Strategi Pimpinan Dayah dalam Mendorong Kewirausahaan Santri Dayah Salafiyah di Aceh

Penulis

  • Murni STAI Tgk. Chik Pante Kulu Kota Banda Aceh, Indonesia
  • Salman Sekolah Tinggi Ilmu Syari'ah (STIS) Nahdlatul Ulama Aceh, Indonesia
  • Muhammad Furqan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.645

Kata Kunci:

Dayah Salafiyah, Kewirausahaan, Kepemimpinan, Pendidikan Islam, Santri

Abstrak

Kewirausahaan santri di dayah salafiyah merupakan bagian dari pendidikan yang bertujuan membangun kemandirian ekonomi santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh pimpinan dayah dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan santri. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, melibatkan tiga dayah salafiyah di Aceh yang aktif dalam program kewirausahaan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pimpinan dayah sangat signifikan dalam membangun minat wirausaha santri, baik sebagai pendidik, motivator, maupun fasilitator. Santri yang terlibat dalam program pelatihan dan praktik kewirausahaan menunjukkan tingkat minat wirausaha yang lebih tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa kombinasi antara pendidikan keagamaan dan pelatihan kewirausahaan dapat menjadi strategi efektif dalam mencetak santri yang mandiri secara ekonomi dan sosial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Wahyunti, "Peran strategis UMKM dalam menopang perekonomian Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19," J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), vol. 3, no. 2, pp. 280-302, 2020. Retrieved from https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/jesa/article/view/554.

J. Kurniawan and K. Nurachadijat, "Implementasi Pendidikan Kewirausahaan dalam Menumbuhkan Keterampilan pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah," Journal on Education, vol. 6, no. 1, pp. 406-419, 2023. Retrieved from https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2954.

Y. A. Nuraeni, "Peran pendidikan dalam pembentukan jiwa wirausaha: Pendidikan kewirausahaan," Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), vol. 1, no. 2, pp. 38-53, 2022. DOI: https://doi.org/10.3709/ilpen.v1i2.18.

K. Tohir, Model pendidikan pesantren salafi, Scopindo Media Pustaka, 2020.

T. Zulkhairi, Gerakan Santri Aceh Mewujudkan Perubahan, UIN Ar-Raniry, 2023.

R. Lailatu, "Implementasi Pendidikan Entrepreneurship pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta," Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, vol. 3, no. 1, pp. 15-26, 2017. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1354.

A. N. Rachman, A. E. Z. Musa, I. F. Latiep, and R. Herison, Usaha Kecil Menengah (UKM) Dan Kewirausahaan: Konsep Dasar Untuk Menjadi Entrepreneur, Nas Media Pustaka, 2023.

A. I. C. Sari, E. Karlina, and F. Rasam, "Peran Pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha dalam menumbuhkan sikap mental kewirausahaan peserta didik," Research and Development Journal of Education, vol. 7, no. 2, pp. 403-412, 2021. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10287.

R. Yati, Strategi Pengembangan Life Skill Santri Dayah Madrasah Ulumul Qur’an Nagan Raya, Doctoral dissertation, UIN Ar-raniry, 2024.

N. Kholik et al., Never Dies: Alternative Islamic Education: Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Ruang Publik, Edu Publisher, 2020.

M. Mukhyar and M. Rosyid, "Peran Majelis Ulama Indonesia (Mui) Dalam Bidang Pendidikan," ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, vol. 3, no. 1, pp. 114-140, 2020. DOI: https://doi.org/10.33853/istighna.v3i1.190.

M. Mukhyar et al., "Menumbuhkan Literasi Enterprneurship pada Siswa Sekolah Dasar," Jurnal Ar-Ribhu, vol. 4, no. 1, pp. 132-168, 2021. DOI: https://doi.org/10.46781/ar-ribhu.v4i1.289.

M. Afna, "Manajemen Pendidikan Dayah Bercirikan Program Extrakurikulum Agraris," Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 32-47, 2016. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/53.

N. Hayana and W. Wahidmurni, "Kepemimpinan Kyai Dalam Memberdayakan Kewirausahaan Santri," Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (J-MPI), vol. 4, no. 1, pp. 1-8, 2019. DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v4i1.7223.

M. S. Abubakar et al., Spirit Edu-Preneurship Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Pesantren dan Kearifan Lokal Aceh, Penerbit K-Media.

T. A. Saputra, A. Kunaifi, and S. Subri, "Kewirausahaan dalam Pemberdayaan Pesantren: Best Practice pada Pondok Pesantren Mambaul Ulum Sampang," Istithmar, vol. 7, no. 1, pp. 66-78, 2023. DOI: https://doi.org/10.30762/istithmar.v7i1.654.

H. Wijaya, "Analisis data kualitatif model Spradley (etnografi)," Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, vol. 3, no. 1, pp. 1-10, 2018.

A. Nasir et al., "Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif," Innovative: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 5, pp. 4445-4451, 2023. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5224.

D. Alir, Metodelogi penelitian, Jakarta: PT Rajawali Press, 2005.

L. J. Moleong, Metode Penelitian, Bandung: PT RemajaRosdakarya, 2006.

H. Wijaya, Analisis Data Kualitatif: sebuah tinjauan teori & praktik, Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-22

Cara Mengutip

Murni, M., Salman, S., & Furqan, M. . (2025). Strategi Pimpinan Dayah dalam Mendorong Kewirausahaan Santri Dayah Salafiyah di Aceh. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 4(9), 435-441. https://doi.org/10.52436/1.jpti.645