangan dan susunan tim pada game Mobile Legends Bang Bang menggunakan algoritma naïve Bayes,” Komputaki, vol. 6, no. 1, pp. 15–17, 2020.

V. R. A. Hidayat, “Sistem prediksi kemenangan hero Mobile Legends menggunakan metode naive Bayes,” JIKO (J. Inform. dan Komput.), vol. 8, no. 1, pp. 1–11, 2024, doi: 10.26798/jiko.v8i1.1120.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-20

Cara Mengutip

Hamir, M., & Nurtantio Andono, P. (2025). Model Neural Network untuk Memprediksi Tingkat Kemenangan Berdasarkan Draft Pick Mobile Legends. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(4), 899-908. https://doi.org/10.52436/1.jpti.723