Model Neural Network untuk Memprediksi Tingkat Kemenangan Berdasarkan Draft Pick Mobile Legends
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.723Kata Kunci:
Draft Pick, Mobile Legends, Model Neural Network, Prediksi Kemenangan, Sinergi HeroAbstrak
Banyak tim dalam permainan Mobile Legends menghadapi tantangan dalam menentukan kombinasi hero yang optimal selama fase draft pick, sehingga strategi pemilihan hero yang kurang tepat sering kali menjadi penyebab utama kekalahan. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi tingkat kemenangan dalam permainan Mobile Legends berdasarkan draft pick yang dipilih oleh masing-masing tim dengan memanfaatkan model Neural Network. Data penelitian dikumpulkan dari 500 pertandingan profesional dan kasual dengan fitur yang mencakup draft pick, peran hero, sinergi tim, counter-pick, dan hasil pertandingan. Model Neural Network dibangun dengan tiga hidden layer (128-64-32 neuron) menggunakan fungsi aktivasi ReLU dan binary cross-entropy loss, serta dilatih menggunakan TensorFlow dan Keras untuk mencapai performa prediksi yang optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model mampu mencapai akurasi prediksi sebesar 85%, dengan kombinasi hero yang memiliki sinergi kuat dan strategi counter-pick efektif dapat meningkatkan peluang kemenangan hingga 20% dibandingkan tim yang tidak memperhatikan aspek tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting dalam pengembangan strategi drafting yang optimal di dunia esports, membantu tim dalam pengambilan keputusan selama fase draft pick, serta meningkatkan peluang kemenangan secara signifikan dalam permainan Mobile Legends.
Unduhan
Referensi
A. Nasrullah and Sewaka, “Perancangan sistem informasi e-sports di Indonesia (khususnya Mobile Legends) berbasis website menggunakan metode OOAD (object oriented analysis design),” J. Ilmu Komput. dan Sains, vol. 1, no. 5, p. 499, 2022.
A. S. Chan, F. Fachrizal, and A. R. Lubis, “Outcome prediction using naïve Bayes algorithm in the selection of role hero mobile legend,” J. Phys.: Conf. Ser., vol. 1566, no. 1, pp. 1–6, Jul. 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1566/1/012041.
A. Tatya Admaja and Y. A. Saputro, “Perkembangan e-sport pada pelajar remaja usia 13–16 tahun pada masa pandemi COVID-19,” J. Phys. Health Recreat., vol. 2, no. 1, pp. 69–73, 2021.
B. R. Pratama, Y. Arief, and D. Kurniawan, “Optimasi prediksi kemenangan esports MOBA Mobile Legends menggunakan metode KNN (K-nearest neighbor),” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 7, no. 2, pp. 77–85, 2023.
D. A. Tanjung, A. M. Hasan, and I. K. W. Jaya, “Analisis strategi draft pick untuk prediksi hasil kompetisi esports menggunakan metode naive Bayes dan decision tree,” J. Inform., vol. 12, no. 2, pp. 112–118, 2023.
F. A. Wicaksana and M. F. Nasvian, "Komunikasi, koordinasi, dan kerjasama dalam game kompetitif Mobile Legend," Syntax Literate: J. Ilm. Indones., vol. 7, no. 5, May 2022. E-ISSN: 2548-1398. [Online]. Available: https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/7034/4379.
H. M. Amrullah, S. Lestari, and M. Subarkah, “Penerapan machine learning dalam prediksi hasil pertandingan esports menggunakan algoritma logistic regression,” J. Tek. Komput. dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 33–40, 2022.
I. G. W. Sena and A. W. R. Emanuel, “Mobile legend game prediction using machine learning regression method,” JURTEKSI (J. Teknol. dan Sist. Inform.), vol. 9, no. 2, pp. 221–230, 2023, doi: 10.33330/jurteksi.v9i2.1866.
J. Mantik et al., “Sentimen analisis hero Mobile Legends dengan algoritma naive Bayes,” J. Mantik, vol. 6, no. 3, pp. 2685–4236, 2022.
M. R. Fahlevi, Prediksi kemenangan game Mobile Legends berdasarkan draft pick dengan menggunakan metode algoritma naive Bayes, Skripsi, Univ. Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. [Online]. Available: http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/29190.
M. T. Ahmed, A. Yilmaz, and P. V. Singh, "Machine learning applications in esports: Predicting match outcomes in MOBA games," IEEE Access, vol. 10, pp. 20345–20356, 2022, doi: 10.1109/ACCESS.2022.3148320..
N. Prasetyo, M. Surya, and R. P. Widodo, “Implementasi metode support vector machine (SVM) dalam prediksi hasil pertandingan esports Mobile Legends,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, pp. 89–95, 2022.
R. Febriansyah, A. Iskandar, and Y. Saputra, “Analisis faktor penentu kemenangan game Mobile Legends menggunakan algoritma random forest,” J. Ilm. Tek. Inform., vol. 9, no. 3, pp. 45–52, 2023, doi: 10.33445/jiti.v9i3.
R. Haditira et al., “Analisis sentimen pada Steam review menggunakan metode multinomial naïve Bayes dengan seleksi fitur Gini index text,” e-Proceeding Eng., vol. 9, no. 3, pp. 1793–1799, 2022. [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/17982.
S. Chen and J. Li, "Deep learning-based draft pick recommendation system for competitive esports games," Comput. Intell. Neurosci., vol. 2023, Art. no. 8845671, pp. 1–10, Jan. 2023, doi: 10.1155/2023/8845671.
S. M. Listijo, T. Purwani, S. T. Galih, and T. Hafidzin, “Prediksi kemenangan dan susunan tim pada game Mobile Legends Bang Bang menggunakan algoritma naïve Bayes,” Komputaki, vol. 6, no. 1, pp. 15–17, 2020.
V. R. A. Hidayat, “Sistem prediksi kemenangan hero Mobile Legends menggunakan metode naive Bayes,” JIKO (J. Inform. dan Komput.), vol. 8, no. 1, pp. 1–11, 2024, doi: 10.26798/jiko.v8i1.1120.