Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pendamping Pembelajaran Vokal pada Anak Usia Dini

Penulis

  • Clarisa Jesika Korina Tiurmauli Hutapea Magister Pendidikan Seni, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Tri Karyono Magister Pendidikan Seni, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ayo Sunaryo Magister Pendidikan Seni, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.611

Kata Kunci:

Anak Usia Dini, Media Pendamping, Pembelajaran Vokal, YouTube

Abstrak

Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran vokal adalah kurangnya minat siswa dalam pemanasan vokal. Pada era kontemporer, diperlukan metode yang menarik dan kreatif untuk meningkatkan minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran YouTube dalam mendukung proses pembelajaran vokal anak usia dini, khususnya pada tahap latihan pemanasan vokal, serta mendeskripsikan proses pembelajaran tersebut dengan menggunakan YouTube sebagai media pendamping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di lembaga kursus vokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa YouTube dapat memberikan akses mudah ke materi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, sehingga memotivasi anak untuk belajar vokal secara mandiri maupun dengan bimbingan. Proses pembelajaran yang didukung oleh YouTube dapat meningkatkan keterlibatan anak, meskipun tetap diperlukan pengawasan untuk memastikan konten yang relevan dan sesuai usia. Penelitian ini berkontribusi pada peningkatan efektivitas pembelajaran seni vokal melalui integrasi media digital. Sinergi antara pembelajaran menggunakan YouTube dan pengajaran langsung dari pendidik sangat direkomendasikan untuk hasil yang lebih optimal untuk anak usia dini dalam pembelajaran vokal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Heldanita, “Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi,” Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, vol. 3, pp. 53–64, Mar. 2018.

V. S. Wahyuni and G. S. Laksito, “Overview of Some Learning Methods for Early Childhood,” International Journal of Ethno-Sciences and Education Research, vol. 1, no. 4, pp. 93–96, 2021.

F. Iranpour, “The Effect of Vocal Warm up and Cool Down Exercises on the Acoustic Characteristics in Speech and Language Pathologists: A Pilot Study,” Function and Disability Journal, vol. 6, no. 1, pp. 0–0, Mar. 2024, doi: 10.32598/fdj.6.280.1.

C. Lucas, “Metode Kreatif Vocalizing Untuk Meningkatkan Kualitas Bernyanyi Paduan Suara,” Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, vol. 1, no. 2, Nov. 2021.

K. P. Putri, H. Hartono, and Y. Gusanti, “Penerapan Metode Kreatif Vocalizing untuk Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi pada Ekstrakurikuler Paduan Suara Sekolah Menengah Pertama,” JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, vol. 3, no. 6, pp. 790–803, Jun. 2023, doi: 10.17977/um064v3i62023p790-803.

Ryan Gabriel Siringoringo and Muhamad Yanuar Alfaridzi, “Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital,” Jurnal Yudistira?: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, vol. 2, no. 3, pp. 66–76, May 2024, doi: 10.61132/yudistira.v2i3.854.

D. M. Umoh, I. Sheik, and M. B. Isong, “TEACHING AND LEARNING WITH MEDIA TECHNOLOGY,” NOVATEUR PUBLICATIONS INTERNATIONAL JOURNAL OF INNOVATIONS IN ENGINEERING RESEARCH AND TECHNOLOGY, vol. 7, no. 5, pp. 296–300, May 2020, [Online]. Available: www.tutor2u.net.

F. D. Widiastuti and D. S. Fauziya, “Pemanfaatan Media Audio Visual Youtube Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Pada Pembelajaran Indonesia,” Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, vol. 3, no. 3, pp. 27–43, Jul. 2024, doi: 10.55606/jpbb.v3i3.3784.

N. Z. Amada and A. Hakim, “Analisis Penggunaan Youtube sebagai Media Ajar Pendidikan Anak Usia Dini di Era Digital,” Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, pp. 8–14, Jul. 2022, doi: 10.29313/jrpgp.vi.612.

N. Afif, “Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital,” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, vol. 2, no. 01, pp. 117–129, Jan. 1970, doi: 10.37542/iq.v2i01.28.

H. Anzari, J. Saleh, and Munsir, “Media Youtube dalam Pembelajaran Kreasi Karya Seni Rupa,” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, vol. 5, no. 3, pp. 856–863, Dec. 2023.

A. I. Pratiwi, E. Dwi Cahyo, B. N. Azizah, H. Wahyuningsih, and L. Fitria, “Efektifitas Penggunaan Aplikasi Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Pendidikan Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Al-Amin, vol. 2, no. 1, pp. 7–18, Accessed: Jan. 16, 2025. [Online]. Available: https://ejournal.staialamin.ac.id/index.php/piaud

K. Anam and A. Chandra, “UPAYA MENINGKATKAN KOSENTRASI BELAJAR ANAK MELALUI BERMAIN PAPAN TITIAN DI TK INDRIA DESA KUTOSARI KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG,” pp. 99–126, 2018, doi: https://doi.org/10.26877/paudia.v6i2.2106.

K. Chan and E. Yiu, “The Effect of Anchors and Training on the Reliability of Perceptual Voice Evaluation,” Journal of Speech, Language, and Hearing Research, vol. 45, no. 1, pp. 111–126, Feb. 2002.

E. Yiu and E. Ho, “Short-term effect of humming on vocal quality,” Asia Pac J Speech Lang Hear, vol. 7, no. 3, pp. 123–137, Jun. 2002.

D. Vasconcelos, A. Gomes, and C. Araújo, “Voiced lip and tongue trill technique: literature review,” Distúrb Comun, São Paulo, vol. 28, no. 3, pp. 581–593, Jun. 2016, Accessed: Jan. 16, 2025. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/330854270

M. Caçador and J. Paço, “The Influence of Posture and Balance on Voice: A Review,” GAZETA MÉDICA, vol. 5, no. 2, pp. 117–121, May 2018.

T. Hähnel, “Analysis of Vocal Recordings: TWANG,” Voices & Singing in Popular Music in the U.S.A., vol. 4, no. 1, pp. 1–5, Oct. 2012.

K. Kartini, I. N. S. Degeng, and N. C. Sitompul, “Pengembangan multimedia interaktif tema binatang untuk pembelajaran di taman kanak-kanak,” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. 7, no. 2, pp. 128–139, Oct. 2020, doi: 10.21831/jitp.v7i2.33879.

M. N. Lubis, “Tinjauan Pustaka: Youtube Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Seni Nusantara di Era Milenial,” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, vol. 9, no. 6, p. 489, Nov. 2023, doi: 10.7575/aiac.ijalel.v.9n.6p.1.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-19

Cara Mengutip

Hutapea, C. J. K. T., Karyono, T., & Sunaryo, A. (2025). Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pendamping Pembelajaran Vokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(1), 177-187. https://doi.org/10.52436/1.jpti.611